Perhatikan Tips Berikut ini Agar Kulit Sensitifmu Aman Saat Dicukur

tips-cukur-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Bagi sebagian besar orang menganggap, tumbuhnya bulu-bulu halus beberapa bagian anggota tubuh memang sangatlah mengganggu dan membuat risih. Sebab, bulu tersebut dapat mengurangi penampilan dan rasa percaya diri. Maka tak heran jika meraka akan melakukan perawatan untuk membersihkannya dengan dicukur.

Akan tetapi, tidak sedikit wanita yang memiliki masalah pada kulit mereka, seperti kulit sensitif. Kulit sensitif memang membutuhkan perlakuan yang khusus karena sangat rentan dan cepat bereaksi pada suatu hal, misalnya pada saat bercukur. Hal ini dikarenakan kulit sensitif mudah terluka, bahkan luka tersebut bisa memicu adanya iritasi pada kulit. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat bercukur agar kulit Anda terhindar dari luka dan masalah lainnya.

1. Bersihkan Kulit Sebelum Bercukur

Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan kulit. Sebelum mencukur, alangkah baiknya jika kulit dibersihkan terlebih dahulu. Sebab, kulit sensitif membutuhkan perhatian lebih banyak daripada kulit normal. Cara ini dilakukan agar kulit terhindar dari masalah infeksi.

2. Lembapkan Kulit

Salah satu ciri-ciri kulit sensitif adalah kulit terasa kering. Hal tersebut perlu Anda perhatikan sebelum bercukur karena kulit kering kerap terluka dan terasa gatal setelah bercukur. Oleh sebab itu, Anda wajib melembapkan kulit sebelum dan sesudah bercukur dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa dan minyak zaitun.

3. Jangan Mencukur dengan Arah berlawanan

Mencukur bulu tidak semudah yang Anda pikirkan, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Pasalnya, saat mencukur Anda tidak boleh sembarangan dan harus menggunakan teknik khusus.  Umumnya, teknik mencukur yang biasa dilakukan oleh mereka yang memiliki kulit normal, mereka akan mencukur dengan arah berlawanan dari arah pertumbuhan rambut. Namun, teknik tersebut tidak berlaku bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Sebab, teknik mencukur tersebut bisa menyebabkan ruam dan benjolan pada kulit.

4. Jangan Lupa Bilas

Setelah semua bulu halus tercukur, jangan lupa untuk segera membersihkannya. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi kulit agar tidak meradang. Selain itu, juga bisa membuat kulit bersih dan sisa bulu halus tidak menempel pada kulit. Bilaslah kulit seusai bercukur dengan air dingin.