Terbit: 18 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Semua orang tua pasti mendambakan memiliki anak yang cerdas. Ternyata, Anda bisa membuat anak jadi cerdas sejak masa kehamilan. Bagaimana caranya?

9 Kebiasaan Ibu Hamil yang Dapat Mencerdaskan Bayi

Kebiasaan ibu hamil yang dapat mencerdaskan bayi

Banyak orang tua beranggapan bahwa kecerdasan anak baru bisa dibentuk setelah mereka lahir. sebenarnya kebiasaan yang dilakukan oleh ibu saat hamil juga dapat memengaruhi kecerdasan bayi lho!

Kecerdasan bayi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kesehatan bayi, baik dari segi fisik maupun perkembangan otak yang baik. Beberapa kebiasaan ibu hamil yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan bayi antara lain:

1. Menjadi ibu hamil yang aktif

Saat hamil mungkin tubuh Anda menjadi lebih mudah lelah sehingga harus membatasi beberapa aktivitas harian Anda. Namun Anda disarankan untuk tetap fit dan aktif selama kehamilan. Lakukan olahraga ringan seperti jalan cepat atau berenang agar tubuh lebih bugar. Dengan tubuh ibu tetap bergerak, tubh akan mengeluarkan hormon yang baik bagi perkembanagn otak bayi.

2. Bicara dengan janin

Berbicara pada janin dapat membantu mencerdaskan janin lho, Mom! Meskipun bayi belum bisa mengerti perkataan Anda, namun ia dapat merasakan rangsangan yang Anda berikan dan hal ini dapat membantu perkembangan otak bayi.

3. Beri dan Panggil Nama Bayi

Hal yang satu ini tentunya baru bisa dilakukan ketika Anda sudah mengetahu jenis kelamin bayi. Kalau sudah dipastikan, sebisa mungkin segeralah beri nama, setidaknya nama panggilan. Ini tentu akan sangat membantu Anda saat berkomunikasi dengan sang buah hati.

Perlu diketahui bahwa saat janin berusia lima bulan, bayi dalam kandungan sudah bisa mengenali suara ibu. Oleh karena itu, seringlah berkomunikasi dengannya dan juga sebut namanya setiap kali diajak berkomunikasi.

4. Sering terkena sinar matahari

Tahukah Anda bahwa berjemur juga baik bagi ibu hamil? Berjemur akan memberikan Anda  sumber utama vitamin D. Ini merupakan komponen penting dalam pembentukan tulang sehat dan mengurangi dampak preeklamsia. Preeklamsia bukan hanya berbahaya bagi ibu, namun juga bagi bayi.

5. Menjaga asupan gizi

Salah satu cara terbaik yang dapat membantu Anda memiliki anak yang cerdas adalah dengan memerhatikan asupan gizi. Dengan gizi seimbang, pertumbuhan janin akan berjalan dengan baik. Selain mendapatkan makanan sehat dengan gizi yang cukup, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen tambahan jika dibutuhkan.

6. Hindari makanan mengandung pengawet

Nampaknya makanan yang mengandung pengawet bukanlah sesuatu yang asing lagi, bahkan terkadang kita kebingungan memilih makanan tanpa pengawet.Khusus bagi ibu hamil, tentu harus menghindari makanan tanpa pengawet karena bisa berbahaya bagi janin.

Anda harus menghindari zat oengawet, MSG, pemanis buatan, zat pewarna, dan masih banyak lagi. Sebisa mungkin penuhi asupan harian dengan makanan yang segar dan penuh nutrisi.

7. Hindari stres

Janin di dalam perut bisa merasakan emosi yang Anda rasakan. Stres ketika hamil dapat berdampak pada pertumbuhan bayi, salah satunya memicu kelahiran prematur dan lahir dengan berat badan rendah. Untuk itu jika Anda mengalami tanda-tanda stres sebaiknya segera mencari cara untuk meredakannya. Pikiran yang tenang dan positif dapat mendukung kecerdasan anak sejak dalam kandungan.

8. Kenalkan musik

Ada banyak penelitian yang berkaitan dengan hal ini. Faktanya, memperdengarkan musik pada bayi akan membuatnya jadi lebih pintar sejak dalam kandungan, khususnya dalam segi berkomunikasi.

Perlu Anda ketahui bahwa usia yang tepat adalah sejak minggu ke-25 bayi ada di dalam kandungan. Salah satu pilihan tepat adalah musik klasik karena dapat membuat bayi di dalam kandungan belajar untuk membedakan suara.

9. Rutin memberikan sentuhan

Ada fakta yang mengejutkan bahwa ternyata sentuhan yang diberikan oleh oleh Anda sebagai calon ibu ke bagian perut merupakan cara berkomunikasi yang bagus dengan bagi. usap dan tepuklah perut dengan lembut untuk memperkuat ikatan dan merangsang perkembangan bayi.

Itu dia cara yang bisa Anda lakukan untuk mencerdaskan bayi sejak dalam kandungan. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi