Tips Mencuci Buah Agar Kandungan Pestisidanya Bisa Benar-Benar Hilang

doktersehat-aple-buah-beracun

DokterSehat.Com– Meskipun tergolong dalam makanan yang bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, banyak orang yang was-was dengan kandungan pestisida pada buah-buahan yang akan dikonsumsi. Untuk mengatasinya, kita tentu harus mencuci bersih buah tersebut atau mengupas kulitnya agar kita tidak sampai mengkonsumsi pestisida yang menempel. Hanya saja, sebagian kulit buah memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan kita sehingga tentu sayang jika harus dibuang begitu saja.

Jika kita ingin mencuci buah dengan baik sehingga bisa menghilangkan pestisida yang menempel dengan maksimal, ada baiknya kita mengikuti cara mencuci buah yang direkomendasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Cara tersebut adalah dengan menggunakan baking soda.

Dalam penelitian yang dilakukan untuk mencari cara terbaik mencuci buah-buahan ini, para ilmuwan memakai tiga buah metode, yakni mencuci buah dengan air keran biasa, menggunakan pemutih, dan menggunakan baking soda. Hasilnya adalah, buah apel yang telah direndam di dalam campuran air dan baking soda selama 8 menit menyisakan jumlah pestisida paling sedikit pada permukaan kulitnya jika dibandingkan dengan buah yang dibersihkan dengan air keran mengalir atau campuran pemutih. Setelah direndam pada larutan baking soda selama 12-15 menit, residu pestisida pada buah bahkan hampir dipastikan benar-benar hilang.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kandungan sodium bikarbonat baking soda mampu menghapus dua kandungan pestisida bernama thia bendozale dan phosmet. Sayangnya, Popular Science menyebutkan bahwa meskipun kita sudah memakai baking soda, beberapa jenis pestisida yang telah jauh masuk ke dalam daging buah tidak bisa dihilangkan.

Meskipun begitu, ada baiknya kita tetap memakai baking soda karena telah terbukti bahwa bahan ini bisa menghapus pestisida dengan hasil yang paling baik sehingga buah ini tentu akan jauh lebih aman untuk dikonsumsi.