Terbit: 19 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tahukah Anda bahwa mengonsumsi telur dengan cara pemilihan dan metode memasak yang tidak tepat dapat berbahaya bagi tubuh? Konsumsi telur yang tidak tepat meningkatkan risiko adanya bakteri pada telur yang akan kita makan. Lalu, bagaimana cara mengonusmi telur dengan sehat dan aman?

Tips Mengonsumsi Telur Dengan Sehat dan Aman

Seperti yang kita ketahui bahwa telur rentan tercemar bakteri salmonella. Menurut data dari Centers for Disesase Control and Prevention (CDC), diperkirakan 1 dari 50 orang mengalami kontaminasi bakteri salmonela pada telur yang dapat menyebabkan keracunan.

Untuk itu, penting bagi kita mengetahui bagaimana cara mempersiapkan dan mengolah telur degan sehat dan aman, menurut CDC dan Food Safety U.S Departemen of Heallth and Human Services, beberapa cara yang bisa kita lakukan adalah:

 

  • Pastikan kualitas telur

 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

 

 

    1. Telur secara fisik tidak retak, tidak busuk dan tidak berbau.

 

  • Melakukan persiapan mengolah telur dengan tepat

 

 

 

    1. Pastikan telur kita cuci terlebih dahulu agar terbebas dari kontaminan yang terlihat secara fisik. Dalam mempersiapkan telur, pisahkan telur dari bahan makanan yang mungkin mengkontaminasi dan meyebabkan timbulnya bakteri misalnya daging merah, unggas atau ikan.

 

  • Memasak telur dengan matang sempurna

 

 

 

    1. Kita tidak dianjurkan mengonsumsi telur dengan kondisi mentah, setengah matang, atau hampir matang karena akan meningkatkan risiko adanya bakteri salmonela pada telur. Selalu pastikan telur kita konsumsi pada kondisi matang sempurna. Hal ini juga berlaku jika kita menggunakan telur sebagai bahan baku makanan olahan misalnya mayones, atau saus.

 

  • Pilih telur pasteurisasi

 

 

 

    Jika olahan makanan mengharuskan menggunakan telur mentah, misalnya salad atau saus tertentu, hanya gunakan telur yang telah dipasteurisasi. Jika memungkinkan telur pasteurisasi baik digunakan untuk konsumsi sehari-hari, tidak hanya untuk dikonsumsi mentah saja.

Telur merupakan sumber protein yang baik dan mudah kita peroleh. Untuk itu, agar kita mendapatkan manfaat maksimal dari konsumsi telur pemilihan dan pengolahan telur harus dilakukan dengan tepat ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi