Tips Mengajak Bayi Baru Lahir Jalan-Jalan Keluar Rumah

Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Menurut kepercayaan yang beredar di masyarakat Indonesia, umumnya ibu yang baru melahirkan tidak disarankan untuk keluar rumah hingga lebih dari empat puluh hari. Rentang waktu tersebut dipercaya sebagai masa pemulihan bagi ibu setelah melahirkan. Selain itu bayi juga dianggap masih sangat rapuh jika ikut dibawa keluar rumah untuk waktu yang lama.

Photo Credit: pexels.com

Hingga kini, kepercayaan tersebut masih banyak dilakukan oleh para ibu. Namun bagaimana jika ibu merasa bosan harus terus-menerus berada di rumah?

Tips mengajak bayi baru lahir keluar rumah

Tentunya ibu boleh-boleh saja mengajak si kecil keluar rumah. Selain bermanfaat bagi ibu untuk mengurangi stres, keluar rumah bersama si kecil juga dapat memberi rangsangan bagi si kecil agar cepat beradaptasi dengan dunia luar. Udara luar yang segar juga baik bagi pertumbuhan bayi.

Dilansir dari New Kids Center, berikut ini tips mengajak bayi baru lahir untuk keluar rumah:
1. Ajak saat bayi terjaga
Salah satu manfaat mengajak bayi keluar rumah adalah memberi suasana baru bagi si kecil agar anak lebih mengenal lingkungannya dan perkembangan panca indranya semakin optimal. Karena itu ajak bayi keluar rumah saat ia sedang terjaga agar anak bisa menikmati dunia luar.

2. Siapkan kebutuhan bayi
Beberapa perlengkapan yang perlu dibawa saat mengajak si kecil antara lain perlengkapan menyusui seperti botol susu, apron, popok, dan perlengkapan lainnya. Anda mungkin membutuhkan minyak oles jika anak Anda digigit serangga.

3. Hindari keramaian
Anda juga perlu ingat bahwa kekebalan anak masih belum sempurna. berada di tempat ramai terlalu lama dapat meningkatkan risiko anak tertular penyakit. Selain itu suasana bising juga dapat membuat anak tidak nyaman. Sebaiknya Anda menghindari membawa bayi ke tempat yang ramai seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit atau bandara.

4. Beri pakaian yang sesuai
Sesuaikan pakaian bayi dengan tempat dan suasana yang akan Anda datangi bersama si kecil. Jika cuaca panas, gunakan topi dan baju yang tipis dan mudah menyerap keringat. Namun jika cuaca dingin, jangan lupa pakaikan jaket dan kaos kaki.