Tips Memilih Pelembab untuk Kulit Acne-Prone

DokterSehat.Com– Pelembab merupakan salah satu produk yang wajib digunakan untuk menjaga kelembapan kulit. Penggunaan pelembab rupanya juga sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki jenis kulit acne-prone atau rentan berjerawat. Namun, tentu saja hindari pemakaian pelembab yang mengandung minyak di dalamnya karena dapat memicu munculnya komedo mau pun jerawat. Agar tidak salah pilih, perhatikan sejumlah tips berikut ini:

Photo Credit: Flickr.com/ Karolina Mis

1. Pilihlah yang Mengandung Salicylic Acid

Salicylic acid merupakan salah satu bahan anti jerawat yang sangat ampuh dan sangat direkomendasikan untuk kulit acne-prone. Tidak heran jika Cheryl Karcher, MD, salah seorang dermatologist di kota New York sangat menganjurkan penggunaan pelembab yang mengandung bahan tersebut. dilansir dari laman How Stuff Works, salicylic acid dapat meluruhkan sel kulit mati yang mampu menyumbat pori-pori.

2. Gunakan Produk Oil-Free

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah memilih pelembab dengan label oil-free atau bebas minyak. Pelembab bebas menyak tentu saja tidak menggunakan minyak dalam formula bahannya sehingga menjadikan kulit bebas dari minyak berlebih. Produk dengan label oil-free juga menjadikan kulit lebih kesat dan tidak berat saat diaplikasikan.

3. Hindari Produk yang Mengandung Parfum

Parfum yang ditambahkan dalam skincare ternyata dapat menyebabkan iritasi kulit. Hal tersebut rupanya memberikan efek yang lebih parah pada kulit yang rentan berjerawat dan sensitif. Bahkan, penggunaan pelembab yang mengandung parfum pada saat kulit sedang berjerawat dapat menimbulkan sensasi terbakar pada kulit.

4. Perhatikan Kandungan SPF-nya

Poin penting lainnya sebelum membeli pelembab untuk kulit acne-prone adalah dengan memperhatikan kandungan SPF. SPF merupakan salah satu bahan aktif yang akan melindungi kulit, terutama dari sinar radiasi UVA dan UVB. Sebagai tambahan informasi, radiasi dari sinar UV dapat memperparah kondisi kulit berjerawat.

Nah, siapa yang akan menyangka ternyata pemilihan pelembab untuk kulit acne-prone tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kandungan bahan yang tidak tepat di dalamnya dapat memperparah kondisi kulit bahkan dapat memicu terjadinya breakout.