Terbit: 25 November 2019 | Diperbarui: 26 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sepatu merupakan salah satu pelengkap penampilan yang penting bagi balita. Selain untuk melindungi kaki, salah memilih sepatu dapat menyebabkan gangguan cara berjalan yang dapat berlanjut hingga dewasa.

Tips Memilih Sepatu yang Aman Untuk Balita

Tips memilih sepatu untuk balita

Penting untuk memilih sepatu yang nyaman untuk balita. Anak usia balita mungkin tidak semua bisa mengungkapkan ketidaknyamanannya soal sepatu. Karena itu penting bagi orang tua untuk memilih sepatu yang nyaman digunakan. Beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih sepatu balita antara lain:

1. Pilih ukuran yang pas
Cara paling mudah untuk menentukan ukuran kaki balita yang pas adalah dengan menjiplak gambar kaki balita di atas kertas. Caranya, minta balita Anda berdiri di atas kertas, lalu jiplak kakinya dengan pensil atau bolpen. Setelah itu ukur panjang punggung kaki, pergelangan kaki dan telapak kaki untuk menentukan ukuran yang pas bagi kaki si kecil.

2. Pilih bahan dan jahitan yang lembut
Pilih bahan yang lembut seperti kulit atau kanvas agar kaki bayi tidak sakit saat melangkah. Pegang dan perhatikan baik-baik apakah bahan terasa lentur dan lembut. Sepatu yang terlalu kaku dapat membuat kaki terasa sakit.

3. Pilih sepatu dengan sol yang kokoh
Hindari sepatu dengan sol licin untuk menghindari anak jatuh terselip. Cara jalan balita umumnya belum sempurna sehingga ia butuh sol yang kokoh untuk mencegah balita cedera.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

4. Hindari model tali
Untuk anak usia balita sebaliknya hindari model tali karena dapat tersangkut atau terjatuh. Sepatu dengan model slip on, perekat velcro, atau tali elastis terbilang lebih aman dibanding dengan sepatu bertali.

5. Pilih sepatu yang ringan
Pilih sepatu yang ringan dipakai di kaki. Sepatu yang terlalu berat dapat mengganggu cara jalan anak dan dapat menyebabkan anak terjatuh.

Nah Bunda, ada tips lain yang berguna saat memilih sepatu anak? Silakan berbagi di kolom komentar ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi