Terbit: 24 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu bahan makanan yang paling direkomendasikan oleh pakar kesehatan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti adalah daging ikan. Dalam realitanya, daging ikan memang kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Hanya saja, ada kekhawatiran bahwa daging ikan yang dijual di pasaran mengandung formalin agar tidak mudah membusuk.

Tips Memilih Ikan yang Tidak Mengandung Formalin

Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dr. Ir. Rina menyebutkan bahwa memilih daging ikan memang harus dilakukan dengan teliti. Tak hanya melihat kondisi matanya, kita sebaiknya menekan tubuh ikan dan mengecek apakah daging ikan dikerubungi lalat atau tidak.

Ikan yang terasa kenyal saat ditekan menandakan bahwa daging tersebut berkualitas. Sementara itu, jika daging ikan ini tidak dikerubungi lalat meskipun hewan kecil ada di sekitarnya, bisa dipastikan bahwa daging ikan ini mengandung formalin.

Meskipun kaya akan berbagai macam hasil laut, dalam realitanya kebanyakan orang cenderung mengonsumsi ikan yang itu-itu saja. Sebagai contoh, konsumsi lele dan tongkol memang cukup tinggi, namun jenis ikan lainnya konsumsinya masih rendah karena banyak orang yang tidak mengetahui kandungan nutrisinya.

Mengingat daging ikan memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan, ada baiknya kita tak ragu untuk bertanya pada penjual tentang jenis atau nama ikan yang tidak begitu kita kenal. Jika perlu, cobalah untuk mencari informasi tentang nutrisi daging ikan yang ingin kita beli melalui internet agar kita bisa mendapatkan daging ikan yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Kalau Sobat Sehat paling suka dengan daging ikan apa?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi