4 Tips Memilih Es Krim yang Sehat

es-krim-cokelat-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak suka es krim? Rasanya yang manis dan berbagai jenis varian yang ditawarkan tentu membuat semakin banyak orang menggemari es krim.

Umumnya kita beranggapan bahwa es krim adalah olahan yang tidak menyehatkan karena kandungan gulanya yang tinggi. Namun kini ada cukup banyak jenis bahan baku es krim yang bisa dipilih agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

Suatu penelitian yang dipublikasikan oleh MOJ Food Processing and Technology menunjukkan perbandingan kandungan gizi dan manfaat dari konsumsi berbagai jenis es krim.

Sama dengan kebanyakan produk olahan lainnya, umumnya, es krim yang dianggap tidak sehat, adalah es krim yang menggunakan banyak bahan tambahan pangan, misalnya pewarna buatan pada produknya. Selain itu, penggunaan gula tambahan dan bahan baku yang tinggi lemak juga memengaruhi pemilihan es krim sehat.

Untuk itu, kita perlu mengetahui apa saja es krim sehat yang bisa kita pilih, yaitu:

1. Es krim dengan tambahan probiotik atau bakteri baik lainnya
Es krim yang terbuat dari susu tentu bisa difortifikasi dengan memberikan probiotik dalam produknya. Hal ini tentu sangat baik bagi tubuh karena probiotik mendukung fungsi pencernaan.

2. Es krim yang terbuat dari bahan dasar susu tanaman/ kacang-kacangan
Es krim dari susu almond atau susu kacang mete, lebih sehat karena lebih rendah lemak. Meskipun rendah lemak susu dari kacang-kacangan memiliki kandungan kalsium yang tidak kalah dengan susu biasa.

3. Pilih es krim yang rendah lemak, misalnya dari bahan baku susu rendah lemak

4. Hindari pemilihan es krim yang hanya menggunakan perasa susu
Nah, jenis es krim tersebut tentu bisa menjadi alternatif pilihan jika kita ingin mengonsumsi nikmatnya es krim, tanpa perlu khawatir dengan risikonya pada kesehatan, kan?