Terbit: 24 Desember 2020 | Diperbarui: 26 Desember 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Menginap di hotel saat pandemi COVID-19 mengharuskan Anda untuk menerapkan protokol kesehatan dan hal terkait lainnya. Tujuannya tidak lain agar momen ini tetap berlangsung aman dan menyenangkan, baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun orang lain. Berikut ini adalah informasi mengenai tips menginap di hotel saat pandemi COVID-19 berserta risiko yang harus diperhatikan.

11 Tips Menginap di Hotel saat Pandemi COVID-19

Risiko Menginap di Hotel saat Pandemi COVID-19

Sampailah kita di penghujung tahun 2020. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak dari Anda yang mungkin sudah berencana untuk menghabiskan akhir tahun dengan pergi ke berbagai destinasi wisata favorit. Namun, pandemi COVID-19 yang menerpa dunia di tahun ini seakan menjadi penghambat atau bahkan “penghancur” semua rencana Anda tersebut.

Pergi ke destinasi wisata kemudian menginap di hotel saat pandemi COVID-19 memang masih bisa Anda lakukan. Akan tetapi, hal ini tentu jadi lebih berisiko jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, hotel merupakan fasilitas umum yang mana potensi penularan virus Sars-CoV-2-nya tentu saja lebih tinggi. Ini karena:

  • Di hotel, Anda akan bertemu dengan banyak orang yang datang dari berbagai penjuru daerah.
  • Petugas hotel—resepsionis, housekeeper, dan lainnya berpotensi menjadi carrier karena setiap harinya bertemu dengan orang banyak

Hal ini jugalah yang akhirnya sampai membuat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengeluarkan pernyataan bahwa tetap di rumah merupakan pilihan terbaik dan teraman selama pandemi masih berlangsung.

Tips Menginap di Hotel saat Pandemi COVID-19

Seperti yang tadi telah disinggung, kendati Anda lebih disarankan untuk tetap di rumah, bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali untuk menginap di hotel saat pandemi. Asalkan, Anda menerapkan sejumlah tips menginap di hotel saat pandemi COVID-19 berikut ini.

1. Cari Hotel yang Tidak Berada dalam Zona Merah COVID-19

Tips yang pertama adalah, cari hotel yang tidak berada dalam zona merah COVID-19. Dari mana Anda tahu jika daerah tempat hotel tujuan Anda termasuk dalam zona merah atau tidak? Anda bisa melihat peta risiko di laman resmi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 (Satgas Penanganan COVID-19).

Apabila daerah tempat hotel tujuan masuk ke dalam zona merah, sebaiknya cari lokasi lain yang masuk zona hijau. Hal ini semata-mata untuk mencegah—atau setidaknya meminimalisir risiko—penularan virus Corona SARS-CoV-2.

2. Pilih Hotel yang Cukup Besar

Selanjutnya, pilihlah hotel yang memiliki area cukup luas. Hal ini agar Anda dan pengunjung lainnya dapat menerapkan physical distancing secara optimal.

Alangkah lebih baik lagi jika di hotel tersebut banyak ruang terbuka. Ini bertujuan agar sirkulasi udara berjalan dengan baik.

3. Pastikan Hotel Menerapkan Protokol Kesehatan

Ini juga merupakan faktor penting yang harus Anda perhatikan ketika hendak menginap di hotel saat pandemi COVID-19. Sudah selayaknya pihak hotel menerapkan protokol kesehatan (prokes) sesuai aturan Pemerintah secara maksimal.

Penerapan protokol kesehatan yang dimaksud meliputi:

  • Melakukan pengecekan suhu terhadap tamu hotel.
  • Menyediakan instrumen prokes seperti hand sanitizer, tempat cuci tangan di pintu masuk, dan sebagainya.
  • Menerapkan physical distancing.
  • Melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala di seluruh area hotel—termasuk kamar— tanpa terkecuali.
  • Memiliki sertifikasi kebersihan dan penerapan protokol kesehatan dari instansi terkait seperti Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Anda bisa mencari tahu apakah calon hotel pilihan memenuhi kriteria-kriteria tersebut melalui internet atau bertanya langsung pada pihak hotel sebelum melakukan reservasi.

4. Persiapkan Perlengkapan “Keamanan”

Upaya pihak hotel dalam mencegah penyebaran COVID-19  tentunya juga harus diimbangi oleh kesadaran Anda sebagai pengunjung dengan cara turut menerapkan protokol kesehatan. Oleh sebab itu, sebelum berkunjung ke hotel—selain membawa pakaian dan peralatan pribadai—sebaiknya persiapkan juga perlengkapan terkait prokes, yaitu:

  • Masker
  • Hand sanitizer
  • Cairan disinfektan
  • Vitamin

5. Lakukan Rapid Test Antigen atau PCR

Kontribusi lainnya yang juga ada baiknya Anda lakukan sebelum menginap di hotel saat pandemi COVID-19 adalah dengan melakukan rapid test antigen dan/atau swab PCR.

Aturan ini mungkin memang bukan suatu kewajiban apabila Anda ingin menginap di hotel yang berada di dalam kota tempat Anda tinggal. Misalnya, Anda ingin tinggal di Jakarta dan hanya ingin menginap di salah satu hotel yang ada di Jakarta juga. Namun, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan salah satu dari kedua tes tersebut guna memastikan apakah Anda terpapar COVID-19 atau tidak.

Selain untuk diri sendiri, hal ini tentu bertujuan untuk turut membantu meminimalisir penularan virus tersebut. Sementara jika Anda ingin menginap di hotel luar kota, maka sesuai peraturan terbaru (akan dijelaskan di akhir), Anda harus melakukan rapid test antigen atau swab PCR terlebih dahulu.

6. Hindari Penggunaan Fasilitas Hotel

Tips menginap di hotel saat pandemi selanjutnya adalah, sebaiknya hindari menggunakan fasilitas hotel seperti kolam renang, tempat gym, dan sebagainya. Beberapa hotel mungkin ada yang memang sengaja menutup fasilitas-fasilitas umum tersebut sementara waktu selama pandemi sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan wabah COVID-19.

Namun, ada juga hotel yang masih memperbolehkan tamunya untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut dengan tetap menerapkan prokes. Jika memang demikian, maka sebaiknya tetap tahan diri Anda untuk menikmatinya sebagai bentuk perlindungan diri dan orang lain.

BAca Juga: 15 Cara Isolasi Mandiri COVID-19 sesuai Protokol Kesehatan

7. Bawa Peralatan Makan Sendiri

Selain makan makanan hotel, saat menginap Anda mungkin juga berkeinginan untuk mencicipi masakan lain yang berada di sekitar hotel. Jika ingin seperti ini, maka sebaiknya persiapkan alat makan sendiri seperti sendok, garpu, dan tempat minum.

Hal yang sama juga berlaku sekalipun Anda mengonsumsi makanan dari hotel. Lebih baik lagi jika Anda memesan makanan untuk diantar langsung ke kamar alih-alih makan ke restoran hotel guna menghindari kerumunan.

8. Rajin Cuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir

Tips lainnya adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun—akan lebih baik jika mengguakan sabun antiseptik—dan air yang mengalir. Lakukan tips ini ketika:

  • Tiba di hotel
  • Menyentuh barang-barang hotel seperti gagang pintu dan lainnya
  • Selesai makan
  • Hendak bepergian ke luar hotel
  • Kembali ke hotel

9. Terapkan Protokol Kesehatan saat Bepergian ke Luar Hotel

Saat hendak bepergian ke luar hotel, ingat selalu untuk menerapkan protokol kesehatan berupa 3M, yaitu:

  • Memakai masker
  • Menjaga jarak dengan orang lain
  • Mencuci tangan (bisa juga menggunakan hand sanitizer)

10. Patuhi Aturan Hotel soal Protokol Kesehatan

Setiap hotel idealnya telah menerapkan aturan-aturan berkaitan dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 lebih luas. Tugas Anda sebagai tamu adalah dengan mematuhi aturan-aturan tersebut.

11. Menjaga Kesehatan

Tips yang terakhir sebelum Anda menginap di hotel saat pandemi COVID-19 adalah dengan menjaga kesehatan. Menjaga tubuh tetap sehat bisa Anda wujudkan dengan mengimplementasikan hal-hal berikut ini:

  • Makan makanan yang bergizi
  • Minum vitamin
  • Olahraga rutin

Aturan Baru Mengenai Perjalanan saat Pandemi COVID-19

Sebagai informasi tambahan, terkait dengan libur Natal dan tahun baru 2021 yang mana hal ini berpotensi menambah jumlah kasus COVID-19 di tanah air, Pemerintah RI melalui Satgas Penanganan COVID-19 mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 yang pada intinya mengatur protokol perjalanan saat pandemi COVID-19.

Menurut surat edaran tersebut, setiap perjalanan yang menggunakan transportasi umum—darat, laut, dan udara—wajib untuk menunjukkan surat tanda bukti rapid test antigen dan/atau swab PCR dengan hasil negatif paling lama 3×24 jam sebelum keberangkatan. Sementara bagi para pengguna kendaraan pribadi, hal ini tidak wajib namun tetap dihimbau untuk membawa surat bukti tersebut saat perjalanan menuju destinasi dan hotel tempat menginap.

Demikian tips-tips menginap di hotel saat pandemi COVID-19 beserta informasi mengenai aturan perjalanan terkait libur Natal dan tahun baru yang perlu Anda ketahui. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan yang berlaku selama menginap.

 

  1. AFAR. 2020. 40 Ways to Take a Socially Distanced Trip. https://www.afar.com/magazine/socially-distanced-trip-ideas (accessed on 24 December 2020)
  2. CDC. 2020. Domestic Travel During the COVID-19 Pandemic. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/travelers/travel-during-covid19.html#:~:text=Regardless%20of%20where%20you%20traveled,you%2C%20particularly%20in%20crowded%20areas. (accessed on 24 December 2020)
  3. Satgas Penanganan Covid-19. 2020. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020. https://covid19.go.id/p/regulasi/surat-edaran-nomor-3-tahun-2020 (accessed on 24 December 2020)
  4. Satgas Penanganan Covid-19. 2020. Peta Risiko COVID-19. https://covid19.go.id/peta-risiko (accessed on 24 December 2020)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi