Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minuman apa yang menjadi favorit Anda? Kopi, teh atau air putih? Ada bermacam-macam jenis minuman yang menjadi favorit banyak orang. Kira-kira, sudahkah Anda memilih minuman favorit dengan cara yang sehat?

Tips Memilih Minuman Sehat

Pola makan yang sehat tentu tidak hanya berfokus pada makanan yang sehat saja ya. Minuman juga menjadi salah satu asupan tubuh yang penting untuk diperhatikan. Sama dengan makanan, minuman juga memiliki kandungan kalori. Untuk itu penting bagi kita memilih minuman yang sehat agar asupan kalori tubuh dari minuman tidak berlebihan.

Menurut Dietary Gudielines for Americans, tips memilih minuman yang sehat adalah:

1. Perhatikan kalori pada minuman

Pilihan minuman yang tidak tepat dapat menyebabkan asupan kalori hingga 400 kalori. Angka tersebut setara dengan satu kali makan utama. Untuk itu selalu pilih minuman rendah kalori misalnya air putih atau infuse water. Hindari minum minuman bersoda atau minuman yang sangat manis berlebihan.

2. Perbanyak minum air putih

Air putih adalah minuman tanpa kalori, selain itu kebutuhan air minum tubuh kita yang paling banyak adalah air putih. Untuk itu usahakan memilih air putih sebagai pilihan minuman utama. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan air putih minimal 2 liter dalam sehari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Perhatikan label minuman kemasan

Perhatikan berapa kandungan energi, gula, sodium atau lemak yang ada pada minuman kemasan berkalori. Hal ini penting untuk mengetahui seberapa besar asupan zat gizi tersebut akan masuk dalam tubuh kita.

4. Pilih produk minuman yang rendah gula, sodium atau lemak

Kini semakin banyak produk minuman yang menyediakan produknya dalam varian yang lebih rendah lemak, misalnya susu, rendah gula, misalnya jus buah atau rendah sodium. Untuk itu selalu utamakan memilih produk yang kandungan gula, lemak atau sodiumnya lebih rendah agar asupan dalam tubuh tidak berlebihan ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi