Terbit: 8 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu hal yang bisa mencegah datangnya masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah dengan rutin memeriksakan tekanan darah. Hanya saja, proses pemeriksaan tekanan darah ini sebaiknya tidak dilakukan. Sebagai contoh, kita sebaiknya melakukannya dengan posisi duduk atau tidur dan berada dalam kondisi rileks.

Jangan Ukur Tekanan Darah Setelah Minum Kopi

Pakar kesehatan dr. Tunggul Situmorang, SpPD-KGH yang merupakan ketua dari Indonesian Society of Hypertension (InaSH) menyebutkan jika tak hanya saat melakukan proses pengukuran, kita juga sebaiknya memperhatikan apa yang kita lakukan sebelum mengukur tekanan darah.

“Jangan minum kopi atau mengisap rokok sekitar 30 menit sebelum melakukan pengukuran tekanan darah. Jangan konsumsi obat-obatan juga, ucap dr. Tunggul.

Orang yang akan mengukur tekanan darahnya juga sebaiknya tidak mengalami masalah buang air kecil atau buang air besar. Jika tidak, maka kondisi mereka tidak begitu rileks sehingga hasil dari pengukuran tekanan darah pun menjadi tidak maksimal.

Penggunaan pakaian ternyata juga ikut mempengaruhi hasil pengukuran tekanan darah. Ada baiknya kita tidak memakai pakaian yang ketat dan pastikan bahwa pakaian tersebut nyaman untuk dipakai. Selain itu, pastikan untuk bersantai selama 5 menit terlebih dahulu sebelum melakukan pengukuran.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

“Posisi tidur tidak apa-apa, tapi jika posisi saat pengukuran adalah duduk, pastikan bahwa kaki menyentuh tanah dan tidak dalam posisi menyilang,” lanjut dr. Tunggul.

Lantas, tangan mana yang sebaiknya digunakan untuk pemeriksaan? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kedua tangan bisa diukur asalkan tidak mengalami perbedaan yang signifikan. Jika sampai terjadi perbedaan, bisa jadi ada gangguan penyempitan pembuluh darah yang harus diperiksa dengan mendalam.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi