Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Keinginan untuk buang air kecil terkadang bisa datang dimanapun dan kapankun, tidak terkecuali ketika Anda sedang melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Rasa ingin buang air kecil seringkali tidak bisa ditahan, sehingga mau tidak mau Anda harus menggunakan toilet di dalam pesawat. Seperti yang Anda tahu bahwa toilet umum merupakan fasilitas yang digunakan oleh banyak orang. Tentu saja, akan ada banyak kuman dan bakteri yang bersarang di dalamnya.

Perhatikan Hal Penting ini Saat Menggunakan Toilet di Pesawat

Walaupun demikian, Anda tidak akan menahan rasa ingin buang air kecil sampai pesawat landing, bukan? Untuk itu, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan ketika ingin menggunakan toilet di dalam pesawat, diantaranya:

1. Pakai Alas Kaki dan Celana yang Longgar

Ketika menggunakan toilet di dalam pesawat, sebaiknya Anda memakai alas kaki berupa sandal ataupun sepatu. Hal ini bisa membantu menutupi dan melindungi kaki Anda dari cipratan urine, feses, atau kotoran lainnya yang nanti akan menjadi kuman dan bakteri. Selain itu, jangan lupa untuk mengenakan celana yang longgar. Sebab, celana longgar bisa membantu pergerakan Anda. Seperti yang Anda tahu bahwa toilet di dalam pesawat berukuran kecil. Jika celana yang Anda kenakan terlalu ketat, Anda akan susah membukanya dan pasti tangan Anda akan memegang dinding atau benda lain di dalam toilet, yang sudah terserang kuman dan bakteri.

2. Bersihkan Tempat Duduk Toilet Sebelum Digunakan

Sebelum menggunakan toilet, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu agar bebas dari kuman dan bakteri. Gunakan tisu kering maupun tisu basah yang masih baru. Jika memungkinkan, Anda bisa menggunakan tisu sebagai alas duduk yang Anda letakkan dudukan kloset. Cara tersebut berguna untuk mencegah kontak langsung antara kulit dengan dudukan kloset yang mengandung kuman.

3. Buang Tisu ke Tempat Sampah

Meskipun toilet umum, bukan berarti Anda bisa menggunakannya sesuka hati. Anda wajib untuk menjaga kebersihannya. Saat Anda menggunakan tisu untuk membersihkan dudukan toilet atau mengeringkan area kelamin yang basah, jangan lupa untuk membuangnya ke tempat sampah. Jangan sampai Anda membuang tisu sembarangan karena bisa membuat toilet kotor dan menjadi tempat sarang kuman dan bakteri.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi