Tips agar Ibu Bisa Melahirkan Secara Alami

melahirkan-secara-alami-doktersehat

DokterSehat.Com – Melahirkan dengan cara apa pun entah itu secara alami atau menggunakan pembedahan Caesar tetap berisiko sebabkan masalah pada wanita. Meski demikian, banyak sekali wanita yang menginginkan persalinan dilakukan dengan cara alami seperti halnya orang lain atau mungkin orang tuanya di masa lalu.

Persalinan alami biasanya terjadi begitu saja. Namun, pada kondisi tertentu seperti wanita kehilangan tenaga atau ada masalah pada janin, persalinan Caesar harus dilakukan. Kalau Anda menginginkan persalinan berjalan secara alami, ada baiknya untuk mencoba melakukan beberapa tips di bawah ini.

  1. Mengetahui kondisi fisik

Sebelum memutuskan untuk melakukan persalinan normal atau persalinan Caesar ada baiknya mengetahui kondisi fisik terlebih dahulu. Dengan mengetahui kondisi fisik dari diri sendiri, Anda bisa menentukan sendiri mana kira-kira persalinan yang tepat. Selama kondisi fisik tidak ada gangguan, persalinan normal bisa dilakukan.

Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan yang dimiliki. Tanyakan peluang persalinan yang akan terjadi. Kalau dokter mengatakan persalinan normal bisa dilakukan, ada baiknya untuk  mempersiapkan semuanya dengan baik termasuk melakukan olahraga.

  1. Tetap melakukan olahraga yang sesuai

Meski sedang hamil, Anda tetap dianjurkan untuk melakukan olahraga meski hanya beberapa jenis saja. Jenis olahraga yang paling mudah dilakukan saat hamil adalah jalan sehat selama beberapa menit setiap harinya. Selanjutnya Anda juga bisa melakukan olahraga dengan sepeda statis selama 15-30 menit.

Kalau ingin menguatkan otot di panggul ada baiknya untuk melakukan senam kegel. Terakhir untuk menghindari kegemukan dan juga menguatkan otot di kaki, renang dan yoga sangat dianjurkan untuk dilakukan secara berkala khususnya memasuki trimester kedua.

  1. Melatih pernapasan dan manajemen sakit

Dalam persalinan, memiliki pernapasan yang baik sangat penting. Pernapasan ini bisa membantu wanita untuk mengejan. Tanpa pernapasan yang baik, persalinan akan berjalan lama dan kemungkinan terjadi kerusakan pada vulva akan besar. Oleh karena itu selama kehamilan wanita disarankan untuk melakukan latihan pernapasan dengan baik.

Selain pernapasan, latihan yang harus dilakukan adalah manajemen sakit atau pain management. Saat persalinan, wanita akan merasa sakit yang sangat besar. Kalau wanita tidak melatih menerima rasa sakit itu, kemungkinan persalinan normal berjalan lancar akan rendah. Oleh karena itu lakukan latihan ini dan minta saran dari dokter kandungan.

  1. Makan sehat dan beristirahat

Hal terakhir yang bisa dilakukan agar persalinan berjalan normal adalah beristirahat dengan cukup dan makan dengan sehat. Lakukan istirahat harian sebanyak 6-8 jam. Selanjutnya makanan yang masuk juga harus sesuai nutrisinya agar tidak terjadi masalah kalau mengalami obesitas yang berlebihan. Mintalah petunjuk dokter atau ahli gizi tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh disantap.

  1. Mempersiapkan psikologi

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau kesiapan psikologi dari seseorang sangat berpengaruh dengan jenis persalinan yang akan terjadi. Meski secara fisik persalinan normal bisa dilakukan, kalau wanita terlalu cemas dan takut, persalinan ini tidak akan bisa dilakukan karena wanita akan susah mengejan dan bayi tidak mau keluar.

Lakukan komunikasi dengan pasangan terkait dengan kekhawatiran yang muncul. Dengan komunikasi yang intens ini, pasangan akan meyakinkan Anda untuk melakukan sesuai dengan keinginan dan harapan. Rasa takut akan dihilangkan karena pasangan akan meyakinkan dan menemani selama proses persalinan berjalan.

Inilah beberapa cara untuk meningkatkan persalinan secara alami. Apa pun cara yang Anda lakukan untuk persalinan yang paling penting ibu dan bayi sehat. Jangan memaksakan diri dan ikut perkataan dokter kandungan yang Anda miliki agar semuanya berjalan dengan lancar.