10 Tips Memilih Kereta Bayi demi Keamanan dan Kenyamanan Bayi

beberapa-tips-memilih-kereta-bayi-yang-aman-dan-nyaman-doktersehat

DokterSehat.Com – Kabar gembira akan kelahiran bayi yang dinanti sering kali diikuti oleh pembelian kereta bayi. Hampir setiap orang tua membutuhkan kereta bayi untuk membantu mereka membawa bayi saat di perjalanan. Stroller bayi pun menjadi sebuah perlengkapan yang wajib ada untuk bayi.

Sering kali orang tua mengalami kesulitan untuk memilih kereta bayi terutama bagi orang tua yang belum memiliki pengalaman membeli kereta bayi sebelumnya. Ketika membeli kereta dorong bayi, tentunya keamanan dan kenyamanan bayi adalah syarat utama yang harus ada pada stroller bayi yang baik.

Tips memilih kereta bayi yang aman dan nyaman

Pilihan stroller bayi yang sangat beraneka ragam tersedia di mall, toko bayi, dan pusat grosir. Tentunya kondisi ini akan membuat Anda dan pasangan bingung memilih secara tepat dorongan bayi yang aman dan nyaman.

Tenang bunda, ikuti beberapa tips memilih kereta bayi yang aman dan nyaman di bawah ini:

1. Teliti fitur keamanan

Keamanan adalah hal utama yang menjadi prioritas dalam memilih kereta bayi. Pastikanlah kereta bayi tersebut memiliki harness dengan sistem lima titik. Dorongan bayi yang memiliki harness lima titik lebih aman daripada yang hanya tiga titik.

Fitur harness ini bertujuan untuk menjaga bayi Anda diikat dengan baik. Fitur keamanan lain yang harus diperhatikan pada kereta dorong bayi adalah rem atau sistem penguncian roda. Telitilah dengan baik sistem rem pada kereta bayi tersebut.

Baca juga: Pakar Kesehatan: Jumlah Anak yang Cedera Akibat Memakai Stroller Meningkat

2. Sesuaikan dengan rutinitas di luar ruangan

Dalam memilih kereta bayi, pertimbangkanlah rutinitas Anda di luar. Apakah Anda lebih banyak menghabiskan waktu di mall atau berjalan di jalanan. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan stroller bayi yang ingin beli dengan rutinitas di luar ruangan yang menjadi kebiasaan Anda.

Apabila Anda lebih banyak beraktivitas di jalan, carilah dorongan bayi dengan roda yang diisi udara yang kokoh dan kursi yang empuk. Namun jika Anda lebih sering berada di mall, sebaiknya memilih kereta dorong bayi yang kompak dengan lipatan yang mudah serta cocok disimpan di dalam mobil Anda.

3. Perhatikan tipe roda, rem dan suspensi

Pertimbangkan untuk memilih kereta bayi dengan roda depan yang dapat berputar untuk diarahkan dengan mudah sambil berjalan. Selain itu, pastikan semua roda terisi udara, besar, dan kokoh. Pastikan pula roda stroller bayi memiliki sistem suspensi yang baik untuk meminimalkan guncangan dan rintangan untuk pengendaraan yang lebih mulus di semua medan.

4. Tempat duduk yang nyaman

Pilihlah dorongan bayi yang memiliki kursi yang empuk. Pastikan sabuk pengaman memiliki bantalan. Hal ini sangat penting demi kenyamanan bayi selama berada di stroller bayi.

5. Pegangan dan tinggi stroller bayi yang sesuai

Pilihlah kereta dorong bayi dengan pegangan sesuai dengan Anda dan pasangan. Selain itu perhatikan pula tinggi kereta bayi tersebut. Sesuaikan dengan tinggi Anda dan pasangan. Lalu putuskan apakah tinggi kereta bayi tersebut sudah nyaman saat Anda mendorongnya.

6. Ruang penyimpanan yang cukup

Carilah kereta dorong bayi yang sesuai dengan gaya hidup Anda dan kebutuhan bayi Anda. Idealnya, carilah dorongan yang memiliki cukup ruang untuk popok, selimut, bantal, dan kebutuhan penting bayi lainnya.

7. Ada sun protection

Pastikan bahwa kereta bayi memiliki kanopi atau penutup. Pelindung pada stroller bayi ini berfungsi untuk melindungi bayi dari cahaya matahari, angin, dan hujan.

Baca juga: 4 Aksesoris Menarik Untuk Stroller Bayi

8. Kursi yang fleksibel

Stroller bayi memiliki dua tipe terkait posisi kursi, yakni ada kursi kereta bayi yang hanya menghadap orang tuanya atau hanya melihat jalan di depan. Pilihlah yang memiliki fleksibelitas untuk bisa pada kedua posisi tersebut.

9. Snack Tray

Apabila Anda perlu memberi makan bayi sambil berjalan-jalan di luar maka pilihlah kereta bayi yang memiliki snack tray (baki cemilan). Snack tray ini berguna saat Anda ingin memberinya makan atau saat dia mau makan sendiri.

10. Cover yang dapat dilepas dan mudah dibersihkan

Pilihlah stroller bayi dengan cover yang dapat dilepas dengan cepat dan dibersihkan. Telitilah jenis kain pada kereta dorong bayi agar muddah dibersihkan, tanpa mengecil atau memudar. Hal ini penting karena kereta bayi cenderung akan sering dibersihkan secara berkala.