Cara Mengecilkan Perut, Paha dan Lengan yang Bisa Anda Coba

cara-mengecilkan-perut-dan-paha-doktersehat

DokterSehat.Com – Setiap orang pasti memiliki keinginan memiliki bentuk tubuh yang ideal. Salah satu bagian tubuh yang sering dikeluhkan banyak orang adalah bagian perut dan paha. Berbagai macam cara ditempuh untuk mewujudkan keinginannya itu, akan tetapi apakah cara mengecilkan perut dan paha yang dilakukan sudah tepat?

Mengecilkan Beberapa Bagian Tubuh

Sebelum Anda mengetahui cara mengecilkan perut, paha atau lengan, perlu diketahui bahwa setiap latihan yang Anda lakukan tidak perlu dilakukan dengan menggebu-gebu, hal ini perlu diperhatikan agar cara cara mengecilkan perut dan paha tidak mengganggu kesehatan tubuh.

Cara mengecilkan perut dan paha harus dilakukan dengan hati-hati. Jika Anda salah mengambil langkah maka akan berbahaya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sebelum masuk pada tips cara mengecilkan lengan dan perut, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab perut buncit. Tujuannya agar ketika Anda berhasil menjalankan cara mengecilkan lengan dan paha, Anda dapat menghindari hal-hal yang dapat membuat perut buncit kembali.

Baca juga: Tak Hanya Karena Lemak, Inilah 3 Penyebab Perut Buncit

Penyebab Perut Buncit

Beberapa hal yang dapat mengakibatkan perut buncit di antaranya:

1. Gen

Jika orangtua memiliki perut yang buncit maka anaknya akan berpotensi memiliki perut buncit juga. Walaupun demikian, faktor genetik tidak berpengaruh besar terhadap faktor yang menyebabkan perut buncit.

2. Minuman beralkohol

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan penimbunan lemak di perut. Oleh karena itu kurangi konsumsi minuman beralkohol.

3. Pola makan

Makan pada larut malam dapat menyebabkan perut Anda menjadi buncit, karena malam hari Anda tidak beraktivitas setelah makan. Maka sisa kalori disimpan tumbuh menjadi lemak.

4. Usia

Tidak dapat dipungkiri, semakin bertambah usia seseorang maka aktivitas yang dilakukan pun akan berkurang. Kondisi ini dapat mengakibatkan otot mengendur dan membuat perut bertambah besar.

Cara Mengecilkan Perut dan Paha Alami

Sejumlah latihan fisik tertentu dapat dilakukan untuk membantu mengencangkan otot paha. Kencangnya otot paha akan membuat bentuk paha lebih ramping dan proporsional.

Beberapa latihan fisik berikut ini menitikberatkan pada tubuh bagian bawah. Selain paha, latihan fisik di bawah ini juga akan memberikan dampak positif pada bagian pinggul.

Latihan fisik 1: Lunges

Latihan ini dilakukan dengan posisi kaki terbuka selebar bahu. Kemudian langkahkan salah satu kaki jauh ke depan, sambil menurunkan badan hingga lutut membentuk sudut  90 derajat. Tahan posisi ini selama beberapa detik, lalu cobalah berdiri. Usai menyelesaikan satu gerakan, ulangi pada tungkai satunya.

Latihan fisik 2: Traditional Squat

Latihan ini dilakukan dengan berdiri tegak dengan posisi kaki terbuka sejajar bahu dan rentangkan kedua tangan ke depan. Kencangkan otot perut sambil menarik napas, kemudian tekuk kedua tungkai dan dorong bokong ke belakang, seperti hendak duduk.

Turunkan badan sampai tinggi bongkok sejajar dengan lutut, jaga agar punggung dan bahu tetap lurus. Buang napas perlahan sambil tetap dalam posisi ini. Terakhir, kembali pada posisi berdiri tegak. Lakukan ini beberapa kali, selama beberapa menit.

Latihan fisik 3: Two-Thirds Jump Squat

Latihan ini dilakukan dengan posisi berdiri dengan posisi kaki direntangkan sejajar bahu, dan letakkan lengan di samping tubuh. Setelah itu, turunkan badan seperti posisi squat. Ketika posisi tubuh hampir jongkok, lompatlah sambil mengangkat kedua lengan ke atas. Saat mendarat, posisikan tubuh seperti semula. Ulangi gerakan ini sebanyak kurang lebih 20 kali.

Latihan fisik 4: Plié Squat

Latihan ini dilakukan dengan posisi berdiri dengan posisi kaki terbuka (sedikit lebih lebar dari bahu Anda). Pastikan jari-jari kaki menghadap keluar. Setelah itu, angkat dan luruskan kedua tangan ke depan.

Setelah itu jongkok perlahan sampai membuat sudut lutut membentuk 90 derajat, dengan tetap mempertahankan posisi tangan. Kemudian berdiri kembali seperti posisi semula. Ulangi gerakan ini dan lakukan selama satu menit.

Olahraga untuk Mengecilkan Paha

Selain fokus pada latihan tubuh bagian bawah, Anda juga disarankan untuk melakukan latihan aerobik, guna membantu membentuk paha agar terlihat ramping dan kencang. Latihan aerobik juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara menyeluruh.

Latihan aerobik yang dapat dilakukan seperti jogging atau jalan cepat. Anda bisa melakukannya 3-4 kali dalam seminggu selama 20-45 menit.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, Anda bisa menyiasatinya dengan membiasakan diri naik-turun tangga daripada menggunakan lift.

Sebelum melakukan latihan fisik, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terutama bagi Anda yang pernah mengalami cedera pada bagian tubuh tertentu.

Pada umumnya, lemak di perut atau pinggang dapat digunakan sebagai indikator kesehatan. Jadi, jika Anda memiliki lingkar pinggang sebesar 90–100 cm atau lebih, maka Anda diduga berisiko lebih tinggi untuk menderita sejumlah penyakit tertentu.

Cara Menghilangkan Lemak di Perut yang Aman

Setelah Anda mengetahui cara mengecilkan paha, bagian lain dari tubuh yang sering membuat orang tidak percaya diri adalah lemak pada bagian perutnya.

Perlu diketahui, seseorang yang melakukan diet makanan cenderung kehilangan lemak putih yang sebenarnya diperlukan oleh tubuh. Oleh sebab itu, sebelum mulai menjalankan cara mengecilkan perut, Anda perlu tahu bahwa lemak yang harus disingkirkan adalah lemak visceral (lemak yang membungkus berbagai organ) dan lemak di bawah kulit.

Perhatikan jenis dan porsi makanan yang Anda konsumsi. Kurangi total asupan kalori dan perbanyak konsumsi buah, sayur, biji-bijian dan sumber protein rendah lemak lainnya. Gantikan lemak jenuh dan lemak trans dengan lemak tak jenuh.

Tidak hanya itu, berbagai cara menghilangkan lemak di perut tetap akan sia-sia jika Anda tidak menambahkan olahraga untuk mengecilkan perut ke dalam program diet Anda. Olahraga akan mengurangi lebih banyak lemak visceral dari perut Anda, dan juga akan menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Lakukanlah olahraga secara rutin, setidaknya sebanyak lima hari dalam seminggu, bisa dimulai dari berjalan kaki hingga ke intensitas olahraga yang lebih berat.

Lakukan kegiatan fisik tingkat sedang hingga berat selama kurang lebih 30-60 menit sehari dengan menggunakan beban atau melakukan sit up untuk menjaga berat badan, mengencangkan otot perut, dan menyingkirkan lemak di perut.

Nah, setelah Anda mengetahui cara mengecilkan perut dan paha seperti di atas, berikut ini adalah cara lain yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Konsumsi makanan secara perlahan

Mengonsumsi makanan dengan cepat dapat mengakibatkan tertahannya udara dalam usus sehingga dapat menciptakan gas dan mengakibatkan perut buncit. Cara mengecilkan perut secara alami ini sangat mudah tetapi sangat ampuh.

2. Kurangi makanan berlemak

Kurangilah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak dan perbanyak mengonsumsi makanan berserat seperti pir dan apel. Makanan berserat berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Penumpukan makanan pada perut tentu saja dapat membuat perut menjadi buncit.

3. Kurangi karbohidrat

Memakan makanan yang mengandung karbohidrat dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan. Tips cara mengecilkan perut secara alami yang satu ini sangat bergantung kepada pola makan Anda. Anda dapat mengurangi jumlah karbohidrat dan menggantinya dengan makanan berserat.

4. Kurangi garam

Tips cara mengecilkan perut berikutnya adalah dengan mengurangi asupan garam, karena bumbu dapur ini dapat mengakibatkan perut terasa penuh dan menggelembung.

5. Hindari soda

Hindari minuman bersoda dan perbanyak minum jus buah, selain berfungsi untuk detox, jus buah juga bisa mengurangi rasa lapar.

6. Olahraga

Olahraga secara teratur. Inilah bagian terpentingnya, karena semua cara mengecilkan perut dan paha akan sia-sia tanpa diimbangi dengan olahraga, cukup dengan olahraga ringan seperti lari dan sedikit sit up.

7. Kurangi tingkat stres

Stres dan kecemasan sangat umum, dan kebanyakan orang mengalaminya pada suatu saat dalam kehidupan. Stres terkait dengan perkembangan banyak penyakit, dan itu juga merupakan alasan umum mengapa orang cenderung makan atau makan berlebihan, bahkan sering kali tanpa merasa lapar. Cobalah untuk menambahkan beberapa kegiatan penghilang stres ke rutinitas harian Anda, seperti yoga atau meditasi.

Nah, itulah cara mengecilkan perut dan paha lengkap yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba.