Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda merupakan salah satu orang penggemar semangka? Semangka merupakan jenis buah yang mengandung banyak air dan memiliki rasa yang cukup segar dan manis. Banyak orang yang gemar megonsumsi semangka karena dianggap dapat menyegarkan tubuh serta bisa membantu orang yang sedang dalam proses penurunan berat badan.

Cara Sederhana Memilih Semangka yang Baik untuk Dikonsumsi

Akan tetapi, saat ingin mengonsumsi buah semangka terkadang banyak yang salah pilih. Ketika dibelah, bukannya mendapatkan buah semangka yang segar, tapi justru mendapatkan buah semangka yang berwarna putih, tidak segar, tidak manis, serta tidak baik untuk dikonsumsi. Tentu saja akan membuat kecewa, bukan? Maka dari itu, berikut ini adalah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memilih buah semangka segar dan baik untuk dikonsumsi.

1. Ukuran Semangka

Sebagian besar orang jika ingin mengonsumsi buah atau makanan lainnya, selalu memilih berdasarkan ukuran. Mereka menganggap bahwa buah yang berukuran besar adalah yang terbaik. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku pada buah semangka. Sebab, buah semangka yang berukuran besar seringkali memiliki kualitas yang jelek. Sedangkan, buah semangka yang berukuran kecil maupun sedang memiliki kualitas terbaik, bahkan teras lebih berat ketika diangkat.

2. Bintik-Bintik

Seperti yang Anda tahu bahwa terdapat bintik-bintik oranye maupun krem pada kulit semangka. Bintik-bintik tersebut menunjukkan bahwa buah semangka tersebut bersentuhan dengan tanah. Perlu Anda ketahui bahwa Anda bisa memilih kualitas semangka berdasarkan bintik-bintik yang terdapat pada permukaan kulit semangka. Namun, Anda hanya bisa menentukan mana yang termasuk semangka terbaik berdasarkan warna bintik-bintiknya saja. Jika warnanya krem maka semangka tersebut masih belum begitu matang, sedangkan jika bintik-bintiknya berwarna oranye, kemungkinan besar semangka tersebut sudah terlalu matang.

3. Laki-Laki dan Perempuan

Tidak hanya manusia dan binatang saja yang memiliki jenis kelamin, buahpun demikian, salah satunya adalah buah semangka. Tahukah Anda, untuk memilih buah semangka yang besar dan baik untuk dikonsumsi bisa dilihat dari jenis kelaminnya? Buah semangka laki-laki berbentuk tinggi dan memanjang, serta cenderung mengandung air yang lebih banyak, sehingga memiliki rasa yang kurang manis. Sedangkan semangka perempuan, lebih muda dan rasanya lebih manis dibanding semangka laki-laki.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi