Terbit: 23 Oktober 2020 | Diperbarui: 24 Oktober 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Mengatasi mabuk perjalanan bisa dengan sejumlah cara. Ya, melakukan perjalanan jauh entah itu mudik ke kampung halaman atau berwisata ke destinasi impian tak jarang menimbulkan gejala yang disebut sebagai mabuk perjalanan (travel sickness). Lantas, bagaimana cara mengatasi kondisi ini agar perjalanan terasa nyaman?

10 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan & Pencegahannya

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Apapun jenis transportasi yang kita gunakan, baik itu transportasi udara, darat, maupun laut, hingga kendaraan baik itu kendaraan pribadi, kita tetap akan rentan mengalami mabuk. Biasanya, hal ini terkait dengan kondisi tubuh yang sedang kurang fit untuk melakukan perjalanan.

Jangan khawatir! Berikut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi mabuk saat melakukan perjalanan.

1. Jangan Makan Hingga Perut Terasa Sangat kenyang

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Selain bisa memberikan energi bagi tubuh, hal ini juga bisa membantu mencegah mabuk perjalanan.

Akan tetapi, sebaiknya kita juga memerhatikan porsi makanan yang kita konsumsi. Jika makan dengan berlebihan hingga kekenyangan, risiko terkena mabuk justru meningkat. Hal ini disebabkan oleh guncangan saat perjalanan. Guncangan tersebut bisa memicu sensasi pusing dan mual apabila makanan yang masuk ke perut terbilang banyak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

2. Jika Merasa Pusing, Cobalah untuk Memejamkan Mata

Jika saat melakukan perjalanan tiba-tiba merasa pusing, sebaiknya pejamkan mata atau jika perlu beristirahat sejenak. Ini merupakan cara mengatasi gejala mabuk perjalanan yang terbilang efektif.

Tempatkan kepala dan badan di posisi yang menurut Anda nyaman. Sementara itu apabila bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi, menepilah sejenak ke tempat peristirahatan (rest area) yang tersedia di sepanjang jalan. Jangan memaksakan diri untuk tetap melanjutkan perjalanan karena ini bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

3. Makan Permen

Cukup banyak orang yang memilih untuk makan permen sebagai cara mengatasi gejala mabuk perjalanan seperti pusing dan mual. Permen yang bisa memberikan manfaat ini adalah permen rasa mint. Akan tetapi, jika terbiasa mengonsumsi permen rasa buah, Anda juga bisa mengonsumsinya.

Makan permen dapat membantu mengurangi produksi asam lambung hingga akhirnya membuat sensasi pusing dan mual saat melakukan perjalanan bisa mereda.

4. Menikmati Pemandangan di Luar Jendela Kendaraan

Membaca buku atau terus memainkan ponsel selama perjalanan bisa membuat kepala pusing dan perut mual. Karena alasan inilah, sesekali Anda sebaiknya menatap ke luar jendela kendaraan dan nikmati pemandangan.

Apalagi jika kebetulan melewati daerah yang masih hijau. Hal ini bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks dan akhirnya mampu membantu menghilangkan sensasi pusing dan mual.

5. Memakai minyak angin

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi sensasi mabuk seperti mual-mual dan pusing adalah memakai minyak angin atau minyak aromaterapi. Kita bisa mengoleskannya di dahi atau mencium aromanya demi menghilangkan gejala mabuk perjalanan tersebut.

Selain itu, jika kita memakai kendaraan sendiri dan tidak nyaman dengan aroma pengharum mobil, sebaiknya singkirkan pengharum ruangan tersebut demi mencegah mabuk perjalanan.

Baca Juga: Mabuk Perjalanan: Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi, dll

6. Mengonsumsi Obat Antimabuk Perjalanan

Ada cukup banyak produk obat antimabuk perjalanan yang bisa kita dapatkan di swalayan, toko obat, atau apotek terdekat. Mengonsumsi obat mabuk perjalanan ini cukup ampuh untuk menghilangkan gejala-gejala mabuk yaitu pusing dan mual.

Obat antimabuk perjalanan ini sebenarnya bekerja dengan cara membuat Anda lebih mudah mengantuk dan akhirnya tertidur selama perjalanan. Alhasil, dengan tidur Anda bisa terhindar dari gejala-gejala tersebut.

Akan tetapi, jika Anda memiliki alergi atau pantangan dengan obat-obatan tertentu, jangan sembarangan mengonsumsinya. Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai obat apa yang cocok untuk Anda konsumsi saat perjalanan agar tidak mengalami mabuk perjalanan.

7. Mengonsumsi Makanan Ringan

Sebenarnya, tidak semua orang nyaman dengan makanan ringan, apalagi dengan aromanya yang terkadang justru memicu sensasi pusing dan mual. Namun jika Anda tidak masalah dengan hal ini, maka mengonsumsi makanan ringan seperti biskuit atau keripik dapat menjadi salah solusi atau cara yang cukup ampuh untuk mengatasi mabuk perjalanan

8. Minum Air Putih yang Banyak

Sensasi mabuk perjalanan yang Anda alami mungkin akan berujung pada muntah-muntah. Jika ini yang terjadi, maka selain melakukan cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga harus segera minum air putih yang banyak.

Minum air putih yang banyak berfungsi untuk mengganti cairan tubuh sehingga Anda tetap terhidrasi. Pasalnya, muntah menyebabkan cairan tubuh juga ikut keluar. Jika tidak segera mendapat asupan air putih, tubuh akan mengalami dehidrasi yang bisa berdampak buruk.

9. Minum Air Jahe

Cara mengatasi mabuk perjalanan lainnya yang cukup mudah adalah dengan mengonsumsi air jahe. Beberapa penelitian mengungkapkan jika jahe memiliki potensi dalam mengatasi gejala mual seperti yang kerap terjadi saat melakukan perjalanan.

Anda bisa menyeduh air jahe guna mendapatkan manfaatnya yang satu ini. Atau, Anda juga bisa mengunyah permen jahe yang bisa Anda peroleh di swalayan maupun toko obat.

10. Akupresur

Jika sudah sampai di tempat tujuan namun sensasi mual dan pusing belum juga hilang, maka yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pijat akupresur, yakni menekan beberapa titik tubuh tertentu. Cara ini kabarnya juga efektif untuk mengatasi sensasi mual dan pusing yang muncul.

Akan tetapi, hal ini belum terkonfirmasi secara pasti oleh karena masih sedikitnya bukti ilmiah yang mendukung. Selain melakukannya secara mandiri, apabila memungkinkan Anda juga bisa menggunakan jasa terapis profesional untuk hal ini.

Cara Mencegah Mabuk Perjalanan

Nah, sebelum mengalami mabuk perjalanan—walaupun hal ini bisa teratasi dengan mudah—mengapa Anda tidak melakukan pencegahan sehingga tidak perlu bertemu dengan kondisi ini dan perjalanan pun jadi terasa menyenangkan.

Berikut adalah cara mencegah perjalanan yang bisa Anda terapkan saat bepergian nanti:

  • Selalu duduk dalam posisi yang memungkinkan mata untuk dapat melihat gerakan yang sama dengan yang dirasakan tubuh dan telinga bagian dalam.
  • Jika bepergian dengan mobil, usahakan untuk duduk pada kursi depan sehingga pandangan menjadi lebih luas.
  • Apabila menggunakan pesawat terbang, usahakan untuk memilih kursi yang dekat jendela agar bisa melihat ke luar. Selain itu, pilihlah tempat duduk yang letaknya persis di atas sayap guna meminimalisir guncangan.
  • Hindari membaca buku atau menatap layar gawai terlalu lama selama perjalanan.
  • Hindari mencium aroma yang menyengat, misalnya pengharum kendaraan atau parfum orang lain.

 

  1. Anonim. Why do I Get Motion Sickness? https://www.webmd.com/cold-and-flu/ear-infection/motion-sickness#1 (accessed on 23 October 2020)
  2. Kraft, S. 2017. What’s to know about motion sickness? https://www.medicalnewstoday.com/articles/176198#symptoms (accessed on 23 October 2020)
  3. Stoppler, M. 10 Tips to Prevent Motion Sickness. https://www.medicinenet.com/tips_to_prevent_motion_sickness/views.htm (accessed on 23 October 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi