Terbit: 4 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sama halnya dengan orang dewasa, setiap anak memiliki ketakutannya sendiri. Ada yang takut dengan badut, namun ada juga yang takut dengan jarum suntik. Pada anak yang takut dengan jarum suntik, kadang hal ini cukup mengganggu ketika anak harus menjalani imunisasi atau pengobatan dari dokter.

Tips Mengatasi Anak Takut Jarum Suntik

Untuk mengatasi ketakutan anak pada jarum suntik, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Jelaskan yang sebenarnya
Saat menjelaskan tentang jarum suntik pada anak, katakan bahwa disuntik memang sakit, namun tindakan pengobatan melalui suntikan atau imunisasi bukan bertujuan untuk menyakiti anak, melainkan untuk menyembuhkan. Jelaskan bahwa rasa sakit akibat disuntik hanya terasa sebentar dan lambat laun akan hilang.

2. Waktu yang tepat
Sebaiknya jelaskan pada anak tentang jarum suntik sehari atau beberapa jam sebelum jadwal imunisasi tiba. Jika Anda menjelaskannya terlalu awal, kemungkinan anak akan memendam rasa takutnya selama berhari-hari. Hal ini akan membuat anak tegang dan stres.

“Jangan bicara terlalu rinci pada anak karena dapat membuat anak khawatir. Ada baiknya Anda mulai menjelaskan jarum suntik ketika anak Anda bertanya tentang hal tersebut atau beberapa saat sebelum suntikan (pengobatan) terjadi,” jelas Ari Brown, M.D., dokter konsultan untuk laman Parents dan penulis buku.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Meminta krim bius
Jika anak Anda benar-benar merasa ketakutan dengan rasa sakit, beberapa ahli menyarankan agar Anda meminta krim anestesi untuk membuat kulit terasa mati rasa. Selama proses penyuntikan, Anda bisa mengalihkan perhatian anak dengan membuat ekspresi wajah yang lucu, bermain, atau menyanyikan lagu kesukaannya.

4. Berikan pujian atau hadiah
Pertimbangkan untuk memberikan pujian atau hadiah saat anak Anda bersikap baik dan kuat melakukan imunisasi meskipun disertai dengan tangisan berderai. Hal ini memberi rasa positif pada anak dan membantunya lebih lega dan tenang setelah menerima suntikan.

5. Antisipasi efek samping
Beberapa efek samping suntikan antara lain merasa ngilu, timbul ruam dan demam yang dapat mengganggu kenyamanan si kecil. Untuk meredakannya, Anda bisa mengompresnya dengan handuk dingin atau memberinya obat pereda demam dan nyeri.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi