Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Makanan cepat saji memang cenderung dinilai bisa merugikan kesehatan. Akan tetapi rasa gurih yang ada pada makanan cepat saji begitu menggoda untuk kita nikmati. Lalu bisakah kita mengonsumsinya namun dengan cara yang sehat?

4 Tips Memilih Makanan Cepat Saji Yang Sehat

Menurut Mayo Clinic makanan yang dijual di resotoran cepat saji umumnya disajikan dalam porsi yang besar, cenderung menggunakan metode memasak tinggi lemak dan tambahan bahan makanan yang semakin meningkatkan kalori saat kita konsumsi.

Untuk itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara agar konsumsi makanan saji namun tetap sehat. Beberapa tips yang bisa kita lakukan agar makanan cepat saji yang kita pilih sehat adalah:

1. Pilih makanan saji sesuai dengan porsi

Jika dikonsumsi sebagai camilan, misalnya burger ukuran sedang dengan isi daging, maka kebutuhan tubuh rata-rata orang dewasa Indonesia sudah terpenuhi sebanyak 20%. Maka  jika mengonusumsi burger bukan untuk mengganti makan besar, maka konsumsi ½ atau ¾ porsi saja. Agar pemenuhan kebutuhan dari camilan tidak berlebihan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

2. Utamakan menggunakan metode masak yang rendah lemak

 

Pilih metode masak panggang atau bakar, misalnya daging panggang untuk ditambahkan pada kebab, agar asupan lemak dari makanan cepat saji tidak berlebihan.

3. Pilih makanan dan minuman pendamping yang rendah lemak dan gula

 

Sudah menjadi kebiasaan, kentang goreng dan minuman bersoda menjadi teman saat menyantap burger. Hal ini yang menyebabkan peningkatan asupan kalori yang berlebihan karena adanya asupan gula dan lemak. Untuk itu, ganti kentang goreng dengan kentang tumbuk yang rendah lemak dan pilih minuman yang rendah gula, misalnya air putih.

4. Buat sendiri makanan cepat saji

 

Dengan membuat makanan cepat saji sendiri, maka kita bisa menentukan porsi, metode masak, makanan dan minuman pendamping hingga penggunaan saus yang tepat. Sehingga asupan makanan cepat saji sesuai dengan kebutuhan gizi tubuh namun tetap terasa enak.

Nah, dengan empat tips tersebut, kita tetap bisa mengonsumsi makanan cepat saji namun tetap sehat, kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi