DokterSehat.Com– Ruam pada kulit kerap menjadi masalah yang cukup mengganggu. Tidak hanya menyebabkan kulit memerah, ruam biasanya juga disertai dengan rasa gatal. Tentu saja kondisi yang demikian membuat Anda tidak nyaman. Alih-alih menggunakan salep dengan kandungan bahan yang masih belum tentu cocok dan sesuai dengan kondisi kulit, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan sejumlah bahan-bahan alami yang ada di dapur seperti:

ruam kulit pada anak impetigo-doktersehat

1. Kunyit

Bumbu yang kerap digunakan untuk memberikan warna kuning pada makanan ini ternyata juga biasa digunakan untuk mengatasi ruam. Dilansir dari laman Positive Health Wellness, kunyit mengandung bahan anti peradangan yang sangat ampuh meredakan ruam kulit. Tidak hanya itu saja, penggunaan kulit sebagai obat kulit ini ternyata sudah dilakukan sejak lama dalam metode Ayurvedha masyarakat India. Tidak hanya meredakan ruam, kunyit juga mencegah kulit terkena dampak buruk radikal bebas yang dapat memperparah kondisi ruam dan menyebabkan breakout.

2. Jahe

Selain kunyit, Anda dapat menggunakan jahe. Jahe yang memiliki rasa pedas ini diketahui mengadung bahan anti peradangan yang dapat mengurangi ruam kulit. Tidak hanya itu saja, antioksidan pada jahe juga ampuh mempercepat proses penyembuhan kulit. Penggunaan jahe sendiri rupanya sudah dilakukan sejak lama oleh masyarakat Asia. Tidak hanya ampuh merawat kulit, jahe juga digunakan untuk mengatasi sejumlah penyakit seperti sakit kepala, mual-mual, sakit perut hingga sejumlah infeksi.

3. Minyak Zaitun

Berbeda dari minyak pada umumnya, minyak zaitun merupakan minyak yang kerap disarankan untuk memasak menu diet. Selain bebas lemak, minyak zaitun juga dilengkapi dengan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kulit. Tidak heran jika situs Food Matters menyebutkan jika minyak zaitun dapat mengatasi ruam pada kulit. Apalagi minyak zaitun juga mengandung polifenol, salah satu jenis antioksidan yang mengurangi peradangan pada tubuh, termasuk kulit.

Siapa yang menyangka ternyata ruam pada kulit dapat diatasi dengan mudah dan praktis. Bahkan, bahan-bahan di atas biasa tersedia di dapur Anda. Menggunakan bahan-bahan alami seperti di atas memang tidak memberikan hasil yang instan. Kendati demikian, penggunaan bahan-bahan di atas lebih aman dibanding menggunakan produk dengan kandungan bahan kimia yang berpotensi menyebabkan iritasi atau bahkan memperparah ruam Anda.