Tips Membuat Nasi Goreng Super Sehat

doktersehat-nasi-goreng-sehat
Photo Credit: Flickr.com/cipher

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar nasi goreng? Olahan nasi yang satu ini sangat mudah diperoleh. Banyak disajikan di pagi hari, namun tak sulit pula kita temui penjual nasi goreng di malam hari ya. Tentu tak jarang pula kita membuat nasi goreng sendiri. Kira-kira, bagaimana sih cara membuat nasi goreng yang sehat?

Kita tentu sering mendengar bahwa nasi goreng dianggap menjadi makanan yang tidak sehat. Padahal dengan melakukan sedikit perubahan, nasi goreng juga bisa menjadi menu makanan yang bergizi lengkap lho.

Inilah beberapa tips membuat nasi goreng lebih sehat:

1. Gunakan minyak nabati

Minyak zaitun atau minyak dari kacang-kacangan sangat cocok digunakan sebagai minyak untuk menumis nasi goreng. Pastikan Anda menggunakan minyak sesuai dengan porsi yang Anda buat. Porsi minyak yang sehat adalah satu sendok makan minyak untuk satu porsi makan orang dewasa.

2. Memakai bumbu alami

Ketimbang menggunakan bumbu buatan jadi, bumbu nasi goreng dari bawang segar, cabai dan tomat tentu akan lebih nikmat ya? Penggunaan bumbu alami akan memberikan asupan gizi dan juga mengurangi risiko peningkatan tekanan darah akibat adanya natrium dan sodium dari bumbu buatan.

3. Tambahkan sayur sebagai campuran nasi goreng dan garnish

Kacang polong, potongan wortel, buncis atau daun kubis dan tauge tentu sangat cocok ditambahkan dengan nasi goreng. Berikan dalam jumlah yang cukup banyak agar asupan serat dalam tubuh bisa tercukupi. Jangan lupa tambahkan garnish dari daun selada, ketimun dan tomat ya. Nasi goreng Anda tidak hanya nikmat namun juga kaya serat.

4. Pilih lauk yang tidak digoreng

Ada sangat banyak lauk yang cocok dengan nasi goreng. Agar pilihan Anda sehat, selalu utamakan memilih lauk yang tidak digoreng. Telur dadar atau rebus, ayam atau tempe kukus dengan bumbu atau ayam bakar tentu sangat cocok dengan sajian nasi goreng yang Anda buat, kan?