Tips Memilih Lipstik yang Baik untuk Kesehatan Kulit Bibir

lipstik-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Maria Morri

DokterSehat.Com– Salah satu jenis kosmetik ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Apalagi saat ini sudah banyak beredar beragam shades lipstik dengan formula yang unik. Meski pun penggunaan lipstik dapat menyempurnakan penampilan Anda, jangan sampai salah memilih lipstik. Pasalnya, tidak semua lipstik menggunakan formula bahan yang aman dan baik untuk kesehatan bibir. Agar kulit bibir tetap sehat dan cantik, berikut tips memilih lipstik yang aman.

Photo Credit: Flickr.com/Maria Morri

Jangan Gunakan Lipstik yang Mengandung Paraben

Salah satu tips yang harus Anda lakukan dalam memilih lipstik adalah mengetahui kandungan bahan di dalamnya. Dilansir dari laman Good Housekeeping, lipstik yang mengandung paraben sangat tidak dianjurkan. Pasalnya, paraben merupakan bahan kimia yang dapat mengganggu kestabilan hormon pada tubuh.

Pilih Lipstik dengan Kandungan Pelembap Alami

Agar kulit bibir tetap lembap, sebaiknya gunakan lipstik yang mengandung bahan pelembab alami di dalamnya. Pelembab yang berasal dari bahan alami lebih aman bagi kesehatan kulit bibir dibandingkan dengan pelembab berbahan dasar kimia. Bahan-bahan pelembap alami yang biasa dicampurkan pada lipstik antara lain minyak zaitun, minyak biji anggur, minyak mawar hingga butter oil.

Hindari Lipstik yang Beraroma

Sejumlah brand ternama kerap mengeluarkan lipstik dengan aroma tertentu. Namun, siapa yang menyangka jika penggunaan parfum pada lipstik justru memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit bibir. Dilansir dari laman Gimme The Good Stuff, parfum yang dicampurkan pada kosmetik mengandung bahan kimia yang tergolong ke dalam zat karsinogen atau beracun.

Memilih lipstik yang aman untuk kulit bibir merupakan hal penting. Pasalnya, kulit bibir memiliki lapisan yang lebih tipis dibanding kulit lainnya. Kondisi yang demikian membuat kulit bibir dengan mudah menyerap beragam bahan yang diaplikasikan di atasnya. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menjaga kulit bibir tetap sehat, tidak ada salahnya untuk mulai memilih lipstik yang sehat dan aman.