Jangan Sembarangan! Ini 5 Tips Memilih Sepatu Olahraga untuk ke Gym

sepatu-olahraga-doktersehat

DokterSehat.Com – Menggunakan sepatu yang nyaman ketika berolahraga adalah hal yang sangat penting. Pemilihan sepatu olahraga yang tepat akan berguna untuk memudahkan kita dalam bergerak dan juga menurunkan risiko cedera.

Ketika melakukan latihan fitnes di gym Anda juga tidak bisa mengabaikan jenis sepatu yang akan Anda gunakan. Gerakan fitnes yang beragam juga mengharuskan Anda untuk terus menyesuaikan sepatu olahraga yang akan Anda gunakan,

Berikut adalah 5 tips memilih sepatu olarraga untuk ke gym yang bisa Anda terapkan!

1. Ukuran Sepatu Olahraga Harus Pas

Sebagian orang merasa sepatu kebesaran lebih nyaman digunakan daripada sepatu yang pas di kaki. Tapi dalam memilih sepatu olahraga, Anda sebaiknya memilih sepatu yang benar-benar pas di kaki Anda agar lebih memudahkan Anda untuk bergerak. Ciri-ciri sepatu olahraga pas di kaki yang baik untuk gym adalah sebagai berikut:

  • Tetap nyaman dipakai ketika sedang berjalan atau berlari. Jangan merasa langsung puas ketika sepatu nyaman dipakai saat Anda hanya diam berdiri saja ketika mencobanya.
  • Jari-jari kaki Anda dapat bergerak dengan bebas dan leluasa.
  • Pas digukan bersama kaos kaki yang biasa Anda gunakan untuk gym.

2. Beli Sepatu di Waktu yang Tepat

Ternyata membeli sepatu tidak bisa sembarang waktu. Ada beberapa waktu di mana kaki Anda tidak menunjukkan ukuran aslinya. Seperti ketika pagi hari ketika kita belum mulai beraktivitas, biasanya kaki akan menunjukkan ukuran yang lebih kecil. Setelah kita beraktivitas seharian dan membuat peredaran darah di kaki semakin lancar, barulah kaki menunjukkan ukuran yang lebih besar.

Banyak ahli kesehatan maupun fashion yang menyarankan untuk membeli sepatu di sore hari menjelang malam. Hal ini penting diperhatikan ketika ingin membeli sepatu olahraga karena ketika olahraga kita akan banyak bergerak dan tentunya kaki kita tidak akan menunjukkan ukuran terkecilnya.

baca juga : Sebelum Fitness, Perhatikan Dulu Hal Berikut ini!

3. Sesuaikan Sepatu dengan Jenis Latihan

Latihan di gym memilki jenis yang beragam dengan manfaat yang berbeda-beda. Pemilihan sepatu olahraga yang digunakan ternyata juga harus disesuaikan dengan latihan yang Anda pilih.

Berikut adalah beberapa latihan gym beserta pemilihan jenis sepatu olahraga yang paling cocok:

Angkat beban

Ketika latihan angkat beban, Anda membutuhkan tumpuan yang kokoh di lantai. Jangan pilih sepati hi-tech dengan sol yang tebal, sebaiknya pilihlah sepatu bersol datar agar Anda bertumpu sepenuhnya pada lantai.

Latihan kardio dan kekuatan

Latihan kardio dan kekuatan mengharuskan Anda menggunakan sepatu yang fleksibel namun cukup kuat digunakan untuk lompatan dan juga gerakan konstan lainnya. Pilihan jenis sepatu cross trainer minimalis dengan ruang kaki yang lebar bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Jenis cross trainer juga masih direkomendasikan jika Anda melakukan latihan campuran, seperti memadukan kardio dengan sedikit latihan angkat beban.

Threadmill

Jika Anda adalah orang yang hanya fokus pada latihan threadmill saat di gym, sebaiknya Anda menjadikan running shoes sebagai pilihan Anda. Pilihlah sepatu yang tipis, ringan, dan juga fleksibel yang dapat membuat Anda bebas menggerakkan kaki Anda.

Zumba atau aerobik

Zumba dan aerobik juga menjadi latihan favorit di gym. Ketika Anda ingin memalukan zumba, aerobik dan juga latihan berbasis tari lainnya, pilih sepatu olahraga khusus dengan alas yang tidak terlalu tipis. Tapi jika Anda sudah cukup mahir, Anda bisa menggunakan sepatu olahraga dengan sol yang lebih tipis untuk fleksibilitas yang lebih tinggi.

4. Perhatikan Gaya Berjalan Anda

Gaya berjalan seseorang ternyata juga berpengaruh pada sepatu olahraga yang Anda gunakan. Kebutuhan sepatu orang yang berjalan dengan bertumpu pada tumit, tentunya berbeda dengan kebutuhan sepatu orang yang berjalan dengan tumpuan jari. Anda bisa berdiskusi dengan penjual sepatu untuk memilih jenis sepatu olahraga untuk gym seperti apa yang lebih cocok untuk Anda.

5. Tidak Harus Mahal

Tips memilih sepatu olahraga selanjutnya adalah jangan selalu berpatok dengan harga yang tinggi. Ada benarnya memang jika barang dengan harga tinggi memilki kualitas yang juga bagus, tetapi hal ini bukan merupakan patokan yang pasti.

Saat memilih sepatu olahraga, Anda sebaiknya lebih mempertimbangkan poin-poin yang sudah disebutkan di atas dibandingkan hanya mementingkan gaya saja.