Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mudah dan Alami

cara-mengatasi-bau-ketiak-doktersehat

DokterSehat.Com– Cara menghilangkan bau ketiak yang selama ini kita gunakan adalah deodoran, zat yang mencegah atau menutupi bau tubuh karena kerusakan bakteri dari keringat di ketiak. Ketiak basah dan bau menjadi masalah yang pasti dialami hampir semua orang. Tentu kondisi ini sangat mengganggu dan membuat Anda tidak percaya diri, bukan?

Keringat berlebih di ketiak bisa disebabkan oleh berbagai hal, terutama hormon dan makanan. Untuk mengatasi bau ketiak tidak hanya memakai deodoran saja. Lantas adakah cara menghilangkan bau ketiak secara alami? Selengkapnya simak di bawah ini.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Alami

Selain menggunakan deodoran, berikut ini sejumlah cara menghilangkan bau ketiak secara alami:

  • Menggunakan Masker Buah Alami

Berikut beberapa masker buah yang dapat menghilangkan bau ketiak:

1. Lemon

Lemon memiliki rasa asam dan bersifat bakterisida, yang dapat membantu mengurangi pH kulit dan mencegah perkembangan bakteri penyebab bau. Tentu ini bisa digunakan untuk menghilangkan bau ketiak. Jeruk lemon juga berkhasiat mengurangi kelembapan akibat keringat, menjadikan ketiak lebih putih dan bersih.

Cara menghilangkan bau ketiak hanya dengan menggosokkan sepotong lemon pada ketiak secara perlahan, biarkan mengering dan kemudian bilas.

Jika memiliki kulit sensitif, Anda bisa mengoleskan campuran setengah perasan air lemon dan air putih pada ketiak dengan menggunakan kapas. Setelah mengering, bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini sekali sehari sampai mendapatkan hasilnya.

2. Tomat

Sayur jenis ini memiliki antiseptik alami yang dapat melawan bakteri, termasuk bakteri penyebab bau badan. Tentu bahan ini bisa dijadikan cara menghilangkan bau ketiak.

Caranya oleskan daging tomat langsung pada ketiak, biarkan selama 10 sampai 15 menit, dan kemudian bersihkan menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, lakukan cara ini selama beberapa minggu.

Anda juga bisa merendam tomat yang telah dipotong-potong dengan campuran air di cangkir  selama 20 sampai 30 menit. Oleskan cairan rendaman ke ketiak, Kemudian bilas hingga bersih.

3. Cuka Sari Apel

Cuka apel bersifat asam dan memiliki sifat antimikroba, yang dapat membantu menetralkan area ketiak dan melawan bakteri penyebab bau ketiak. Penggunaan cuka sari apel secara teratur juga dapat membantu mencegah penumpukan bakteri.

Gunakanlah semangkuk kecil cuka sari apel, celupkan kapas, dan oleskan langsung pada ketiak. Setelah kering, bilas hingga bersih. lakukan cara ini dua kali sehari setiap pagi setelah mandi, dan setiap malam sebelum tidur.

  • Menggunakan Sayuran Segar

Berikut beberapa masker sayuran yang dapat menghilangkan bau ketiak:

2. Lobak

Lobak dikenal sebagai antiperspirant yang efektif sebagai deodoran alami. Caranya parut lobak dan peras untuk mendapatkan sarinya. Kemudian oleskan perasan air lobak pada ketiak. Cara ini akan mengurangi bau ketiak maksimal 10 jam.

3. Selada

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami bisa menggunakan selada segar. Caranya hancurkan beberapa daun selada agar menjadi ekstrak jus. Gosokkanlah secara langsung pada ketiak Anda. Untuk hasil terbaik, aplikasikan setelah mandi. Bila ekstrak selada tersisa, simpanlah di kulkas untuk penggunaan berikutnya.

4. Peterseli

Daun peterseli dikenal memiliki sifat anti-bau. Kandungan klorofil dalam daun ini dapat menghilangkan bau badan, yang tentu juga bisa mengatasi bau ketiak.

Caranya Anda cukup merebus satu sendok teh daun peterseli dalam satu gelas air. Setelah didinginkan, saring dan minumlah air rebusan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Kentang

Manfaat kentang dapat membantu mengendalikan keringat dan membunuh bakteri di ketiak dengan menurunkan pH kulit. Ini karena kentang mengandung sedikit sifat asam dan memiliki sifat antimikroba.

Gunakan satu kentang dan potong menjadi irisan tipis. Kemudian gosokkan irisan langsung ke ketiak dan biarkan mengering. Anda bisa melakukan cara ini 1 hingga 2 kali sehari.

  • Menggunakan Minyak Esensial

Berikut beberapa minyak esensial yang dapat menghilangkan bau ketiak:

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya akan asam laurat, yang dikenal dapat menghilangkan bakteri di tubuh, sehingga dapat membantu menghilangkan bau badan terutama di ketiak.

Caranya oleskan sedikit minyak kelapa langsung pada ketiak. Bila bau badan terlalu menyengat, Anda bisa mencampur bubuk asam sitrat dengan air dan gunakan untuk membilas. Setelah dikeringkan, kembali oleskan minyak kelapa. Cara menghilangkan bau ketiak secara alami ini bisa dilakukan setiap hari.

2. Minyak Peppermint

Peppermint memiliki sifat antibakteri, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif deodoran alami.

Gunakanlah beberapa tetes minyak peppermint secara langsung atau campur dengan air dan semprotkan ke ketiak. Anda bisa melakukan cara ini setiap hari agar hasilnya maksimal.

3. Minyak Jarak

Salah satu manfaat minyak jarak yang mengejutkan adalah mampu mengurangi bau tak sedap di badan. Minyak ini memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah bakteri penyebab bau ketiak.

Cara menghilangkan bau ketiak dengan mengoleskan sedikit minyak jarak di kedua ketiak. Biarkan semalaman dan bersihkan keesokan paginya. Anda dapat melakukan cara ini setiap hari.

  • Menggunakan Toner Alami

Berikut toner alami yang dapat menghilangkan bau ketiak:

1. Air Mawar

Air mawar adalah obat alami yang sangat menenangkan untuk menghilangkan bau ketiak. Cukup mengoleskan beberapa tetes air mawar di ketiak.

Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes air mawar di bak mandi Anda untuk memberi kesegaran pada ketiak yang tahan lama.

2. Green Tea

Antioksidan dan asam tanat yang terkandung dalam green tea atau teh hijau ini membantu mengatasi bau ketiak dari dalam. Sementara penggunaan teh hijau secara topikal dapat membantu menjaga kulit tetap kering dan menjaga kulit dari bakteri. Mengonsumsi teh hijau setiap hari juga membantu membuang semua racun keluar dari tubuh.

Minumlah teh hijau secara teratur saat perut kosong dapat membantu mengatasi bau ketiak yang busuk.

Sementara untuk penggunaan green tea secara topikal, rebuslah air secukupnya dan tambahkan green tea. Kemudian dinginkan, lalu oleskan pada bagian tubuh yang cenderung berkeringat. Oleskan campuran ini beberapa kali dalam seminggu, hindari penggunaan harian karena bisa menyebabkan kulit terlalu kering untuk beberapa jenis kulit.

  • Menggunakan Obat Herbal

Berikut beberapa obat herbal alami yang dapat menghilangkan bau ketiak:

1. Bawang Putih

Meski menyebabkan bau mulut, ternyata mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi bau badan, termasuk bau ketiak. Bawang putih bersifat antimikroba dan antioksidannya yang sangat baik.

Anda cukup memakan beberapa siung bawang putih setiap hari. Jika aroma kuat mengganggu, cobalah tambahkan saja bawang putih cincang ke dalam diet harian Anda. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen bawang putih. Lakukan cara menghilangkan bau ketiak secara alami ini setiap hari.

2. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya adalah sumber antioksidan yang tinggi dan memiliki sifat antibakteri. Tanaman herbal ini menjadi salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan bau ketiak. Meski jus lidah buaya dapat membantu mendetoksifikasi tubuh dan mengurangi bau tidak sedap, Anda dapat mengoleskannya untuk menghilangkan bakteri yang menyebabkan ketiak bau.

Oleskanlah sedikit gel lidah buaya langsung ke ketiak, biarkan semalaman, dan kemudian bersihkan keesokan paginya. Anda juga bisa minum sekitar seperempat cangkir jus lidah buaya setiap hari. Lakukan tips ini sekali sehari.

3. Biji Adas

Beberapa unsur dalam biji adas adalah stimulan dan dapat membantu sekresi pencernaan. Obat herbal ini juga dikenal sebagai pencahar dan mencegah bau badan.

Cobalah menambahkan satu sendok teh biji adas yang telah ditumbuk ke dalam secangkir air panas dan aduk hingga merata. Kemudian saring hingga menghasilkan air rebusan adas. Jika ingin terasa manis, Anda bisa menambahkan madu. Konsumsilah setiap pagi sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Menggunakan Masker Lainnya

Selain buah hingga toner alami, berikut beberapa masker lainnya yang dapat menghilangkan bau ketiak:

1. Tepung Maizena

Kedua tepung ini bisa dimanfaatkan sebagai bedak pada ketiak untuk menyerap keringat berlebih dan kelembapan, serta mencegah bau badan. Tapi perlu diperhatikan, hindarilah menggunakan pakaian berwarna gelap karena akan terlihat sangat jelas pada area ketiak.

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami dengan mencampurkan tepung maizena (tepung jagung) dan soda kue dengan perbandingan yang sama dan aduk hingga merata. Anda bisa langsung mengoleskan ramuan ini ke ketiak untuk menghilangkan basah, membunuh bakteri, dan menangkal bau badan. Campuran ini tahan lama dan dapat membuat ketiak kering selama beberapa jam.

2. Baking Soda

Cara mengatasi keringat berlebih bisa diatasi menggunakan baking soda. Caranya buatlah pasta dari baking soda dan air, lalu oleskan pasta tersebut pada area ketiak dan biarkan selama 30 menit.

Setelah mengering, bilaslah dengan air dingin dan dalam jangka waktu beberapa lama keringat Anda akan bisa dikendalikan. Jika pertama kali membuat kulit menjadi kering, Anda tidak perlu khawatir karena ini merupakan reaksi yang wajar.

3. Garam Epsom

Garam Epsom adalah antioksidan dan diketahui mendetoksifikasi tubuh. Garam Epsom juga membantu tubuh menghasilkan hormon serotonin, yang membantunya tubuh untuk rileks. Sifat-sifat dari garam Epsom ini dapat menghilangkan stres, pada gilirannya mengurangi produksi keringat, sehingga menghilangkan bau ketiak.

Caranya berendamlah di bak air hangat yang telah ditambahkan garam Epsom sekitar 2 hingga 3 cangkir. Anda bisa melakukannya 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Pola Makan

Meningkatkan asupan nutrisi tertentu juga dapat membantu mengurangi bau badan. Berikut beberapa makanan dan minuman yang dapat menghilangkan bau ketiak:

1. Sayuran Hijau

Beberapa sayuran hijau berdaun seperti bayam, selada air, kangkung dan swiss chard mengandung klorofil yang tinggi. Klorofil memiliki sejumlah manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk menetralkan senyawa penyebab bau pada tubuh. Jika tidak makan sayuran yang cukup, mungkin badan akan terasa bau.

2. Makanan yang Kaya Serat

Makanan yang tinggi serat termasuk kacang polong, lentil, dan kacang-kacangan lainnya. Apapun sumber serat lainnya, pastikan makan secukupnya untuk pencernaan, sehingga senyawa bau dalam makanan dapat diproses lebih cepat dan lebih sedikit dapat keluar melalui keringat.

3. Buah Jeruk

Asam yang terkandung dalam buah jeruk seperti lemon dan grapefruit dapat mendorong aliran air melalui tubuh, yang mengurangi racun. Jika malas menambahkan buah ke dalam makanan, cobalah minum segelas jus jeruk segar di pagi hari.

4. Teh Herbal

Teh herbal, terutama peppermint, dapat meningkatkan pencernaan sehingga tidak ada yang tersisa dalam sistem pencernaan. Sementara teh bunga melati secara aktif dapat membantu mengeluarkan aroma yang lebih segar.

5. Minum yang Cukup

Minum air yang banyak dan makan makanan mengandung kadar air tinggi dapat membuat tubuh tetap dingin dan mencegah munculnya keringat di ketiak yang berlebihan, yang menyebabkan bau ketiak.

Cara Mencegah Bau Ketiak yang Alami

Ada beberapa macam makanan yang dapat menimbulkan bau badan atau bau ketiak, untuk itu berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari untuk mencegah bau ketiak:

1. Kopi

Ternyata kopi dapat memperburuk masalah bau badan, lho! Ini karena kopi membuat kelenjar keringat menjadi tidak aktif secara tidak normal, yang berarti memberi waktu makan bagi bakteri. Jika tidak dapat berhenti meminum kopi sepenuhnya, cobalah ganti dengan teh herbal.

2. Alkohol

Setelah minum alkohol sebenarnya dapat ikut keluar melalui pori-pori ketika tubuh yang menyebabkan bau badan yang tidak sedap, termasuk ketiak. Jadi, sebaiknya kurangi asupan alkohol untuk mencegah bau ketiak.

3. Daging Merah

Daging merah adalah salah satu makanan yang lebih sulit dicerna, yang berarti membutuhkan banyak waktu di saluran pencernaan. Hasilnya dapat meningkatkan racun dan membuat badan bau tidak sedap.

4. Jinten

Jintan biasanya digunakan sebagai bahan memasak, sayangnya bumbu ini dapat bertahan di pori-pori dan menyebabkan bau yang aneh. Bahkan hasil penelitian telah menemukan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi banyak jinten dapat memengaruhi bau badan bayi yang baru lahir.

_

Meski menggunakan berbagai macam bahan alami seperti di atas, tentunya risiko terjadi efek samping iritasi tetap ada. Sehingga pemakaian bahan-bahan di atas harus dengan lebih berhati-hati. Apabila Anda mengalami rasa panas seperti terbakar, gatal dan munculnya bercak kemerahan pada area yang dioleskan, segera berkonsultasi dengan dokter.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Naser, Shaheen. 2019. 25 Effective Home Remedies For Reducing Body Odor. https://www.stylecraze.com/articles/effective-home-remedies-for-reducing-body-odour/#Fennel. (Diakses 25 November 2019)
  2. Naser, Shaheen. 2019. How To Get Rid Of Underarm Odor (Smelly Armpits). https://www.stylecraze.com/articles/how-to-get-rid-of-underarm-odor-naturally/#Potato. (Diaskses 25 November 2019)
  3. Elliott, Matthew. Tanpa tahun. 25 Effective Home Remedies For Reducing Body Odor. https://www.lifehack.org/506004/eat-the-right-foods-to-say-goodbye-to-body-odor. (Diakses 25 November 2019)
  4. Rathod, Kalwyna. 2018. 5 kitchen ingredients to beat body odour. https://www.femina.in/beauty/skin/5-kitchen-ingredients-to-beat-body-odour-98292-6.html. (Diakses 25 November 2019)
  5. Anonim. Tanpa Tahun. These 5 Home Remedies Will Help You Kill Body Odour. https://lite.my/trending/healthworks/body-odour-home-remedy. (Diakses 25 November 2019)
  6. Gotter,Ana. 2018. 9 Ways to Prevent Sweaty Armpits. https://www.healthline.com/health/how-to-stop-sweating-armpits. (Diakses 25 November 2019)