Terbit: 25 Januari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah ada trik rahasia untuk melahirkan anak lebih mudah? mungkin itulah pertanyaan calon ibu atau seorang ibu yang sudah pernah melahirkan.

doktersehat-homebirth-melahirkan

Sementara setiap pengalaman wanita melahirkan berbeda-beda. Beberapa ibu di Australia mengklaim bahwa ada satu teknik sederhana yang dapat mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit selama proses persalinan.

Triknya adalah dengan cara hipnotis atau memberikan sugesti. Penghipnotis gaya hidup Australia, Mark Stephens, dan seorang ibu yang baru melahirkan, Eva, membahas manfaat cara ini.

Hipnotis dapat menyingkirkan rasa takut yang Anda miliki tentang kelahiran dan mempersiapkan diri Anda, terutama secara mental untuk melahirkan bayi, terutama untuk pertama kali.

Teknik hipnotis ini membantu kontraksi karena mengurangi rasa sakit, menurut seorang ibu yang mengklaim, bahwa itu semua tergantung keadaan mental Anda.

Selain dengan cara hipnotis,  kata Mark, bisa juga dengan meditasi yang memungkinkan wanita untuk fokus dan bernapas dengan cara mereka melalui stres dan rasa sakit saat melahirkan, dan dapat menyebabkan wanita menjadi jauh lebih tenang.

“Ini tentang belajar bagaimana bermeditasi dan mengubah gagasan rasa sakit menjadi perasaan dan mengubah gagasan kontraksi menjadi gelombang,” kata Mark, seperti dikutip dari dailymail.co.uk, Senin, 22 Januari 2018.

Karena setiap gelombang ikut bernapas, dengan begitu di antara gelombang-gelombang itu (kontraksi), ini adalah pernapasan yang sadar, meditasi yang penuh perhatian.

Mark menjelaskan bahwa ketika kontraksi itu datang, wanita harus bernapas dalam-dalam dan saat mereka berada dalam keadaan seperti itu, tubuh mereka melepaskan serotonin dan endorfin sekaligus mengurangi kortisol dan adrenalin.

“Saya yang terakhir mengalami kontraksi, saya akan sebut sebuah tsunami, ketika anak saya belajar terlahir ke dunia, jadi kami sangat menyukai pengalaman itu,” tutur Eva.

Dia juga percaya bahwa menggunakan teknik ini mengurangi rasa sakitnya sekitar 80 persen.

Mark mendorong penggunaan teknik visualisasi dan mengatakan bahwa seorang ibu harus memikirkan tempat yang menyenangkan.

“Jelas dokter Anda adalah profesional di ruangan itu dan tujuan utamanya adalah untuk mewujudkan keamanan ibu dan bayi, sehingga Anda perlu mendengarkannya. Tapi teknik ini bisa membuat Anda merasa lebih tenang,” jelas Mark.

Meskipun mungkin tidak semua dapat diterapkan untuk setiap ibu, Mark percaya bahwa setiap ibu dapat memperoleh manfaat dari mempelajari teknik hubungan, pernapasan, dan meditasi dalam proses melahirkan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi