Terbit: 8 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Olahraga lari merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup diminati oleh kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan lari terbilang sebagai olahraga yang cukup fleksibel, artinya bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa aturan yang mengikat.

Tips Memilih Sepatu Lari Agar Terhindar dari Cedera Kaki

Dengan alasan itulah mengapa begitu banyak orang yang menyukai olahraga yang satu ini. Bahkan mereka sangat antusias dan terobsesi dalam berlari sehingga membeli segala peralatan yang diperlukan, salah satunya sepatu.

Namun, dari berbagai kejadian, banyak yang merasa sepatu larinya tidak bermanfaat dan justru membuat cedera. Tentunya hal itu merupakan sebuah kerugian, baik kerugian materi ataupun kerugian pada fisik. Maka dari itu, alangkah baiknya sebelum membeli sepatu lari, perhatikan terlebih dahulu beberapa tips berikut ini.

1. Pilih Sesuai Ukuran

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran. Ya, sepatu yang baik adalah ketika kaki nyaman saat menggunakannya. Jangan pernah membeli sepatu yang ukurannya kebesaran atau bahkan kekecilan. Sebab, dari berbagai kasus terjadi, kaki menjadi tertekuk dan mengubah struktur tulang akibat penggunaan sepatu yang tidak pas dengan kaki.

2. Pilih Sesuai Bahan

Perlu disadari, kenyamanan dan keselamatan adalah hal utama yang tidak bisa ditawar. Oleh karenanya, pilihlah sepatu yang benar-benar memiliki bahan terbaik. Jangan termakan oleh iklan produk yang super menggoda. Sebab, ketika bahan yang digunakan tidak berkualitas, maka kaki akan berisiko lecet karena gesekan yang terus-menerus. Hal ini akan semakin buruk ketika lecet tersebut menjadi infeksi akibat iritasi bahan dari sepatu itu.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Pilih Sesuai Fungsi

Yang terakhir adalah pilih sepatu yang sesuai dengan fungsinya. Jika Anda ingin berlari, maka pilihlah sepatu lari. Sebab, tidak sedikit orang yang salah memilih sepatu. Mereka menganggap bahwa semua olahraga sama sehingga membeli sepatu olahraga saja sudah cukup. Padahal, sepatu lari berbeda dengan sepatu olahraga lainnya. Untuk itu, perhatikan dulu fungsi dari sepatu tersebut.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi