Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah

doktersehat-perawatan-wajah-muka

DokterSehat.Com– Pada dasarnya lubang pori pori wajah besar dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun dengan bertambahnya usia, lubang pori-pori cenderung menjadi lebih besar terutama bagi wajah yang berminyak. Lubang pori yang besar dapat mengurangi penampilan kulit yang kenyal. Tak jarang, karena masalah pori-pori ini menyebabkan wajah berkomedo dan berjerawat.

Penyebab Pori-Pori Wajah Besar

  • Kulit wajah tidak terjaga kebersihannya
  • Penyumbatan pori-pori akibat kotoran atau kosmetik
  • Pemakaian kosmetik yang tidak tepat
  • Sekresi minyak berlebih
  • Faktor genetik

Tips Mengecilkan Pori-Pori

Memang tidak ada cara permanen untuk memperkecil ukuran pori-pori, namun ada beberapa trik yang dapat membuat pori-pori Anda tampak lebih kecil. Berikut adalah beberapa caranya:

1. Menjaga Kebersihan

Penyebab utama pori-pori terlihat lebih besar adalah ketika kotoran tersumbat pada wajah. Untuk itu, rutinlah membersihkan wajah yang disertai dengan pemakaian pelembab. Saat membersihkan wajah dari sabun, gunakanlah air dingin karena bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori.

2. Toner

Toner berfungsi sebagai pembersih minyak dan kotoran yang tersisa saat membersihkan wajah sehingga dapat membantu mengecilkan ukuran pori-pori. Cara penggunaan toner adalah setelah pembersihan wajah dan sebelum menggunakan pelembab.

3. Pelembab

Pelembab wajah dapat mengatasi kulit kering dan mengurangi produksi minyak berlebihan di wajah. Untuk itu, ingatlah untuk selalu menggunakan pelembab agar pori di wajah dapat terlihat lebih kecil.

4. Foundation

Selain sebagai alas make-up, foundation ternyata juga berfungsi untuk menyerap minyak di wajah dan membuat kulit wajah tampak lembut. Untuk itu, pilihlah foundation berkualitas untuk mengakali ukuran pori-pori yang besar.

5. Bedak

Setelah menggunakan foundation, langkah terakhir adalah menggunakan bedak. Pilihlah bedak jenis bubuk, yang dapat menyerap minyak lebih baik dan tentunya memberikan efek kulit wajah yang nampak lebih lembut

6. Facial Es Batu

Es batu dapat membuat pori-pori tampak lebih kecil karena efek dingin yang ditimbulkannya. Cara untuk melakukan facial es batu adalah dengan menggosokkan es batu pada bagian wajah yang berpori besar setelah membersihkan wajah, dilakukan sebelum penggunaan toner dan pelembab.

7. Oleskan Jeruk Nipis

Ambillah jeruk nipis, pilihlah yang diperkirakan banyak airnya, potong sekerat dan oleskan pada wajah, biarkan beberapa saat (7-10 menit) kemudian bersihkan dengan air hangat.

8. Masker Putih Telur

Ambillah 1 sendok putih telur dan campurkan dengan 10 tetes madu murni, kemudian olehkan pada wajah, biarkan sampai mengering, jangan berkata-kata agar tak terjadi retakan pada kulit wajah yang mengeras, bilas dengan air dingin.