Terbit: 6 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada banyak cara mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan. Salah satu yang cukup populer adalah dengan clean eating. Selain dapat menurunkan berat badan, clean eating juga dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan kualitas tidur, membuat kulit lebih sehat dan menjaga kesehatan mental.

Tips Memulai Pola Makan Clean Eating

Konsep dari clean eating adalah makan makanan dalam bentuk yang paling dekat dengan bentuk aslinya, sealami mungkin. Dalam clean eating, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan olahan seperti sosis, dan kornet, juga menghindari gula, garam, saus dan kecap. Misalnya jika Anda ingin makan anggur, maka makanlah buah anggur dan bukan permen atau minuman sari anggur kemasan. Begitu juga jika Anda ingin makan ayam, makanlah dada ayam yang direbus, dan bukan makanan olahan seperti bakso atau nugget ayam.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba clean eating, ada beberapa tips yang bisa Anda coba, seperti dilansir dari WebMD:

Pilih karbohidrat alami
Karbohidrat olahan seperti pasta dan roti tawar putih akan kehilangan nutrisi selama masa pengolahan. Ganti karbohidrat Anda dengan jagung, atau roti gandum utuh yang minim bahan pengawet.

Perbanyak buah dan sayuran alami
Beberapa pendapat menyebutkan saat clean eating Anda hanya boleh makan buah dan sayuran alami, namun sebagian pendapat menyebutkan bahwa Anda boleh saja makan buah-buahan atau sayuran yang disimpan di kulkas karena memiliki nutrisi yang sama, asalkan buah dan sayuran tersebut masih dalam kondisi yang baik dan tidak layu.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Kurangi gula dan garam tambahan
Makanan olahan mengandung gula dan garam yang tinggi, sehingga makanan ini tidak cocok dengan konsep clean eating. Begitu juga dengan kecap, saus tomat dan penyedap rasa lainnya. Jika Anda sulit untuk makan makanan tanpa bahan penyedap rasa kemasan, pastikan Anda membaca dulu label dalam kemasan untuk mengetahui jumlah kadar gula dan garamnya.

Perhatikan minuman Anda
Minuman kemasan juga mengandung banyak gula. Kalau Anda sedang ingin minum makanan manis, sebaiknya hindari minuman soda, jus kemasan, dan minumlah air putih atau teh herbal. Bosan dengan rasa air putih? Tambahkan potongan buah seperti strawberry, jeruk atau daun mint agar minuman Anda lebih kaya rasa namun tetap sehat alami.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi