11 Cara Menidurkan Bayi Tanpa Digendong

Terbit: 21 Maret 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bayi yang baru lahir pada dasarnya belum memiliki pola tidur yang tetap. Pola tidur yang belum tetap ini sering kali membuat orang tua banyak meluangkan waktunya untuk begadang. Saat begadang itulah, banyak orang tua menggendong bayinya dengan harapan agar si kecil kembali terlelap. Padahal, cara ini membuat bayi akan terbiasa untuk tidur di dalam gendongan. Lantas, bagaimana cara menidurkan bayi tanpa digendong?

11 Cara Menidurkan Bayi Tanpa Digendong

Menidurkan Bayi Tanpa Menggendong

Sebelum mengetahui cara menidurkan bayi tanpa harus digendong, perlu diketahui bahwa bayi yang baru lahir belum bisa membedakan antara siang dan malam. Kondisi inilah yang membuat bayi tidak mengikuti siklus tidur normal. Berikut adalah cara menidurkan bayi tanpa digendong, di antaranya:

1. Memberikan pijatan ringan

Cara menidurkan bayi tanpa digendong yang pertama adalah dengan memberikan pijatan. Pijatan membuat bayi merasa rileks dan nyaman. Bagian kaki, lengan dan perut adalah bagian tubuh yang baik untuk diberikan pijatan sebelum tidur. Lakukan pijatan sekitar 15 menit dengan menggunakan baby oil. Hentikan pijatan bila bayi terlihat rewel.

2. Mengatur suhu ruangan

Seperti halnya orang dewasa, bayi pun tidak bisa menikmati tidur di ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas. Cara menidurkan bayi tanpa digendong ini bisa dilakukan dengan mengatur suhu kamar dan kelembapannya.

Suhu kamar ideal untuk bayi adalah 21-22 dejarat Celcius. Apabila bayi terlihat berkeringat, Anda bisa menambahkan atau mengganti lapisan kain. Selain itu, hindari juga membendong bayi. Sedangkan jika bayi kedinginan, tambahkan selimut untuk membuat lebih hangat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Atur pencahayaan kamar

Cara menidurkan bayi tanpa digendong lainnya adalah dengan membuat cahaya kamar dalam keadaan redup. Cahaya di kamar tidur bisa memengaruhi irama sirkadian tubuh, yaitu siklus alami bangun dan tidur. Kondisi kamar yang lebih gelap memengaruhi produksi hormon melatonin, hormon yang membantu siklus tidur.

4. Hindari mengayun-ayun bayi

Saat bayi Anda sudah berusia empat bulan, sebaiknya hindari menidurkan dengan cara menggendong atau mengayun. Saat anak Anda terlihat mengantuk, baringkan saja tubuh ke tempat tidur untuk membuatnya lebih tenang.

5. Memandikannya sebelum tidur

Cara menidurkan bayi tanpa digendong lainnya adalah dengan memandikannya. Setelah itu, Anda bisa menyanyikan lagu pengantar tidur untuknya. Apabila aktivitas ini dilakukan rutin sebelum tidur, bayi akan memahami bahwa hal ini menjadi pertanda waktu tidur akan tiba.

6. Menggunakan pakaian yang nyaman

Agar bayi dapat tidur dengan nyenyak, gunakanlah pakaian dari bahan yang nyaman seperti katun. Hal penting lainnya adalah menggunakan popok yang mudah menyerap cairan untuk mengantisipasi apabila bayi pipis.

7. Ciptakan suara stabil

Ciptakanlah suara yang stabil seperti putaran kipas angin. Selain bisa membuat bayi lebih rileks, suara tersebut bisa mencegah suara-suara mengagetkan yang bisa membangunkannya.

8. Membuatnya lebih aktif di siang hari

Cara menidurkan bayi tanpa digendong lainnya adalah dengan membuatnya untuk lebih aktif di siang hari. Dengan begitu, maka bayi akan kelelahan dan tidur pulas sepanjang malam. Guna meningkatkan kualitas tidur, pastikan setiap aktivitas yang ada di sekitarnya bernuansa tenang.

9. Menempatkan benda-benda beraroma tubuh di tempat tidur

Saat bayi Anda memasuki usia di atas enam bulan, Anda bisa memberinya selimut atau boneka untuk memberinya kenyamanan saat tidur. Sebelumnya, dekatkan benda-benda tersebut pada tubuh Anda karena bayi memiliki indera penciuman yang kuat. Aroma tubuh bisa membuatnya lebih rileks.

10. Bawa bayi ke tempat tidur dan pastikan posisi tidur yang aman

Tanda-tanda bayi mengantuk antara lain menggosok-gosok mata dan menguap. Saat Anda sudah melihat tanda-tanda tersebut, segera bawa ke tempat tidur. Biarkan bayi menenangkan diri sampai benar-benar tertidur. Hindari kontak mata dengan bayi karena akan menstimulinya untuk berinteraksi.

Sebelum bayi menyentuh kasur, biasanya ia akan terbangun dan protes. Bila terjadi, angkat lagi kemudian ayun pelan dan ulangi sampai hampir pulas. Pada intinya, Anda harus memindahkannya ke tempat tidur saat ia separuh sadar, bukan saat sudah benar-benar pulas

11. Pisahkan kegiatan menyusu dan tidur

Jangan membiasakan bayi menyusu sambil tidur. Anda harus membuat batasan antara kegiatan menyusui dengan tidur. Jika bayi menangis bukan karena lapar tapi hanya karena mengantuk, lebih baik gendong daripada memberinya susu. Cara ini harus dilakukan berulang-ulang sehingga bayi tidak terbiasa menyusu untuk tidur.

Namun, cara ini hanya bisa dilakukan setelah bayi berusia lebih besar. Jangan lakukan hal ini jika bayi baru lahir. Bayi baru lahir membutuhkan lebih banyak asupan susu dan lebih cepat lapar. Bayi baru lahir perlu menyusu minimal setiap 2-4 jam sekali.

Nah, itulah cara menidurkan bayi tanpa digendong yang bisa Anda coba. Ketika bayi melakukan aktivitias yang sama sebelum tidur, hal itu akan membuatnya lebih jarang menangis di malam hari dan membuatnya mudah terlelap.

Meski begitu, memberikan ASI yang cukup juga bisa digunakan sebagai cara menidurkan bayi tanpa digendong. Saat bayi sudah kenyang, maka ia akan mudah untuk tidur tanpa harus menggendongnya. Anda hanya perlu memberikan usapan atau menepuknya saja

Pada akhirnya, cara menidurkan bayi tanpa menggendong yang utama adalah menciptakan rutinitas yang sama setiap malam. Dengan begitu, bayi akan lebih mudah tidur dan Anda pun mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk memulai aktivitas esok harinya.

Jika Anda melakukan aktivitas ini dengan konsisten, maka bayi akan tidur lebih lama di malam hari. Bayi juga menyukai rutinias tidur yang konsisten di mana Anda dapat memberikan sinyal yang tepat pada bayi untuk membantunya tidur lebih tepat waktu tanpa harus menggendongnya terlebih dahulu.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi