Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar ya bahwa stres dapat memengaruhi pola makan kita. Pola makan bisa jadi berkurang atau malah meningkat drastis saat kita sedang merasa tertekan, bad mood atau stres. Untuk itu ketahui bagaimana cara agar kita bisa tetap memilih makanan yang sehat saat sedang stres.

doktersehat-stres-lelah

Stres tentu erat kaitannya dengan cara dan pola pikir kita pada suatu keadaan. Hal ini yang kemudian harus kita atur agar tidak memengaruhi pemilihan makanan, beberapa cara mengatasinya adalah:

1. Melakukan aktivitas fisik dan meditasi

Hal pertama yang harus dilakukan agar pemilihan makanan tidak keliru adalah dengan merilekskan tubuh. Lakukan aktivitas ringan seperti naik turun tangga atau melakukan meditasi ringan. Hal ini akan mengurangi perasaan stres sehingga kita bisa lebih tenang dan pemilihan bahan makanan bisa lebih kita atur.

2. Jangan makan terburu-buru

Makan terburu-buru saat stres akan membuat tubuh berisiko mengalami obesitas. Usahakan untuk tetap makan dengan tenang agar tubuh bisa memberikan sinyal kenyang pada otak dengan tepat karena makanan telah dicerna sepenuhnya.

3. Tidak menuruti keinginan pilihan makanan yang tiba-tiba muncul

Saat stres, risiko craving makanan yang tinggi lemak dan kalori akan semakin besar. Untuk itu selalu kontrol keinginan makan saat stres sedang melanda. Usahakan untuk tidak menuruti keinginan makan keripik kentang dengan tambahan bumbu buatan. Gantilah pilihan camilan dengan yang lebih sehat misalnya camilan dari whole grain atau kacang-kacangan rendah lemak.

Nah, itu dia tips mengatur pilihan makanan saat stres. Selain melakukan pemilihan makanan dengan tepat, penting pula bagi kita mengonsumsi bahan makanan yang terbukti ampuh mengatasi stres, misalnya dark chocolate, kacang-kacangan, daging merah dan ikan serta minuman rempah beraroma.

Jadi, dengan pemilihan bahan makanan di atas, stres tidak akan lagi memengaruhi pemilihan makanan kita, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi