Kiat Menguatkan Betis untuk Calon Atlet Lari

makanan-untuk-olahraga-lari-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Otot betis terdiri dari dua otot utama yaitu gastrocnemius dan soleus. Di mana soleus merupakan otot panjang dan lebar yang posisinya di bawah gastrocnemius yang bentuknya lebih kecil dan bulat. Dengan dua otot utama tersebut bersama otot sekunder lainnya, di sinilah terjadinya pembentukan otot betis tersebut.

Otot betis akan berkontraksi agar dapat menguatkan kaki dan jari kaki kita. Sehingga otot betis sangatlah penting bagi kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari dalam menopang kekuatan kaki. Apalagi untuk para pelari, tentunya memerlukan otot betis yang sangat kuat. Untuk itu, sebagai calon pelari, sebaiknya Anda membaca beberapa tips menguatkan beits berikut ini.

1. Berjalan Jinjit

Mungkin bagi para pelari saat melakukan pemanasan bisa melakukan gerakan jinjit. Latihan ini disebut sebagai latihan klasik yang mampu menguatkan betis kita. Dengan menggunakan berat tubuh kita, maka mampu memperkuat dan mengencangkan gastrocnemius dan soleus sebagai otot utama pada betis.

2. Yoga Tree Pose (Vrksasana)

Kita juga bisa melakukan yoga dengan posisi Yoga Tree untuk menguatkan betis bagi pelari. Dengan melakukan gerakan yoga ini, maka kita bisa menguatkan otot-otot pada kaki, pergelangan kaki, hingga pinggul. Selain itu, yoga ini juga bisa meningkatkan keseimbangan tubuh yang sangat dibutuhkan ketika kita akan berlari dengan kecepatan tinggi.

3. Duduk dan Mengangkat Betis

Untuk latihan ini, kita bisa mencobanyanya sendiri di rumah. Cukup memulainya dengan posisi duduk di kursi yang kuat dan meletakan kaki di atas lantai. Usahakan selalu menjaga lutut agar tidak ikut bergerak. Kita bisa menggunakan alat bantu seperti dumbell dengan cara menggenggam alat tersebut dan tempatkan di atas paha dekat lutut. Kemudian, tekan bola kaki secara perlahan agar tumit bisa diangkat setinggi mungkin. Lalu turunkan dan lakukan hal ini secara rutin setiap hari.

Nah, itulah beberapa tips menguatkan betis bagi pelari di atas mampu mengembangkan otot betis kita sehingga betis mampu berkontraksi dengan kuat dan kokoh saat berlari. Dengan rutin melakukannya, maka kita akan menjadi pelari yang tangguh layaknya profesional.