8 Tips Memilih Skincare yang Aman dan Tepat

tips-memilih-skincare-doktersehat

DokterSehat.ComSkincare bukan hanya menjadi tren saja, tapi juga merupakan sebuah kebutuhan. Skincare juga sering kali disebut sebagai ‘investasi’ untuk tetap memiliki kulit yang tetep sehat dan awet muda di kemudian hari. Di sisi lain skincare juga bisa merusak kulit seseorang jika penggunaannya tidak tepat. Yuk, simak tips memilih skincare yang aman dan tepat berikut ini!

Tips Memilih Skincare

Skincare terdiri dari berbagai macam jenis. Aman atau tidaknya skincare untuk kulit Anda dipengaruhi oleh berbagai faktor. Skincare dapat bekerja dengan baik pada kulit apabila skincare tersebut ‘cocok’ dengan karakter dan kebutuhan kulit tersebut. Berikut adalah 7 tips memilih skincare yang aman dan tepat!

1. Pilih skincare sesuai dengan jenis kulitmu

Tips memilih skincare yang tepat adalah menyesuaikan jenis dan karakter kulit Anda. Paling tidak terdapat 5 jenis kulit antara lain yaitu:

  • Normal
  • Oily (berminyak)
  • Dry (kering)
  • Combination (kombinasi)
  • Sensitif

Umumnya setiap jenis skin care sudah memiliki klaim untuk jenis kulit tertentu. Jenis kulit normal umumnya kebutuhan skincare-nya lebih sederhana. Meskipun begitu, jenis kulit ini tetap membutuhkan perawatan rutin.

Sedangkan kulit kombinasi umumnya diharuskan menggunakan dua skincare yaitu menggunakan skincare untuk kulit kering di bagian kulit yang kering dan skincare untuk kulit berminyak untuk bagian wajah yang berminyak. Umumnya kulit kombinasi terdiri dari kulit wajah kering dengan kombinasi T-zone yang berminyak.

2. Sesuaikan dengan masalah kulit

Selain tipe kulit, tentunya setiap orang juga memiliki permasalahan kulit masing-masing.

Contohnya seperti jerawat, baik kulit berminyak maupun kering, keduanya sama-sama berpotensi untuk berjerawat. Formula yang digunakan untuk menghilangkan jerawat atau untuk memutihkan kulit tentunya berbeda. Maka dari itu, menyesuaikan masalah kulit juga merupakan cara memilih skincare yang tepat untuk wajah Anda.

Jika menggunakan skincare yang tidak tepat dengan permasalahan yang dihadapi, ditakutkan akan timbul efek samping tertentu pada kulit Anda.

3. Teliti melihat komposisi produk

Cara memilh skincare yang aman selanjutnya adalah dengan melihat dengan teliti pada komposisi produk.

Cara ini dapat membantu Anda apabila tidak terdapat keterangan jelas produk tersebut ditujukan untuk jenis kulit apa. Melihat komposisi produk juga dapat menghindarkan Anda dari reaksi alergi yang mungkin terjadi. Kulit normal cenderung tidak memiliki pantangan produk yang perlu dihindari. Sedangkan untuk kulit berminyak, disarankan untuk menghindari produk oil-based.

Kulit kering disarankan untuk menghindari produk dengan kandungan alkohol dan kulit sensitif disarankan untuk menghindari produk dengan pewangi dan juga alkohol dan seterusnya. Jadi setelah Anda mengetahui karakter kulit Anda, jangan lupa untuk mencari tahu bahan skincare apa saja yang baik dan yang sebaiknya dihindari oleh kulit Anda.

4. Pilih produk dengan kandungan sunscreen

Tips memilih skincare selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah memilih skincare dengan kandungan sunscreen.

Bahkan jika hari sedang mendung, perlindungan kulit terhadap sinar UV tetap dibutuhkan. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih produk pelembap ber-SPF untuk digunakan sehari-hari. Perlu diketahui juga bahwa sunscreen tidak dapat bertahan seharian di kulit, sehingga pergunakanlah sunscreen sesuai dengan petunjuk yang disarankan.

5. Perhatikan tanggal expired

Produk skincare dan makeup umumnya memiliki masa expired bergantung pada pertama kali kita membuka kemasannya.

Rata-rata produk tersebut memiliki masa 6 hingga 12 bulan sebelum expired, ada juga beberapa produk yang expired dalam waktu 24 bulan.

Skincare yang sudah expired tentunya bukan hanya tidak akan bekerja dengan baik, tapi dapat juga memberikan efek samping pada kulit Anda. Jika skincare yang Anda miliki tidak lagi digunakan, sebaiknya segera buang atau berikan pada orang terdekat yang sudah pasti cocok menggunakan skincare tersebut.

Hal ini tentunya hanya berlaku untuk skincare yang dijual bebas, sedangkan skincare yang didapatkan dari resep dokter tidak boleh digunakan oleh orang lain selain Anda.

6. Pastikan skincare memiliki izin BPOM

Salah satu cara memilih skincare yang aman lainnya adalah dengan melihat pada adanya izin edar BPOM pada kemasan produk.

Produk yang belum lulus uji BPOM mungkin tidak semuanya berbahaya, namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya produk-produk tersebut dihindari.

Beberapa produk juga mungkin memalsukan izin BPOM, sebaiknya waspada apabila membeli produk skincare di toko online maupun toko yang bukan merupakan toko resmi produk skincare tersebut.

7. Bijak dalam menggunakan skincare alami

Produk skincare alami belum tentu baik, terutama skincare alami yang kita racik sendiri.

Perlu diketahui bahwa terkadang bahan alami yang digunakan sebagai skincare belum diketahui efek sampingnya, terutama efek samping jangka panjang. Skincare alami boleh digunakan sesekali dan asalkan kulit Anda tidak bereaksi negatif terhadap skincare tersebut.

8. Lihat reaksi kulit

Reaksi kulit setiap orang pada skincare yang sama dapat berbeda-beda.

Jika Anda memiliki kulit kering, belum tentu semua skincare yang cocok dengan pemilik kulit kering dapat cocok di kulit Anda. Tips memilih skincare selanjutnya adalah dengan memerhatikan reaksi kulit Anda.

Umumnya skincare juga tidak memberikan reaksi secara langsung. Berhasil atau tidaknya suatu skincare dapat memakan waktu beberapa minggu atau bahkan dalam hitungan bulan. Maka dari itu, jangan mengharapkan hasil yang instan dari skincare tertentu. Asalkan skincare tersebut tidak memberikan efek negatif, gunakanlah secara rutin dan lihat hasilnya dalam waktu beberapa bulan.

Itu dia beberapa tips memilih skincare yang aman dan tepat untuk kulit Anda. Sebaiknya gunakan skincare dengan bijak dan hati-hati, karena skincare seharusnya menjadi ‘investasi’ yang menguntungkan dan bukan merugikan Anda dikemudian hari.