3 Kiat Khusus Membersihkan Vagina dengan Baik dan Benar

doktersehat bau vagina

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah tahu bahwa vagina merupakan salah satu organ vital wanita yang sangat rentan terhadap kuman dan bakteri penyebab penyakit. Oleh sebab itu, Anda harus senantiasa menjaganya agar tetap bersih dengan cara membersihkannya secara rutin. Jarang membersihkan vagina akan menjadi sarang bagi kuman dan bakteri yang bisa menyababkan infeksi, kanker serviks, dan penyakit menular lainnya.

Membersihkan vagina sebenarnya gampang-gampang susah, serta tidak boleh sembarangan. Pasalnya, jika Anda salah langkah, maka dapat berpengaruh pada kesehatan vagina Anda. Biasanya, kebanyakan wanita akan membersihkan vagina dengan cara menggunakan produk pembersih khusus area kewanitan yang dijual bebas di apotek, maupun toko obat lainnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa membersihkan vagina harus dengan cara yang benar. Jika sampai produk kebersihan tersebut tidak diterapkan dengan cara yang tepat, justru akan menyebabkan masalah baru yang tentunya cukup mengkhawatirkan. Lalu, bagaimana cara membersihkan vagina yang baik dan benar? Berikut diantaranya:

1. Fokus pada Area Vagina

Tidak sedikit wanita yang salah dalam membersihkan area vagina. Biasanya mereka akan membersihkannya hingga ke area dalam vagina. Padahal, Anda hanya perlu fokus membersihkan area luar vagina saja. Hal ini dikarenakan bagian dalam vagina bisa membersihkan dirinya sendiri. Jika Anda terlalu sering membersihkan bagian dalam vagina, maka kemungkinan besar akan merusak ekosistem dari bakteri baik yang ada di dalamnya.

2. Bersihkan Cukup Sekali Sehari

Meskipun vagina merupakan bagian organ vital yang rentan terhadap penyakit dan harus dibersihkan secara rutin, bukan berarti Anda bisa membersihkannya terlalu sering. Jika Anda berpikir membersihkan vagina setiap kali mandi atau selama 3 kali sehari, maka hal tersebut tidaklah benar. Vagina hanya cukup dibersihkan sekali dalam sehari, agar tidak mengganggu keseimbangan pH pada vagina. Cara memberrsihkan vagina cukup dengan menggunakan handuk basah yang halus atau juga bisa menggunakan tangan. Hindari pemakaian alat khusus untuk membersihkan vagina karena bisa menyebabkan infeksi dan meningkatkan risiko tertular penyakit menular seksual.

3. Menggunakan Sabun

Vagina memiliki kadar pH 3,5 hingga 4,5, sedangkan sabun mandi memiliki pH sekitar 8. Jika Anda membersihkan vagina dengan menggunakan produk sabun mandi tersebut, maka kemungkinan besar akan merusak keseimbangan vagina yang nantinya akan mengakibatkan gatal, iritasi, dan bau. Sebaiknya, pilih sabun yang tidak mengandung pewangi karena lebih aman untuk digunakan.