10 Cara Menghilangkan Daki yang Alami & Cepat

DokterSehat.Com– Setiap hari kulit kita selalu mengalami regenerasi atau pergantian. Pergantian kulit ini akan menghasilkan daki atau lebih akrabnya dalam bahasa jawa disebut bolot, selain itu regenerasi kulit ini juga didukung dengan aktivitas sehari-hari yang mana saat kita beraktivitas keringat juga mendominasi terjadinya regenerasi kulit ini. Tenang, ada berbagai cara menghilangkan daki dengan bahan alami.

Cara membersihkan daki yang menyebalkan ini penting untuk diketahui semua orang. Anda pasti sangat malu bila ketahuan bahwa baju Anda kotor atau nampak kecokelatan, jadi rawatlah tubuh tetap bersih dan sehat agar daki tidak lagi menempel di kulit.

Tips Menghilangkan Daki di Badan dengan Bahan Alami

Sebagai solusinya berikut ada beberapa cara menghilangkan daki secara alami yang bisa Anda coba di rumah.

1. Lulur kopi

Kopi adalah salah satu jenis bahan minuman yang manfaatnya tidak hanya untuk diminum, tetapi kopi bisa juga digunakan sebagai cara menghilangkan daki yang membandel. Caranya ambil beberapa sendok bubuk kopi dan seduh dengan air hangat. Kemudian gunakan air kopi tersebut pada kulit yang berdaki, diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan. Daki akan terkelupas dan bersih.

2. Beras dan minyak zaitun

Cara menghilangkan daki lainnya yaitu dengan menggunakan bahan alami yakni beras dan minyak zaitun. Ambil beras dan sangrai, kemudian tumbuk halus dan campurkan dengan air perasan jeruk nipis dan minyak zaitun. Gunakan ramuan ini pada kulit yang berdaki seperti pada siku atau kaki, kemudian pijat pelan-pelan hingga dakinya terkelupas.

3. Susu dan garam

Campurkan susu dengan garam hingga menjadi pasta. Rendam bola kapas pada pasta susu dan oleskan ke seluruh badan. Biarkan pasta bertahan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan cara membersihkan daki ini setiap minggu dapat membantu kulit Anda tetap bersih dan jernih.

4. Bubuk kulit jeruk

Campurkan bubuk kulit jeruk dengan teh air tawar ke dalam ember. Rendam bola kapas pada campuran tersebut dan oleskan dengan lembut ke seluruh kulit badan. Biarkan masker selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara membersihkan daki ini setidaknya dua kali seminggu untuk menghilangkan kotoran dari kulit tubuh Anda.

5. Oatmeal dan madu Lulur

Cara membuatnya dengan mencampurkan oatmeal dan madu hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ke seluruh kulit badan Anda. Gosok perlahan selama beberapa menit. Biarkan mengering selama 5-10 menit berikutnya sebelum mencucinya dengan air hangat. Lakukan cara membersihkan daki ini untuk mendapatkan kulit yang terbebas dari daki yang membandel.

6. Minyak pijat

Buat campuran minyak pijat dengan minyak esensial lavender atau minyak lainnya. Oleskan campuran tersebut di seluruh wajah badan. Pijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit sebelum mencucinya dengan pembersih ringan dan air hangat. Cobalah cara membersihkan daki ini setidaknya dua kali seminggu untuk menghilangkan kotoran yang terkumpul di lipatan kulit.

7. Scrub handuk

Rendam handuk dalam air panas. Peras sedikit sebelum menggosoknya dengan lembut ke seluruh badan Anda. Lanjutkan melakukannya selama 5-10 menit sebelum membilas kulit Anda dengan air hangat. Cara membersihkan daki ini dapat dilakukan 2-3 kali seminggu.

8. Kunyit & minyak kelapa

Campurkan bubuk kunyit dengan minyak kelapa hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ke seluruh tubuh Anda dan pijat dengan ujung jari untuk menghilangkan daki lipatan kulit. Setelah 5-10 menit, basuh badan dengan pembersih ringan dan air hangat. Lakukan cara menghilangkan daki di badan ini seminggu sekali untuk mencegah akumulasi kotoran di kulit.

9. Batu apung

Batu apung adalah jenis batu garam yang bisa terapung di atas air. Batu ini sangat bagus digunakan sebagai cara membersihkan daki yaitu dengan cara menggosokkan batu apung tersebut pada kulit yang berdaki. Lakukan denga hati-hati agar kulit tidak terkelupas.

10. Menjaga kebersihan badan dengan baik

Cara menghilangkan daki di badan selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan badan, ini merupakan syarat utama bagi Anda yang ingin tampil sehat dan menawan. Jaga kebersihan dengan mandi teratur menggunakan sabun dan setiap kali mandi jangan lupa untuk membersihkan daki. Lambat laun daki akan menghilang. Jangan biarkan daki menjadi sahabat Anda, karena ini sangat memalukan, bukan?

Cara Menghilangkan Daki di Badan hingga Leher

Tubuh dilapisi dengan kulit yang jauh lebih tebal daripada di wajah. Mungkin lebih sulit melakukan cara menghilangkan daki dari area ini, tetapi Anda bisa sedikit lebih menggunakan tenaga. Berikut ini ikuti langkah-langkah cara membersihkan daki dari tubuh:

  • Cara menghilangkan daki di badan yang pertama adalah nyalakan air dan setel ke suhu yang diinginkan. Pastikan untuk tidak membilas daki dengan air dingin, itu tidak akan seefektif menggunakan air hangat.
  • Kemudian basuh seluruh tubuh dengan air, pastikan untuk membasahi area yang lebih sulit djangkau seperti di bawah lengan dan leher (daki biasanya banyak menempel di leher).
  • Cara menghilangkan daki di badan dengan menggosok tubuh menggunakan spons atau loofah/ luffa (spons alami). Menggunakan loofah mungkin lebih baik untuk menghilangkan daki karena teksturnya. Sama halnya dengan wajah, cara menghilangkan daki di leher dilakukan perlahan.
  • Gosok tubuh menggunakan spons dengan gerakan melingkar. Pastikan untuk mencuci seluruh tubuh termasuk kaki Anda.
  • Bilas tubuh dan jika masih ada daki, ulangi langkah 1-4.
  • Eksfoliasi tubuh membutuhkan langkah-langkah yang identik dengan melakukannya di wajah. Cukup gosok sedikit dan bersihkan kulit dengan gerakan memutar. Tidak masalah menggosok kulit dengan keras tetapi pastikan bisa mengatasinya.
  • Selanjutnya bilas scrub dan ikuti dengan pelembap.

Cara Menghilangkan Daki di Wajah

Jika ingin menghilangkan daki di wajah, caranya cukup mudah, ikuti saja langkah-langkah cara membersihkan daki berikut ini:

  • Siapkan sedikit air hangat dan percikkan ke wajah. Cara ini dapat membantu melonggarkan kotoran dan memudahkan untuk menghilangkan daki.
  • Gunakan pembersih wajah. Jika wajah penuh dengan daki, Anda akan membutuhkan sesuatu yang berbusa. Berbusa disebabkan oleh bahan yang disebut sulfat yang bagus untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan debu. Gunakanlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk kulit kering, pilihlah minyak pembersih. Susu pembersih juga bagus untuk kulit kering, tetapi ini mungkin tidak menghilangkan kotoran seefisien minyak.
  • Siapkanlah sejumlah pembersih yang diinginkan di tangan dan mulailah menggosok wajah dengan gerakan memutar secara perlahan. Gerakan lingkaran membantu meraih celah kulit; itu juga akan membantu melepaskan daki dak kotoran lainnya dari pori-pori. Jangan lupa, cara menghilangkan daki di leher juga dilakukan perlahan.
  • Jangan mencuci wajah selama lebih dari tiga menit.
  • Bagi mereka yang tidak puas dengan hasilnya setelah pembersihan, Anda disarankan untuk mengulangi langkah 1-4 tetapi perlu diingat, lebih banyak pembersihan akan menyebabkan kulit kering (tentu saja dapat mengimbangi dengan pelembab).
  • Sekarang saatnya untuk pengelupasan kulit. Eksfoliator terbaik cenderung berupa lulur yang berbahan beras atau bahan abrasif lainnya untuk membersihkan kulit. Menggosok akan membantu menghilangkan kulit mati yang telah menghalani pori-pori, dan dengan begitu daki di kulit dapat dihilangkan. Penggosokan juga harus dilakukan dalam gerakan melingkar. Pastikan untuk tidak menggosok kulit terlalu keras karena dapat menyebabkan robek atau bekas luka.
  • Bilas scrub dari kulit wajah lalu gunakan handuk untuk mengeringkannya.
  • Langkah terakhir, oleskan produk perawatan kulit yang biasa Anda pakai, jika tidak akan menjalani rutinitas maka setidaknya gunakan pelembap wajah.

Itulah cara menghilangkan daki hingga cara menghilangkan daki di leher yang patut Anda coba, Teman Sehat! Yuk bersihkan daki setiap kali Anda mandi.