Tips Mengatasi Kulit Bayi Kering dan Bersisik

doktersehat-bayi

DokterSehat.Com– Kulit bayi yang baru lahir umumnya kering dan sensitif. Kadang hal ini cukup meresahkan orang tua, apalagi jika kulit bayi tidak hanya kering namun juga bersisik. Bagaimana mengatasinya?

Penyebab kulit bayi kering dan bersisik

Kulit kering dan bersisik sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun bayi lebih rentan untuk mengalami kulit kering dan bersisik karena kulitnya masih sangat tipis dan rentan. Selian itu, kulit kering pada bayi umumnya disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya karena suhu ruangan yang dingin, salah memilih sabun, atau masalah kulit lain seperti eksim.

Tips mengatasi kulit bayi kering dan bersisik

Anda bisa mengatasi kulit bayi yang kering dan bersisik dengan beberapa cara berikut ini:
1. Jangan memandikan bayi terlalu lama
Bermain air saat mandi memang menyenangkan. Namun mandi terlalu lama dapat menyebabkan kulit bayi mudah kering. Karena itu sebaiknya hindari memandikan bayi terlalu lama. Saat mandi, gunakan air hangat dan sabun khusus bayi yang memiliki formula lembut dan ringan

2. Gunakan pelembap bayi
Setelah mandi, oleskan pelembap agar kelembapan bayi tetap terjaga. Sesuaikan pelembap dengan jenis kulit bayi dan pilih pelembap yang tidak mengandung bahan berbahaya seperti paraben, phthalate, dan propilen glikol.

3. Berikan cairan yang cukup

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, karena itu kebutuhan cairan bayi harus tercukupi dari dalam tubuh yaitu melalui ASI. Pastikan bayi Anda selalu cukup minum, namun hindari memberikan air putih pada bayi yang berumur kurang dari 1 tahun.

4. Oleskan tabir surya
Jika ingin mengajak si kecil untuk berjemur atau keluar rumah, oleskan tabir surya jika perlu untuk melindungi kelembapan dan menjaga kesehatan kulit bayi.