Terbit: 14 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Treadmill merupakan salah satu alat fitnes yang cukup populer dan digemari oleh kebanyakan orang. Sebab, alat yang satu ini terbilang cukup praktis dan mudah dilakukan. Seperti diketahui, jika harus berlari di luar ruangan, tentu saja kita akan menemui banyak polusi serta radikal bebas sehingga treadmill menjadi salah satu pilihan utama untuk menghindari itu semua.

Sering Cedera Saat Menggunakan Treadmill? Perhatikan 4 Hal Berikut ini!

Namun, walau sangat digemari, faktanya tidak mudah untuk melakukan olahraga dengan bantuan treadmill. Sampai saat ini, sudah banyak orang yang cedera akibat latihan dengan treadmill. Penyebabnya serta dampaknya pun bervarian. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda memerhatikan hal berikut ini sebelum memutuskan untuk berlatih dengan treadmill.

1. Kenali Kemampuan Diri

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah Anda harus mengenali kemampuan diri sendiri terlebih dahulu. Dengan kenal betul akan kemampuan diri, maka Anda juga bisa mengira-ngira seberapa lama harus berlatih dan seberapa cepat treadmill untuk diatur. Jadi, ketika sudah mengenal kemampuan, kecil kemungkinan terjadinya risiko cedera saat latihan.

2. Jangan Lupa Pemanasan

Walau treadmill adalah olahraga yang terbilang cukup mudah, tapi jangan pernah menyepelekannya dengan tidak pemanasan. Sebab, pemanasan sangat penting agar tubuh Anda menjadi lebih siap untuk melakukan latihan utama. Jika tidak melakukan pemanasan, maka Anda akan merasa tegang dan bahkan kram pada kaki yang menyebabkan cedera otot.

3. Latih Fokus

Selanjutnya yang penting adalah melatih fokus Anda. Jika Anda terbiasa menggunakan treadmill sambil mendengar musik, maka jangan terlena dengan musik itu. Tapi tetap perhatikan langkah dan gerakan Anda. Sebab, musik hanya peneman latihan sehingga Anda harus fokus pada gerakan yang sesungguhnya, bukan musik itu sendiri.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

4. Gunakan Atribut Olahraga

Sering terjadi, orang yang melakukan latihan treadmill tidak mengenakan atribut olahraga. Hal itu mereka lakukan dengan alasan ingin bergaya. Padahal, yang lebih penting untuk diperhatikan adalah keselamatan, bukan soal gaya. Jadi, gunakanlah atribut yang bisa mendukung program latihan Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi