Tips Cara Mengatasi Masuk Angin – Obat Masuk Angin Alami

Doktersehat-obat-masuk-angin

DokterSehat.Com –┬áSiapa yang belum pernah masuk angin? Hampir semua orang pasti pernah mengalaminya. Meski hampir semua orang pernah mengalaminya, dalam dunia kedokteran tidak mengenal istilah untuk penyakit ini. Namun, obat masuk angin dijual dan dipasarkan secara luas di Indonesia.

Istilah tersebut dibuat agar masyarakat awam mudah memahami penyakit demam, perut kembung dan badan meriang yang umumnya dirasakan secara bersamaan. Tipe masuk angin yang perlu diwaspadai adalah jika masuk angin disertai nyeri dan sesak di dada, karena ini bisa menjadi tanda angin duduk.

8 Cara Mengatasi Masuk Angin Secara Alami

Ketika masuk angin menyerang, keinginan untuk berbaring di tempat tidur dan tidak melakukan apa-apa adalah sesuatu yang umum terjadi. Oleh karena itu, agar Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasa, terdapat cara mencegah masuk angin yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  • Kenakan pakaian yang sesuai dengan musim. Jangan lupa untuk membawa pakaian ekstra, jaket, atau selimut di tas.
  • Kenakan sarung tangan dan kaus kaki guna menjaga kehangatan dan kelembapan kulit.
  • Gunakan penutup kepala agar terlindung dari angin, udara dingin, dan air hujan.
  • Konsumsi makanan berkalori tinggi untuk menjaga panas tubuh.
  • Jangan berkeringat terlalu banyak karena keringat membuat panas tubuh hilang lebih cepat, akibatnya Anda akan merasa kedinginan.
  • Konsumsi minuman beralkohol dapat mengganggu kemampuan badan mengatur suhu tubuh dan meningkatkan hilangnya panas tubuh.
  • Hindari kafein dan rokok, karena nikotin dan kafein menyebabkan pembuluh darah di tangan dan kaki menyempit. Aliran darah pun menjadi kurang lancar hingga membuat tangan dan kaki kedinginan.
  • Konsumsi banyak air hingga urine berwarna bening. Tanda tubuh Anda tidak cukup mendapatkan asupan cairan terlihat jika Anda tidak buang air kecil setiap 2-3 jam sekali.

Cara Mencegah Masuk Angin

Salah satu hal yang paling mudah dilakukan untuk mencegah terjadinya masuk angin adalah makan secara teratur. Selain itu Anda bisa mengonsumsi vitamin, baik itu vitamin yang bersumber dari vitamin suplemen makanan maupun vitamin alami.

Asupan vitamin tambahan ini bertujuan supaya daya tahan tubuh menjadi baik. Cara mudah lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya masuk angin adalah pakailah pakaian tebal atau jaket jika sedang mengendarai sepeda motor atau berada di daerah dengan angin kencang dan dingin.

Lantas, bagaimana jika Anda sudah telanjur terkena masuk angin? Cara mengatasi masuk angin yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengan menghindari konsumsi minum minuman dingin. Sebaiknya konsumsi wedang jahe atau minuman-minuman hangat lainnya.

Setelah itu, cara mengobati masuk angin lain yang bisa Anda coba adalah olesi bagian perut dan pinggang dengan minyak kayu putih. Sementara itu, kerokan juga bisa menjadi alternatif cara menghilangkan masuk angin yang umum dilakukan masyarakat Indonesia.

Namun, aktivitas menggaruk-garuk bagian tubuh menggunakan uang logam ini harus dilakukan secara hati-hati karena bisa menyebabkan kulit iritasi. Cara menyembuhkan masuk angin lain adalah masukan air panas ke dalam botol kaca, setelah itu rebahkanlah tubuh Anda sambil guling-gulingkan botol tersebut di sekitar perut.

Perlu diketahui, biasanya gejala masuk angin dapat dikenali dengan adanya perubahan pada tubuh seperti badan terasa tidak enak, kedinginan, meriang, sakit kepala, otot terasa nyeri, kehilangan nafsu makan, dan cepat merasa lelah.

Selain itu, ciri-ciri masuk angin lainnya juga bisa ditunjukkan dengan sering bersendawa, sering buang angin (berbau) serta muncul rasa pegal-pegal.

Meski ciri-ciri masuk angin terlihat sepele, namun jika masuk angin disertai nyeri perut, diare, dan berat badan turun terus menerus, hal itu harus segera mendapatkan penanganan serius karena bisa jadi ini indikator penyakit lain.