Tips Mengobati Eczema dengan Bahan Alami

Penyakit Eksim - Penyebab, Gejala, & Pengobatan

DokterSehat.ComEczema merupakan salah satu kondisi di mana kulit mengidap sejumlah penyakit sekaligus. Dilansir dari laman Dr. Axe, eczema sendiri biasanya diselingi dengan atopic dermatitis, contact dermatitis, dyshidrotic eczema, hand eczema hingga stasis dermatitis. Selain menggunakan salep khusus, Anda juga dapat mengobati eczema dengan bahan-bahan alami seperti:

1. Minyak Kelapa

Dilansir dari laman Dr. Axe, minyak kelapa dapat melembapkan serta menutrisi kulit secara optimal. Tidak heran jika minyak satu ini sangat disarankan untuk mengatasi eczema. Tidak hanya itu saja, kandungan antibakteri pada minyak kelapa juga mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut pada kulit.

2. Minyak Lavender

Mengoleskan minyak lavender pada kulit yang terkena eczema juga dapat meredakan gejala yang ditimbulkan. Tidak hanya itu saja, minyak lavender dapat menghilangkan rasa gatal yang ditimbulkan oleh eczema. Aroma yang menenangkan dari minyak lavender juga dapat digunakan untuk menenangkan pikiran yang sangat membantu Anda dalam beristirahat.

3. Vitamin E

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E ternyata dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh eczema. Tidak hanya itu saja, vitamin E juga mempercepat proses penyembuhan kulit.

tanaman-witch-hazel-doktersehat

3. Witch Hazel

Tanaman sau ini tidak hanya ampuh untuk mengatasi jerawat. Namun juga dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang disebakan oleh eczema. Kandungan bahan anti peradangan pada witch hazel dapat mengurangi ruam yang muncul. Tidak hanya itu saja, witch hazel juga aman digunakan untuk berbagai jenis kulit.

Eczema merupakan salah satu masalah kulit yang cukup serius. Jika tidak segera ditangani, eczema sendiri akan merusak seluruh jaringan kulit. Tentu saja kondisi yang demikian tidak diinginkan oleh banyak orang. Tidak hanya mengonsumsi obat-obatan khusus eczema, Anda juga dapat menjajal sejumlah cara di atas.