Tipe dan Tips Memilih Gendongan Bayi yang Tepat

cara-memilih-gendongan-bayi-doktersehat

DokterSehat.Com – Membawa bayi dengan stroller memang meringankan beban ibu daripada gendongan bayi. Akan tetapi, tidak setiap saat para ibu bisa menggunakan stroller di berbagai tempat. Malah sebagian besar ibu merasa lebih nyaman dan praktis menggunakan gendongan bayi daripada stroller.

Selain itu, penggunaan jenis perlengkapan bayi yang satu ini juga bermanfaat untuk meningkatkan ikatan antara ibu dan anak melalui dekapan hangat. Kontak fisik yang dihasilkan melalui penggunaan gendogan bayi inilah yang membuat ibu mengeluarkan hormon oksitosin. Oleh karena itu, banyak ibu yang semakin sadar dan memutuskan untuk memilih menggunakan gendongan bayi.

Berbagai pilihan gendongan bayi telah banyak tersedia. Para ibu pun memiliki banyak pilihan untuk menggunakan jenis gendongan bayi tertentu yang tepat. Namun, banyak diantaranya yang ternyata tidak memilih gendongan yang tepat sehingga membuat ibu-ibu tersebut mencoba berbagai tipe gendongan bayi.

Para ibu seharusnya mengetahui bagaimana cara memilih gendongan bayi yang tepat baginya dan bayinya. Hal ini bisa mencegah dari keborosan untuk membeli berbagai tipe gendongan bayi.

Selain itu, para ibu dan bayi mungilnya pun tidak perlu merasakan ketidaknyaman bila sebelumnya telah mengetahui berbagai tipe gendongan bayi dan memilih gendongan bayi mana yang tepat baginya dan bayinya.

Apa saja sih tipe gendongan bayi yang ada?

Perlengkapan bayi berupa gendongan bayi ini memiliki banyak tipe. Para ibu harus lebih dulu mengenal beberapa tipe gendongan bayi ini sehingga bisa memilih tipe gendongan bayi mana yang tepat untuknya dan bayinya.

1. Gendongan cukin jarik

Gendongan cukin jarik adalah gendongan tradisional yang banyak digunakan oleh para ibu paza masa lampau. Walaupun gendongan ini sudah jadul, tetapi masih ada ibu yang terlihat menggunakannya. Gendongan cukin jarik ini bisa digunakan untuk bayi baru lahir dengan posisi terlentang. Harga gendongan bayi tradisional ini cukup murah.

2. Gendongan sling dan ring sling

Gendongan sling atau ring sling merupakan wujud baru dari gendongan cukin jarik yang dikemas secara modern. Gendongan bayi ini asalnya selendang namun dibuat lebih praktis dan modern untuk digunakan. Jadi, para ibu tidak perlu melilit-lilit selendang lagi sebagaimana gendongan cukin jarik.

3. Wrap

Gendongan wrap belakangan ini banyak digunakan oleh para ibu. Pasalnya, gendongan bayi yang satu ini terlihat lebih nyaman dan stylish untuk ibu dan bayi. Gendongan tipe wrap ini membuat ibu bisa mendekap bayinya lebih erat. Selain itu, bahan dari gendongan wrap ini cukup elastis sehingga ibu tidak merasa terbebani dengan berat bayinya.

4. Gendongan bayi depan

Para ibu dari kalangan menengah ke atas kerap kali terlihat menggunakan gendongan bayi depan ini. Hal ini dikarenakan harga dari gendongan bayi depan ini cenderung lebih mahal dibanding tipe gendongan bayi lainnya. Wajar saja bila gendongan bayi ini lebih mahal karena memiliki desain dan bahan yang membuat para ibu dan bayi merasa nyaman.

Baca juga: Tips Mengatasi Kebiasaan Bayi Tidur di Gendongan

Tips memilih gendongan bayi yang tepat

1. Pilihlah tipe gendongan bayi yang aman dan nyaman

Setelah Anda mengetahui berbagai tipe gendongan bayi yang ada maka Anda bisa segera memilihnya. Pilihlah gendongan bayi dengan tipe yang membuat Anda dan bayi Anda merasa nyaman. Selain itu, perhatikan keamanan posisi bayi bila menggunakan tipe gendongan bayi tersebut.

2. Cari gendongan bayi dengan bahan yang lentur

Bila Anda sudah menentukan tipe gendongan bayi yang tepat maka hal berikutnya adalah perhatikan bahannya. Pilihlah gendongan bayi dengan bahan yang lentur karena bisa membuat ibu tidak terlalu merasakan berat bayi. Selain itu, gendongan dengan bahan yang lentur tidak membuat bayi merasa tertekan.

3. Pilihlah gendongan yang mudah digunakan

Para ibu sebaiknya menghindari menggunakan gendongan bayi yang memiliki kerumitan. Pilihlah gendongan bayi yang mudah digunakan sehingga terasa lebih praktis. Jadi, bayi Anda tidak menunggu terlalu lama saat ia perlu digendong. Anda pun juga tidak merasa kerepotan saat ingin menggendong bayi Anda.

4. Pilihlah gendongan yang mudah dicuci

Tips selanjutnya adalah pilihlah gendongan bayi dengan perawatan yang mudah. Gendongan bayi merupakan perlengkapan bayi yang cukup sering digunakan sehingga memerlukan perawatan yang sering juga. Pilihlah bahan gendongan bayi yang mudah dirawat mulai dari proses pencucian hingga proses penyimpanan.