Cara dan Tips Memilih Sikat Gigi Anak yang Cocok untuk Si Kecil

sikat-gigi-anak-yang-lembut-doktersehat
Image by Jenny Friedrichs from Pixabay

DokterSehat.Com – Sikat gigi adalah hal penting yang perlu ada agar gigi anak bersih dan terawat. Namun, masih banyak ibu yang belum tahu cara memilih sikat gigi anak yang benar. Seharusnya para ibu mengetahui cara dan tips memilih sikat gigi anak yang tepat.

Kekeliruan dalam memilih sikat gigi anak malah berakibat fatal pada gigi anak. Anda tak ingin gigi anak kotor dan berlubang bukan? Sikat gigi anak yang lembut tidaklah cukup. Oleh karena itu, simak cara dan tips memilih sikat gigi anak yang tepat.

Bagaimana cara memilih sikat gigi anak yang benar?

Masih banyak ibu terutama ibu yang baru memiliki anak merasa kebingungan bagaimana cara memilih sikat gigi anak yang benar. Pemilihan sikat gigi untuk anak haruslah tepat. Hal ini penting karena cukup memengaruhi kondisi gigi anak dan kebiasaan menyikat gigi.

Inilah beberapa cara memilih sikat gigi anak yang perlu diketahui oleh para orang tua:

1. Sikat gigi anak berdasarkan usia

Car memilih sikat gigi anak yang utama adalah memilih sesuai usianya. Sikat gigi anak memiliki beberapa pilihan desain yang sudah disesuaikan sesuai usia anak karena kemampuannya berbeda-beda.

Ini penting karena akan membantu anak dalam menyikat gigi. Sebagai contoh, anak usia kurang dari satu tahun cocok dipilihkan sikat gigi anak untuk usia 6-8 bulan. Biasanya, sikat gigi awalan itu batangnya berukuran pendek seukuran satu ruas jari ibu.

Baca Juga: Cara Merawat Gigi Bayi Usia 0-24 Bulan

Selain itu, sikat gigi tersebut tidak memiliki gagang tetapi memiliki rongga berbahan silikon. Rongga dengan ujung tertutup itu bisa dimasukkan ke dalam jari Anda. Jari Anda berfungsi sebagai pegangannya.

Sikat gigi tersebut bermanfaat untuk membersihkan gigi anak yang baru tumbuh di awal-awal waktu dan sudah masuk MPASI. Ketika nanti anak sudah lebih dari usia tersebut, maka sikat gigi tersebut sudah tidak cocok dan perlu dipilihkan sikat gigi yang lebih cocok.

Jadi ketika nanti Anda sedang membeli sikat gigi anak, jangan lupa untuk memilih sikat gigi sesuai usianya!

2. Jenis dan bahan bulu sikat gigi

Saat Anda sudah memilih sikat gigi anak sesuai usianya, maka cara langkah selanjutnya adalah memilih bulu sikat yang cocok untuk anak. Pilihlah sikat gigi anak dengan bulu-bulu yang lembut.

Pasalnya, bulu sikat gigi anak yang lembut akan membuat si kecil nyaman saat menyikat gigi. Anak Anda tidak akan merasa sakit karena bulu-bulu sikat gigi yang keras bahkan membuat gusinya berdarah.

Di samping itu, sebaiknya pilih bulu sikat berbahan nilon daripada bulu alami. Hal ini dikarenakan bulu sikat gigi yang terbuat dari bahan nilon lebih membersihkan gigi anak jika dibandingkan bulu alami.

3. Kepala sikat gigi

Pernahkah Anda melihat bahwa kebanyakan sikat gigi anak terutama untuk anak yang masih kecil memiliki ukuran kepala sikat yang lebih kecil? Ini bagus karena ukuran kepala sikat gigi yang kecil bisa menjangkau mulut dan gigi anak hingga ke bagian belakang.

Pilihlah sikat gigi anak yang memiliki bentuk bulat. Bentuk sikat gigi anak yang bulat juga membantu jangkauan penyikatan yang lebih luas. Anda juga perlu memilih sikat gigi anak yang bagian kepalanya dilapisi karet agar gusi anak tidak terluka saat tidak sengaja tertekan.

4. Ukuran pegangan sikat gigi

Cara memilih sikat gigi anak yang tepat adalah melihat ukuran pegangan sikat gigi. Pilihlah sikat gigi anak dengan pegangan yang cukup besar. Pegangan sikat gigi yang besar dapat membantu anak ketika sedang menyikat gigi sendiri.

5. Permukaan sikat gigi

Permukaan sikat gigi untuk anak juga perlu diperhatikan. Carilah sikat gigi anak yang memiliki permukaan lembut, rata, dan tidak tajam. Ini bisa mencegah anak terluka dan berdarah ketika sedang menyikat gigi.

6. Daya tarik sikat gigi

Dunia anak-anak selalu diisi dengan hal-hal yang menarik perhatiannya. Tidak hanya mainan anak, sikat gigi anak pun perlu dicarikan yang menarik. Sebaiknya Anda memilih sikat gigi anak denga pilihan warna yang menarik.

Selain itu, pilihkan juga sikat gigi dengan gambar yang lucu dan disukainya. Hal ini perlu diterapkan karena bisa meningkatkan minat dan kerajinan anak untuk menyikat giginya. Terlebih lagi, apabila anak Anda sulit untuk diajak sikat gigi.

Sikat gigi anak yang lucu dan menarik bisa meningkatkan motivasi anak untuk sikat gigi. Sebagai contoh, jika anak Anda suka terhadap karakter film kartun tertentu, maka usahakan untuk mencari sikat gigi dengan desain karakter film kartun tersebut.

Baca Juga: Penyebab Gigi Anak Rusak Karena Salah Memilih Sikat Gigi Anak?

Tips memilih sikat gigi anak yang benar

Anda telah mengetahui dan memahami kriteria memilih sikat gigi yang tepat untuk anak. Kini saatnya Anda mengetahui beberapa tips memilih sikat gigi anak yang tepat. Informasi tersebut bisa membantu Anda secara praktis memilih sikat gigi yang cocok bagi anak.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih sikat gigi anak yang benar:

  1. Pilihlah sikat gigi anak sesuai usia
  2. Pilihlah sikat gigi anak dengan bulu lembut berbahan nilon
  3. Pilihlah sikat gigi anak yang memiliki bentuk kepala kecil dan bulat
  4. Pilihlha sikat gigi anak dengan bagian kepala dilapisi bahan karet
  5. Pilihlah sikat gig anak dengan permukaan lembut, rata, dan tidak tajam
  6. Pilihlah sikat gigi anak dengan desain yang lucu, menggemaskan, dan menarik

Itulah beberapa tips memilih sikat gigi anak yang benar. Semoga tips-tips tersebut bisa membantu Anda untuk menemukan sikat gigi yang cocok bagi anak sehingga si kecil mudah dan suka diajak sikat gigi.