Cara Mengecilkan Perut Secara Alami yang Bisa Anda Coba

Doktersehat-cara-mengecilkan-perut

DokterSehat.Com – Bagi pria maupun wanita, memiliki perut buncit adalah adalah suatu masalah. Selain memengaruhi rasa percaya diri, perut buncit juga bisa memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lantas, bagaimana cara mengecilkan perut yang alami?

Perlu diketahui, berat badan dan perut yang ramping itu ditentukan oleh bagaimana Anda menyeimbangkan asupan kalori dengan energi yang digunakan. Jika makan terlalu banyak dan olahraga terlalu sedikit, maka hal itu akan menyebabkan kelebihan berat badan termasuk lemak perut yang berlebih.

Bahkan, perut buncit juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit stroke, jantung, hingga diabetes. Hal penting lain yang harus diketahui adalah keberadaan lemak di dalam perut ini dapat merupakan salah satu tanda adanya sindrom metabolik.

Berikut adalah cara mengecilkan perut alami yang bisa Anda coba, di antaranya:

  • Olahraga dengan teratur

Olahraga adalah cara mengecilkan perut yang mudah dilakukan, meski terlihat mudah nyatanya tidak semua orang mampu melakukannya dengan baik. Tanpa olahraga jangan harap perut buncit Anda akan hilang, karena olahraga merupakan salah satu cara yang sangat ampuh untuk menyelesaikan masalah yang satu ini. Olahraga mengecilkan perut yang bisa Anda coba adalah joging, renang, dan bulu tangkis

Namun apabila Anda tidak punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal tersebut, Anda dapat melakukan olahraga mengecilkan perut yang ringan seperti sit up dan push up.

  • Minum air putih secara teratur

Cara mengecilkan perut yang satu ini sangat mudah untuk dilakukan, yaitu dengan memenuhi asupan cairan tubuh. Minum air putih merupakan salah satu cara mengecilkan perut dengan alami.

Minumlah air putih paling tidak 8 gelas dalam sehari, karena takaran ini memang dianjurkan apabila menginginkan tubuh yang sehat. Selain itu, air putih memang merupakan cairan yang berperan penting untuk menetralisir racun ataupun lemak-lemak dalam tubuh dan juga dapat melancarkan pencernaan, sehingga terhindar dari perut buncit.

  • Menjaga asupan makanan

Selain olahraga teratur dan perbanyak konsumsi air putih, cara mengecilkan perut lainnya adalah Anda juga harus menjaga asupan makanan. Anda harus menghindari makanan goreng-gorengan yang banyak mengandung lemak. Lebih baik konsumsilah buah-buahan dan sayur-sayuran, karena kedua makanan ini banyak mengandung nutrisi tinggi yang dapat berguna bagi tubuh.

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa tiap kenaikan serat sebanyak 10 gram bisa mengurangi lemak perut sebanyak 3,7 persen dalam waktu lima tahun. Guna mendapatkan 10 gram serat, Anda dapat mengonsumsi secangkir kacang polong atau dua buah apel.

  • Mengatur pola hidup

Cara mengecilkan perut yang satu ini memainkan peran besar bagi Anda yang ingin mengecilkan perut buncit. Caranya adalah mengatur pola hidup sehat. Pola hidup sehat yaitu dengan meningkatkan semangat hidup hingga mengurangi timbulnya penyakit.

Sementara itu, seseorang yang mendapatkan waktu tidur kurang dari lima jam berpotensi menyebabkan timbunan lemak di sekitar organ-organ tubuh. Sedangkan, berlebihan tidur juga berkontribusi pada pertambahan timbunan lemak di perut.

Oleh karena itu, mengatur pola hidup yang baik dengan tidur selama delapan jam setiap hari harus konsisten untuk dijalani. Jam tidur yang tidak konsisten bisa membingungkan jam sirkadian tubuh dan memicu tubuh melepaskan hormon yang bisa menimbun lemak.

Olahraga Mengecilkan Perut

Beberapa jenis dan gerakan olah tubuh dapat dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan perut secara alami. Aktivitas fisik yang disarankan seperti berjalan cepat setidaknya selama 150 menit dalam seminggu atau sekitar 20-30 menit per hari. Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas aerobik dan joging setidaknya selama 75 menit dalam seminggu.

Beberapa studi menunjukkan, orang yang mengalami stres cenderung memiliki ukuran lingkar pinggang yang lebih besar. Hal tersebut lantaran produksi hormon kortisol yang tinggi. Olahraga mengecilkan perut yang bisa dicoba adalah yoga dan gerakan senam pilates dasar. Yoga dapat digunakan sebagai cara mengecilkan perut karena mampu menurunkan kadar kortisol, lakukan gerakan yoga minimal selama 1 jam.