Tips Memilih TK yang Tepat Untuk Anak

doktersehat tips memilih sekolah TK
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Memilih sekolah bagi anak adalah hal penting bagi orang tua, termasuk mulai dari jenjang taman kanak-kanak (TK). Apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memilih TK bagi anak?

Pertimbangan memilih TK untuk anak

Memilih sekolah anak tentu tidak bisa sembarangan. Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih TK untuk anak antara lain:

1. Lokasi

Lokasi menjadi salah satu pertimbangan penting bagi orang tua saat memilih sekolah anak. Sebaiknya pilih yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. Jarak yang terlalu jauh dapat membuat anak-anak mudah lelah dan malas berangkat ke sekolah.

2. Lingkungan sekitar sekolah

Pilih sekolah dengan lingkungan sekitar yang kondusif untuk belajar. Misalnya, tidak berada di lingkungan yang terlalu ramai, dan memiliki keamanan yang baik. Jika berada di pinggir jalan raya, pastikan TK tersebut memiliki gerbang sekolah dan penjagaan yang baik.

3. Kurikulum dan sistem pengajaran

Yang tidak kalah penting dari memilih sekolah untuk anak adalah kurikulum dan sistem pengajaran. Anda bisa mempelajari kurikulum yang diterapkan di sekolah tersebut, dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan anak. Pilih sekolah yang menerapkan active learning dimana anak-anak lebih ditekankan untuk bermain dan berani mencoba hal baru.

4. Kualitas guru

Kualitas guru juga merupakan salah satu pertimbangan dalam hal memilih TK bagi anak. Perbandingan jumlah guru dengan murid serta kemampuan guru untuk mengajak anak mau ikut belajar, dan mampu merangsang keingintahuan anak bisa menjadi pertimbangan tersendiri.

5. Manfaatkan kesempatan kelas uji coba

Sebelum memutuskan untuk bersekolah di sekolah tersebut, Anda bisa mengajak anak untuk ikut trial class atau kelas uji coba selama beberapa hari. Umumnya setiap sekolah menyediakan program tersebut untuk melihat kemampuan anak, dan apakah anak merasa nyaman berada di sekolah tersebut atau tidak.

Selain pertimbangan di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya sekolah dengan fasilitas yang didapat di sekolah. Lakukan survey ke beberapa sekolah untuk mengetahui perbandingan biaya sekolah yang diperlukan. Tak perlu memaksakan anak masuk ke sekolah mahal karena belum tentu anak merasa nyaman belajar di sekolah tersebut.