Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika anak memasuki usia 6 bulan, sudah saatnya si kecil belajar untuk mulai makan makanan padat. Ada beberapa pilihan untuk menyajikan MPASI pada anak, di antaranya MPASI homemade yang dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami, atau MPASI instan. MPASI instan dapat menjadi solusi ketika orang tua tidak sempat menyiapkan MPASI homemade. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menyajikan MPASI instan untuk si kecil.

Tips Memberikan MPASI Instan Sehat pada Anak

Tips Menyajikan MPASI Instan Sehat untuk Anak

Salah satu kelebihan MPASI homemade dibanding MPASI instan adalah umumnya MPASI homemade memiliki kandungan gizi lebih baik dari MPASI instan. MPASI instan umumnya diperkaya dengan berbagai zat tambahan seperti bahan pengawet dan perasa makanan. Untuk itu Anda perlu menyiasati MPASI instan agar dapat memberikan gizi yang baik bagi anak. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan antara lain:

1. Pilih MPASI instan yang diperkaya dengan kandungan zat besi

Salah satu komponen nutrisi penting yang perlu Anda perhatikan adalah adanya zat besi di dalam MPASI tersebut. Para ahli menyarankan untuk memilih MPASI instan yang mengandung zat besi tinggi untuk memenuhi 45% asupan harian zat besi si kecil. Larutkan MPASI instan menggunakan air putih dan bukan susu formula atau susu cair karena susu dapat menghambat penyerapan zat besi.

2. Tambahkan MPASI homemade ke dalam MPASI instan

Salah satu cara untuk memperkaya gizi pada MPASI instan antara lain dengan menambahkan MPASI homemade seperti kaldu, atau olahan sayur pada bubur MPASI instan. Dengan demikian si kecil akan mendapatkan manfaat kaldu dan serat dari MPASI sayur buatan sendiri.

3. Perkaya MPASI dengan buah dan makanan lain yang kaya nutrisi

Si kecil perlu mengonsumsi gizi seimbang sejak dini. Karena itu jangan lupa tambahkan buah pada menu MPASI si kecil, dan makanan lain yang memiliki variasi gizi untuk melengkapi gizi dari MPASI instan. Umumnya bahan makanan tambahan seperti telur, daging sapi, kacang-kacangan, dan hati ayam ini juga dapat menambah selera makan anak.

4. Perhatikan tanggal kadaluwarsa dan cara penyimpanan MPASI instan

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah cara penyimpanan MPASI instan yang baik. Simpan sesuai aturan penyimpanan agar kondisi bahan makanan tersebut tidak berkurang gizinya. Serta jangan lupa memerhatikan tanggal kadaluwarsa MPASI instan sebelum diberikan pada anak.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi