Terbit: 16 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Olahraga merupakan aktivitas yang cukup melelahkan karena kita mengeluarkan energi yang tidak sedikit. Namun, di balik itu semua olahraga ternyata sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, apalagi jika dilakukan secara rutin.

Tips Mudah untuk Memulai Olahraga dan Melakukannya Secara Rutin

Selain itu, rutin berolahraga juga bisa membuat tubuh terbentuk menjadi lebih ideal. Sayangnya, tidak sedikit orang yang malas untuk memulai olahraga dan melakukannya secara rutin. Alasannya monoton, yakni melelahkan. Hal itulah yang menyebabkan kebanyakan orang menjadi malas berolahraga.

Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda sehingga Anda tidak malas lagi untuk berolahraga.

1. Komitmen

Olahraga tidak akan berjalan jika Anda tidak memiliki niat dan komitmen yang kuat. Tanamkan niat dan komitmen Anda untuk berolahraga sedikitnya 20 menit setiap hari. Minggu pertama dan kedua Anda akan mengalami banyak godaan. Namun, jika niat dan komitmen sudah tertanam sangat kuat dalam benak dan pikiran, maka godaan seperti apapun tidak mampu menggoyahkannya.

2. Jadikan Olahraga Sebagai Aktivitas yang Menyenangkan

Untuk memulai olahraga, Anda bisa memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh Anda. Dan yang paling penting adalah pilih jenis latihan yang Anda sukai. Dengan begitu, Anda bisa melakukannya tanpa merasa terbebani sehingga olahraga akan menjadi kebiasaan yang menyenangkan setiap hari.

3. Ajak Teman

Bagi Anda yang tidak suka melakukan aktivitas seorang diri, termasuk olahraga, sebaiknya Anda mengajak teman yang bisa berolahraga bersama. Carilah teman yang juga memiliki jenis olahraga yang sama dengan Anda. Dengan begitu, olahraga yang Anda lakukan bersamanya akan semakin terasa menyenangkan. Jangan lupa juga untuk mengajaknya berkomitmen agar bisa selalu berolahraga secara rutin.

4. Olahraga di Waktu Senggang

Pilihan waktu terbaik untuk olahraga adalah di pagi hari. sebab, di waktu tersebut tubuh Anda masih segar dan fit setelah bangun tidur. Sehingga, olahraga yang Anda lakukan tidak akan terasa melelahkan. Akan tetapi, bagi Anda yang tidak bisa bangun pagi, Anda juga bisa melakukannya di sore hari setelah pulang kerja. Yang perlu diingat adalah lakukan olahraga di waktu senggang yang memungkinkan Anda tidak melakukan hal yang penting.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi