DokterSehat.Com– Memiliki kulit sensitif ternyata membuat Anda harus berhati-hati menggunakan produk skincare yang tepat. Salah memilih produk justru akan membuat kulit menjadi bermasalah. Kendati demikian, tentu saja kulit wajib dijaga kelembapannya dengan menggunakan pelembab. Agar tidak salah pilih pelembap, berikut tips memilih pelembap yang tepat untuk kulit sensitif.



Photo Credit: Flickr.com/Karolina Mis

Pilihlah Produk yang Oil-Free

Salah satu cara memilih pelembab untuk kulit sensitif adalah mengetahui label dari pelembap tersebut. Pelembap dengan label oil-free sangat dianjurkan untuk para pemilik kulit sensitif. Dilansir dari laman Beauty RX, produk yang oil-free akan mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori. Apalagi, pori-pori yang tersumbat menjadi penyebab umum dari munculnya komedo dan jerawat.

Hindari Produk yang Mengandung Mineral Oil

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif tentu akan lebih berisiko mengalami iritasi mau pun ruam pada kulit. Maka dari itu hindarilah produk-produk yang mengandung mineral oil. Pasalnya, mineral oil kerap menjadikan kulit lebih kering. Kondisi yang demikian tentu saja akan membuat kulit lebih berisiko mengalami iritasi mau pun reaksi alergi.

Gunakan Pelembap yang Mengandung SPF

Kulit sensitif memang lebih rentang mengalami masalah kulit. Tidak heran jika Anda harus memilih pelembap yang mengandung bahan pelindung kulit. Salah satunya adalah SPF. SPF sendiri berfungsi untuk mencegah efek buruk radikal bebas. Tidak hanya dari sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB, tetapi juga dari udara yang sudah tercemar oleh polusi.

Setelah mengetahui sejumlah tips di atas, tentu saja Anda tidak akan kebingungan dalam memilih pelembap untuk kulit sensitif. Jangan pernah malas untuk membaca mengenai deskripsi dan komposisi formula yang digunakan pada pelembap yang akan dibeli. Selain itu, agar kulit terlindungi secara optimal, tidak ada salahnya untuk mengaplikasikan pelembap setiap kali akan beraktivitas.