15 Cara Mengecilkan Perut Secara Alami (No. 2 Paling Mudah)

cara-mengecilkan-perut-doktersehat

DokterSehat.Com – Bagi pria maupun wanita, memiliki perut buncit adalah suatu masalah. Selain memengaruhi rasa percaya diri, perut buncit juga bisa memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lantas, bagaimana cara mengecilkan perut?

Cara Mengecilkan Perut Secara Alami

Perlu diketahui, berat badan dan perut yang ramping itu ditentukan oleh bagaimana Anda menyeimbangkan asupan kalori dengan energi yang digunakan. Jika makan terlalu banyak dan olahraga terlalu sedikit, maka hal itu akan menyebabkan kelebihan berat badan termasuk lemak perut yang berlebih.

Bahkan, perut buncit juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit stroke, jantung, hingga diabetes. Hal penting lain yang harus diketahui adalah keberadaan lemak di dalam perut ini dapat merupakan salah satu tanda adanya sindrom metabolik.

Berikut adalah cara mengecilkan perut alami yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Olahraga dengan teratur

Olahraga adalah cara mengecilkan perut yang mudah dilakukan, meski terlihat mudah nyatanya tidak semua orang mampu melakukannya dengan baik. Tanpa olahraga jangan harap perut buncit Anda akan hilang.

Olahraga mengecilkan perut yang bisa Anda coba adalah joging, renang, bulu tangkis dan kardio. Namun apabila Anda tidak punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal tersebut, Anda dapat melakukan olahraga mengecilkan perut yang ringan seperti sit up dan push up.

2. Minum air putih secara teratur

Cara mengecilkan perut yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan, yaitu dengan memenuhi asupan cairan tubuh. Minum air putih merupakan salah satu cara mengecilkan perut dengan alami.

Minumlah air putih paling tidak 8 gelas dalam sehari, karena takaran ini memang dianjurkan apabila menginginkan tubuh yang sehat. Selain itu, air putih memang merupakan cairan yang berperan penting untuk menetralisir racun ataupun lemak-lemak dalam tubuh dan juga dapat melancarkan pencernaan, sehingga terhindar dari perut buncit.

3. Menjaga asupan makanan

Selain olahraga teratur dan perbanyak konsumsi air putih, cara mengecilkan perut lainnya adalah menjaga asupan makanan. Anda harus menghindari makanan goreng-gorengan yang banyak mengandung lemak. Lebih baik konsumsilah buah-buahan dan sayur-sayuran, karena kedua makanan ini banyak mengandung nutrisi tinggi yang dapat berguna bagi tubuh.

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa tiap kenaikan serat sebanyak 10 gram bisa mengurangi lemak perut sebanyak 3,7 persen dalam waktu lima tahun. Guna mendapatkan 10 gram serat, Anda dapat mengonsumsi secangkir kacang polong atau dua buah apel.

4. Waktu tidur yang baik

Cara mengecilkan perut yang satu ini memainkan peran besar bagi Anda yang ingin mengecilkan perut buncit. Caranya adalah mengatur waktu tidur yang cukup. Seseorang yang mendapatkan waktu tidur kurang dari lima jam berpotensi menyebabkan timbunan lemak di sekitar organ-organ tubuh. Sedangkan, berlebihan tidur juga berkontribusi pada pertambahan timbunan lemak di perut.

Oleh karena itu, mengatur pola hidup yang baik dengan tidur selama delapan jam setiap hari harus konsisten untuk dijalani. Jam tidur yang tidak konsisten bisa membingungkan jam sirkadian tubuh dan memicu tubuh melepaskan hormon yang bisa menimbun lemak.

5. Menghindari stres

Cara mengecilkan perut buncit yang satu ini sering kali tidak mendapatkan perhatian serius. Padahal, stres menjadi salah satu penyebab lemak di perut. Ketika Anda stres, kelenjar adrenal akan melepaskan hormon stres (kortisol) secara berlebihan.

Saat produksi hormon stres berlebihan, dampak lanjutannya adalah nafsu akan meningkat dan membuat tubuh menyimpan lemak. Meditasi dan yoga bisa Anda coba untuk meredakan stres.

6. Melakukan diet tinggi protein

Tips mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah dengan melakukan diet tinggi protein. Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk pengendalian berat badan. Meningkatnya asupan protein bisa membuat tubuh melepaskan hormon peptida YY (PYY) berlebih. Kondisi ini bisa menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Protein mampu meningkatkan metabolisme dan membantu menjaga massa otot selama penurunan berat badan. Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi banyak protein cenderung memiliki sedikit lemak di perut dibanding mereka yang mengonsumsi makanan rendah protein.

7. Penuhi asupan serat

Mencukupi kebutuhan serat tubuh adalah salah satu cara mengecilkan perut. Serat mampu memperlambat penyerapan makanan, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Pola makan yang tinggi serat disertai dengan asupan karbohidrat komplek efektif mengurangi berat badan.

8. Hindari konsumsi alkohol

Sebuah penelitian mengungkapkan, mereka yang terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menimbulkan lemak di perut. Oleh karena itu, cara mengecilkan perut yang paling mudah adalah dengan tidak mengonsumsi alkohol.

Selain itu, terlalu sering mengonsumsi alkohol, risiko obesitas semakin besar dan terjadi penyimpanan lemak berlebih di area sekitar pinggang.

9. Konsumsi minyak kelapa

Salah satu lemak sehat yang bisa Anda konsumsi adalah minyak kelapa. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa rantai asam lemak dalam minyak kelapa yang dikenal sebagai asam lemak rantai menengah (MCFA) dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi jumlah lemak yang tersimpan sebagai akibat dari asupan kalori yang tinggi, termasuk lemak perut

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda disarankan mengonsumsi 2 sendok makan minyak kelapa per harinya.

10. Kurangi makanan atau minuman yang mengandung banyak lemak dan gula

Daging sapi, produk olahan susu, dan mentega mengandung lemak jenuh dan gula yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Cara mengecilkan perut yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari semua makanan atau minuman yang mengandung lemak jenuh atau gula. Beralihlah ke lemak tak jenuh seperti kacang-kacangan dan ikan.

11. Batasi asupan karbohidrat

Membatasi asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh bisa menjadi salah satu cara mengecilkan perut. Disarankan untuk tidak mengonsumsi karbohidrat lebih dari 50 gram per hari terutama mereka yang memiliki kelebihan berat badan.

Ganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks seperti makanan yang kaya akan pati. Jika kebiasaan ini rutin dilakukan disertai olahraga, maka perut buncit akan mengecil dengan cepat.

12. Minum teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) yang tinggi dan dipercaya dapat meningkatkan metabolisme. Zat ini dipercaya efektif untuk mengurangi lemak perut. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi teh hijau dibarengi dengan olahraga.

13. Konsumsi jahe

Selain teh hijau, cara mengecilkan perut lainnya adalah dengan mengonsumsi jahe. Jahe bisa Anda campurkan pada teh hijau. Campuran kedua bahan alami tersebut dapat mengurangi kembung dan menjaga kesehatan usus.

14. Konsumsi makanan atau minuman probiotik

Bakteri probiotik memiliki manfaat bagi kesehatan, khususnya kesehatan usus dan menjaga sistem imun. Sebuah penelitian mengungkapkan, berbagai jenis bakteri berperan dalam mengatur berat badan sekaligus mengurangi lemak perut.

Oleh karena itu, cara mengecilkan perut bisa dilakukan dengan mengonsumsi suplemen dan minuman probiotik yang banyak beredar di pasaran.

15. Konsumsi ikan berlemak

Cara mengecilkan perut sebelumnya mengatakan bahwa Anda harus membatasi asupan lemak. Namun, kenapa cara mengecilkan perut yang satu ini menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan berlemak?

Perlu diketahui, lemak pada ikan adalah lemak sehat. Ikan yang berlemak memiliki protein berkualitas dan lemak omega-3 yang bisa melindungi tubuh dari penyakit. Lemak omega-3 dapat membantu mengurangi lemak perut.

Ikan berlemak yang bisa dikonsumsi seperti salmon, makarel, sarden, dan lainnya. Anjuran yang baik konsumsi 2-3 porsi ikan berlemak per minggu.

Nah, itulah berbagai cara mengecilkan perut yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!