DokterSehat.Com– Ibu hamil yang saat ini sudah memasuki trimester ketiga tentu sudah tak sabar untuk menantikan kehadiran Si Kecil di pelukan Anda.

doktersehat-kehamilan-hamil

Pastinya Anda juga sudah menyiapkan beberapa perlengkapan persalinan dan perlengkapan bayi lainnya.

Nah, untuk Anda yang bekerja kantoran, salah satu yang penting juga disiapkan adalah pengajuan cuti melahirkan.

Hal ini diperlukan agar agar pekerjaan kantor tetap berjalan lancar ketika Anda sedang fokus pada persalinan dan merawat bayi.

Dilansir dari laman hbr, untuk memudahkan Anda mempersiapkan pengajuan cuti hamil ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Bicara pada atasan

Sejak awal kehamilan, sampaikan pada atasan Anda bahwa Anda sedang hamil. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengaturan pekerjaan ketika Anda harus lembur, sakit atau butuh istirahat, dan sebagainya.

2. Riset tentang cuti kehamilan
Kebijakan mengenai cuti hamil dan melahirkan bisa berlaku berbeda-beda di setiap perusahaan. Cari tahu berapa lama waktu cuti hamil, kapan bisa diambil dan hak apa saja yang bisa Anda dapatkan selama menjalani cuti hamil.

3. Bicara pada HRD

Bicarakan dengan HRD mengenai rencana cuti melahirkan Anda dan kapan batas waktu pengajuannya agar tim HRD dapat memproses cuti hamil Anda.

4. Siapkan pengganti Anda
Sebelum mulai cuti, umumnya atasan sudah menunjuk seseorang untuk menggantikan pekerjaan Anda.

Berikan catatan kecil yang detil dan lengkap mengenai apa saja yang harus diselesaikan selama cuti, nomor telepon penting yang berhubungan dengan pekerjaan, dan hal-hal penting lain yang dapat memudahkan pekerjaan pengganti Anda.

5. Rapikan meja Anda

Semakin dekat dengan tanggal mulai cuti, sebaiknya rapikan meja Anda dan usahakan untuk tidak meninggalkan barang-barang pribadi dan berharga ibu di kantor.

Bereskan pekerjaan penting Anda, balas e-mail kantor dan klien secepatnya sehingga Anda dapat meninggalkan kantor dengan tenang,

Meski terkesan sepele, namun jika tidak diperhatikan dengan baik proses pengajuan cuti hamil Anda dapat mengganggu persiapan kelahiran bayi.

Untuk itu, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk mencari tahu dan memproses cuti hamil Anda dengan baik.

Selamat cuti melahirkan ya, Moms!