Tips Memerah ASI di Tempat Kerja

asi-perah-doktersehat
Photo Credit: thebump

DokterSehat.Com
Menjadi ibu bekerja merupakan salah satu tantangan bagi setiap wanita terutama terkait dengan pemberian ASI pada anak. Agar dapat memberikan ASI bagi anak, salah satu solusinya adalah dengan menyediakan ASI perah. Bagi Anda ibu bekerja, simak beberapa tips memerah ASI di tempat kerja berikut ini.

Photo Credit: thebump

Perlengkapan memerah ASI

Sebelum Anda memerah ASI di tempat kerja, Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan memerah ASI seperti:
1. Cooler bag
2. Botol/plastik penyimpanan ASI. Sebaiknya bawa beberapa botol/plastik lebih untuk mengantisipasi ASI yang berlebih.
3. Pompa ASI (manual atau elektrik)
4. Ice gel
5. Tisu kering dan tisu basah
6. Apron

Tips memerah ASI di tempat kerja

Untuk memulai memerah ASI di tempat kerja, pastikan Anda menemukan tempat yang nyaman untuk memerah ASI. Jika tidak ada ruangan khusus untuk memerah ASI, Anda bisa menggunakan apron untuk menjaga privasi Anda. Selain itu, beberapa tips agar memerah ASI di tempat kerja menjadi lancar antara lain:

1. Disiplin memerah ASI
Lakukan memerah ASI secara rutin setiap 2-3 jam sekali. Hal ini baik untuk menjaga produksi ASI agar tetap stabil dan menghindari radang pada payudara atau mastitis. Beritahu rekan kerja atau atasan Anda mengenai hal ini agar Anda dapat memompa dengan nyaman dan pekerjaan tetap berjalan lancar.

2. Pandangi foto atau video si kecil

Memandangi foto atau menonton video si kecil dapat membantu let down reflex, atau refleks pengeluaran ASI yang dapat membantu pengeluaran ASI menjadi lebih lancar.


3. Buat diri Anda nyaman

Saat memerah, Anda perlu membuat diri Anda merasa nyaman dengan mendengarkan musik, menyantap camilan kesukaan Anda, atau membawa bantal yang membuat posisi memerah terasa nyaman.

Setelah memerah, jangan lupa untuk memberi label bertuliskan tanggal dan jam memerah pada kemasan plastik atau boto. Selamat memerah ASI, Bunda!