Saat gigi pertama anak Anda sudah terlihat, itu berarti sudah waktunya Anda sebagai orang tua untuk mengajarkannya menyikat gigi. Akan tetapi sikat gigi macam apa yang sebaiknya digunakan anak kecil untuk mencapai kesehatan mulut yang ideal? Simak penjelasan lengkap mengenai cara memilih sikat gigi untuk anak yang benar di bawah ini.

cara-memilih-sikat-gigi-untuk-anak-doktersehat

Cara Memilih Sikat Gigi untuk Anak

Setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan sikat gigi mana yang harus mereka gunakan tergantung pada kebutuhannya. Pada umumnya, seorang anak kecil suka dengan sikat gigi yang memiliki warna cerah dan terdapat gambar dari karakter kartun. Sikat gigi yang tepat dapat membantu anak untuk menikmati aktivitas menyikat gigi. Lantas, apa pilihan terbaik untuk anak Anda?

Berikut adalah beberapa cara memilih sikat gigi untuk anak yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Berdasarkan Usia

Cara memilih sikat gigi untuk anak yang utama adalah memilih sesuai usianya. Sikat gigi anak memiliki beberapa pilihan desain yang sudah disesuaikan berdasarkan usia. Usia menjadi penting karena akan membantu anak dalam menyikat gigi.

Ketika anak Anda mencapai usia 2 tahun, ia mungkin ingin lebih berpartisipasi dalam menyikat. Pilih sikat gigi dengan kepala kecil dan pegangan lembut yang mudah dipegang oleh. Sementara sikat gigi untuk anak-anak berusia antara 5 dan 8 tahun memiliki pegangan yang lebih ramping karena anak-anak di usia ini memiliki ketangkasan lebih.

Seorang anak berusia antara 5 dan 8 tahun dapat melakukan pekerjaan menyikat yang lebih baik, tetapi Anda masih perlu mengawasi dan mungkin perlu membantu membersihkan area-area yang sulit dijangkau.

Banyak sikat gigi untuk anak-anak dalam rentang usia ini di desain dengan karakter TV,  film populer, hewan, dan desain menyenangkan lainnya. Pilih sikat gigi yang disukai anak sehingga ia akan menantikan untuk menggunakannya.

Anak-anak yang berusia 8 tahun atau lebih tua dapat menyikat gigi sendiri. Sikat gigi untuk anak yang lebih besar mirip dengan sikat gigi orang dewasa, tetapi kepala sikatnya sedikit lebih kecil dan pegangannya lebih besar.

2. Jenis dan Bahan Bulu Sikat Gigi

Saat Anda sudah memilih sikat gigi anak sesuai usianya, maka cara memilih sikat gigi untuk anak selanjutnya adalah memilih bulu sikat yang cocok untuk anak. Pilihlah sikat gigi anak dengan bulu-bulu yang lembut. Pasalnya, bulu sikat gigi anak yang lembut akan membuat si kecil nyaman saat menyikat gigi.

Di samping itu, sebaiknya pilih bulu sikat berbahan nilon daripada bulu alami. Hal ini dikarenakan bulu sikat gigi yang terbuat dari bahan nilon lebih membersihkan gigi anak jika dibandingkan bulu alami.

Ada banyak opsi untuk bulu sikat gigi. Biasanya, Anda dapat menemukannya dalam kategori hard, medium, dan soft. Untuk sikat gigi pertama, pilihlah bulu yang lembut. Kebanyakan dokter gigi merekomendasikan bulu yang lembut dan bulat untuk membersihkan gigi efektif yang tidak akan memperburuk gusi yang sensitif.

Cari bulu yang berbentuk bulat. Bulu yang bentuknya lebih bersudut lebih rentan terhadap keretakan dan bisa keras pada gusi yang sensitif.

Baca Juga: Cara Merawat Gigi Bayi Usia 0-24 Bulan

3. Mudah Digenggam

Cara memilih sikat gigi untuk anak berikutnya adalah berdasarkan pegangan sikat gigi. Gagang sikat gigi memiliki beragam bentuk dan ukuran. Tidak ada aturan yang pasti untuk memilih pegangan sikat gigi yang tepat. Sebaliknya, Anda harus fokus untuk menemukan pegangan yang paling nyaman untuk dipegang oleh anak.

Jika sikat gigi tidak nyaman bagi anak untuk dipegang, kecil kemungkinan anak akan mau menyikat gigi lagi. Memilih pegangan sikat gigi yang tepat juga memberi mereka lebih banyak kontrol, yang berarti mereka akan dapat menyikat gigi dengan lebih efektif. Pilih pegangan yang terbuat dari karet karena membuatnya lebih mudah digenggam.

4. Sikat Gigi Elektrik

Sikat gigi elektrik cocok untuk anak-anak selama Anda mengikuti panduan yang sama seperti yang Anda lakukan untuk sikat gigi manual. Pastikan untuk membeli sikat dengan kepala yang kecil dan bulu halus.

Sering kali, sikat gigi elektrik memiliki gagang besar yang bisa sulit digenggam oleh anak-anak. Cari model yang lebih ramping atau yang dirancang khusus untuk anak-anak, untuk memastikan si kecil memiliki kontrol penuh terhadap sikat gigi.

Manfaat tambahan dari sikat gigi elektrik adalah bahwa sikat gigi itu memiliki desain dengan tema-tema yang menyenangkan anak kecil. Sikat gigi elektrik juga dapat membantu memastikan anak Anda menyikat gigi untuk waktu yang tepat.

Sebagian besar sikat gigi akan mati setelah dua menit, hal ini menandakan bahwa mereka harus terus menyikat gigi sampai sikat gigi mati. Apapun yang akan meningkatkan minat anak untuk menyikat gigi bisa menjadi strategi yang efektif.

Baca Juga: Penyebab Gigi Anak Rusak, Bisa karena Salah Memilih Sikat Gigi Anak?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Sikat Gigi?

Setelah Anda mengetahui berbagai cara memilih sikat gigi untuk anak seperti di atas, hal penting lainnya yang harus diketahui adalah kapan waktu yang tepat untuk mengganti sikat giginya. Setelah banyak digunakan, bulu pada sikat gigi bisa kehilangan bentuk.

Setelah Anda melihat kepala sikat gigi kehilangan bentuknya atau bulu-bulu yang patah, saatnya untuk membeli sikat gigi pengganti. Ini biasanya terjadi setelah sekitar 3 bulan penggunaan. Menggunakan bulu yang cacat atau usang membuat sikat gigi menjadi kurang efektif.

Pentingnya Menyikat Gigi Pada Anak

Seorang anak harus diajari untuk membersihkan giginya dua kali sehari, hal itu untuk memastikan tidak ada makanan yang tersisa di antara sela-sela gigi. Terlepas dari usia anak atau sikat gigi yang digunakan kesehatan mulut harus dijaga dengan rutin menyikat gigi.

Biasakanlah anak untuk menyikat gigi sebanyak dua kali sehari. Jika aktivitas ini sudah dilakukan sejak dini, hal itu akan semakin mudah untuk membuatnya menyikat gigi secara rutin. Rutinitas menyikat gigi sebaiknya didampingi oleh orang dewasa hingga usia 6 tahun. Setelah melewati usia tersebut, anak sudah bisa dibiarkan untuk menyikat gigi secara mandiri.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Antonius Hapindra Kasim

 

  1. What toothbrush should my children use?. https://www.nationaldentalcare.com.au/what-toothbrush-should-my-children-use/. (Diakses pada 17 Februari 2020).
  2. How to Select the Right Toothbrush for your Child. https://www.sipediatricdentistry.com/2016/03/04/select-right-toothbrush-child/. (Diakses pada 17 Februari 2020).
  3. Buying Your Child’s First Toothbrush: What to Look For. https://childrensedationdentist.com/buying-childs-first-toothbrush-look/. (Diakses pada 17 Februari 2020).
  4. Which Toothbrush Is Right for Your Child. http://www.ctkidsdentist.com/ps-which-toothbrush-is-right-for-your-child.php. (Diakses pada 17 Februari 2020).