Tips Menghilangkan Komedo secara Natural

Wajah-doktersehat
Photo Credit: Pexels.com/ bruce mars

DokterSehat.Com– Komedo yang kerap muncul di sejumlah area wajah, terutama T-zone menjadi salah satu masalah yang cukup serius. Apalagi, komedo merupakan salah satu fase awal dari jerawat.

Sebagai tambahan informasi, komedo sendiri terbentuk lantaran pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, kotoran atau pun bakteri. Komedo juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu whiteheads dan blackheads. Nah, bagi Anda yang ingin menghilangkan komedo, tidak ada salahnya menjajal cara alami berikut.

Photo Credit: Pexels.com/ bruce mars

1. Menguapi Wajah

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan dengan mudah untuk menghilangkan komedo adalah menguapi wajah. Menguapi wajah dapat membuka pori-pori kulit sehingga kotoran yang terjebak pada pori-pori dapat dengan mudah dibersihkan. Tidak hanya itu saja, menguapi wajah juga dapat melancarkan peredaran darah di area wajah yang menjadikan kulit tampak lebih glowing.

2. Cuka Apel

Bahan alami lainnya yang dipercaya dapat merawat kesehatan dan kecantikan kulit adalah cuka apel. Dilansir dari laman Medical News Today, cuka apel berfungsi sebagai astringent alami yang dapat merapatkan pori-pori kulit. Tidak hanya itu saja, kandungan anti bakteri di dalam cuka apel juga mencegah terjadinya infeksi pada komedo.

3. Madu

Tidak hanya melembapkan kulit, mengoleskan madu pada area wajah yang berkomedo juga menjadi pilihan tepat. Madu ternyata mengandung bahan anti bakteri yang ampuh membersihkan bakteri penyebab komedo. Dilansir dari laman Medical News Today, tekstur madu yang kental ternyata juga dapat menyerap ke lapisan kulit terdalam. Tidak heran jika bahan satu ini dapat mengangkat kotoran secara optimal.

Cara menghilangkan komedo dengan bahan-bahan alami terbilang aman dibandingkan menggunakan pore pack. Apalagi, pore pack kerap menggunakan bahan-bahan yang menyebabkan iritasi pada kulit. Kendati demikian, untuk mendapatkan hasil yang optimal Anda harus melakukan perawatan secara natural ini dengan rutin.