9 Cara Mengatasi Depresi Tanpa Obat (Aman Dilakukan)

cara-mengatasi-depresi-doktersehat
Photo Source: Gerd Altmann from Pixabay

DokterSehat.Com – Setiap orang pasti memiliki berbagai masalah dalam hidupnya, jika seseorang tidak bisa mengelola masalah tersebut, dampak yang bisa terjadi adalah munculnya depresi. Lantas, bagaimana cara mengatasi depresi? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Gejala Depresi yang Perlu Diwaspadai

Sebelum menjelaskan mengenai cara mengatasi depresi, hal penting yang perlu Anda pahami adalah gejala-gejala depresi. Setiap orang memiliki gejala depresi yang berbeda-beda, ada yang sulit tidur namun ada juga yang justru tidur lebih banyak. Meski begitu, terdapat beberapa gejala yang umum terjadi, antara lain:

  • Rasa sedih, cemas atau hampa yang terus menerus.
  • Rasa putus asa dan selalu pesimis.
  • Rasa tidak berharga, rasa bersalah dan rasa tidak berdaya.
  • Kehilangan minat atau kesenangan yang sebelumnya disukai.
  • Menurunnya energi, kelelahan, menjadi lamban.
  • Sulit berkonsentrasi, mengingat dan memutuskan.
  • Sulit makan atau rakus makan (menjadi kurus atau kegemukan).
  • Tidak tenang dan gampang tersinggung.
  • Sering sakit kepala atau masalah pencernaan seperti sulit buang air besar dan lain-lain.
  • Berpikir ingin bunuh diri.
  • Tangan dan kaki terkadang terasa berat.

Cara Mengatasi Depresi

Setelah Anda mengetahui gejala depresi seperti di atas, penanganan depresi biasanya dilakukan dengan terapi, obat-obatan, atau penanganan rumah lainnya. Berikut adalah cara mengobati depresi yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Melakukan rutinitas seperti biasa

Cara mengatasi depresi yang pertama adalah dengan melakukan rutinitas seperti biasa. Rutinitas adalah sesuatu yang diperlukan penderita depresi, karena ketika seseorang mengalami depresi pegangan hidupnya akan hilang. Memiliki rutinitas harian yang terjadwal, dapat membantu Anda untuk kembali ke jalur yang tepat.

2. Melakukan sesuatu yang baru

Cara mengatasi depresi berikutnya yang mudah untuk dilakukan adalah melakukan sesuatu yang berbeda. Beberapa langkah yang bisa dicoba adalah pergi ke museum, membaca buku di taman, menjadi sukarelawan, atau mengikuti kelas-kelas kreatif.

Saat Anda menantang diri untuk melakukan sesuatu yang berbeda, terdapat perubahan kimiawi di otak. Cara mengatasi depresi dengan melakukan sesuatu yang baru mengubah tingkat dopamin, di mana hal itu berkaitan dengan kenikmatan, rasa senang dan pembelajaran.

3. Melakukan hal yang disukai

Jika Anda memiliki depresi, cara mengobati depresi yang bisa dilakukan adalah meluangkan waktu untuk hal-hal yang menjadi kesukaan Anda. Meski perasaan Anda telah diliputi depresi, Anda harus tetap harus berusaha untuk melakukan hal-hal yang disukai.

Meski hal ini terdengar aneh, Anda tetap harus mengusahakan diri untuk bersenang-senang. Teruslah melakukan hal-hal yang Anda senangi meski hal itu terasa seperti tugas. Jika depresi tidak mendapatkan penanganan dengan segera, maka Anda akan kehilangan kemampuan untuk hidup.

4. Mengerjakan semua pekerjaan rumah

Selain mengganggu kondisi fisik, depresi juga bisa menyulitkan Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga, seperti mencuci atau membersihkan pekarangan. Pekerjaan-pekerjaan rumah yang terbengkalai justru akan semakin memperbesar perasaan tidak berharga

Oleh karena itu, cara mengatasi depresi bisa dilakukan dengan mengerjakan tugas-tugas rumahan, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Banyak bergerak akan membuat Anda merasa lebih baik.

5. Jangan suka menunda

Seperti disebutkan sebelumnya, gejala-gejala depresi seperti kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi, membuat seseorang tergoda untuk menunda suatu pekerjaan. Jika Anda memiliki kebiasaan menunda-nunda, hal itu bisa memicu munculnya depresi karena bisa meningkatkan rasa bersalah, khawatir, dan stres.

Cara mengatasi depresi yang bisa dilakukan di sini adalah dengan mengatur waktu dengan baik dan menetapkan tenggat waktu. Tetapkan tujuan jangka pendek, kemudian selesaikan tugas yang paling penting dahulu. Menyelesaikan tugas dengan tenggat waktu akan membantu Anda menghilangkan kebiasaan menunda-nunda.

6. Menghentikan pikiran negatif

Depresi tidak hanya membuat Anda merasa buruk, tetapi juga dapat menyebabkan Anda berpikir lebih negatif. Cara mengatasi depresi yang bisa dilakukan adalah dengan mengubah pikiran negatif untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Cognitive behavioral therapy (CBT) adalah jenis terapi yang berfungsi mengubah pola berpikir negatif yang pada akhirnya bisa menghilangkan depresi.

7. Meningkatkan asupan gizi

Sebuah penelitian mengungkapkan, terdapat hubungan antara diet dan kesehatan mental. Peningkatan gizi dapat mencegah dan mengobati penyakit penyakit mental. Terdapat banyak nutirisi penting yang dibutuhkan otak bisa memengaruhi tingkat depresi.

Sebuah studi mengungkapkan, seseorang yang kadar seng dalam tubuhnya kurang, hal itu bisa meningkatkan depresi. Memperbaiki pola makan bisa menjadi kunci untuk mengurangi gejala depresi. Sebelum Anda membuat perubahan besar pada diet Anda atau mulai mengonsumsi vitamin atau suplemen, sebaiknya konsultasi dengan dokter.

8. Meningkat kebersihan kamar tidur

Sebuah studi mengungkapkan, sebagian besar yang mengalami depresi mayor mengalami gangguan tidur. Namun, ada juga kasus yang membuat seseorang kesulitan bangun dari tempat tidur, akibat perasaan lelahnya sepanjag waktu

Cara mengatasi depresi yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan kamar tidur. Kebersihan tidur yang baik bisa menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur Anda.

Matikan alat-alat elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur. Gunakan cahaya redup untuk membaca buku atau melakukan aktivitas santai lainnya.

Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan aktivitas seksual. Melakukan pekerjaan di tempat tidur atau bahkan di kamar tidur, dapat menyebabkan Anda mengasosiasikan tempat tidur dengan stres, bukan relaksasi.

9. Membangun dukungan sosial

Cara mengatasi depresi yang terpenting bisa dilakukan adalah dengan mengembangkan dukungan sosial. Cara ini bisa dilakukan dengan menjalin ikatan yang lebih kuat dengan teman dan keluraga. Mengandalkan orang-orang terkasih yang mendukung Anda dapat membantu menurunkan tingkat depresi.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi depresi yang bisa Anda lakukan. Pada akhirnya, depresi bukanlah alasan untuk menghakimi hidup. Lawan rasa takut dan cemas dengan menumbuhkan keberanian dalam diri. Memendam depresi justru akan memberi peluang ketakutan untuk terus ada di dalam hidup Anda.

 

Sumber:

  1. https://www.verywellmind.com/tips-for-living-with-depression-1066834
  2. https://www.webmd.com/depression/features/natural-treatments#1
  3. https://www.nimh.nih.gov/health/publications/depression/index.shtml#pub7